Selasa, 20 Agustus 2019
Yenny Wahid usai melakukan pertemuan dengan Ma'ruf Amin (Foto: Wardhani/era.id)
12 Februari 2019 21:07 WIB

Dukungan Muchdi Tak Ganggu Komitmen Jokowi Soal HAM

Muchdi disebut-sebut terlibat dalam kasus pembunuhan aktivis Munir
Bagikan :


Jakarta, era.id - Anak kedua Presiden RI ke-4 Abdurahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid bilang, dukungan yang Wakil Ketua Partai Berkarya Muchdi Purwoprandjono (PR) kepada paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin merupakan bentuk kebebasan. Yang paling penting, dukungan itu tidak membelenggu kebijakan pemerintah ke depan. Apalagi, tak ada halangan bagi siapapun untuk memberikan dukungan kepada calon petahana.

"Yang paling penting dukungan tersebut tidak mendikte atau membelenggu kebijakan pemerintahan ke depan. Siapapun boleh mendukung," kata Yenny kepada wartawan di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Dia bilang, paslon juga berhak menerima dukungan dari siapapun. Namun, Yenny memastikan, dukungan mantan deputi V Badan Intelijen Negara (BIN) Muchdi PR tidak akan memengaruhi komitmen Jokowi dalam penegakan kasus HAM. 

"Hal yang menarik dari Jokowi-Ma'ruf adalah beliau berdua bukan orang yang bisa didikte. Jadi, menurut saya orang bebas mengekspresikan dukungan kepada paslon 01," jelas dia. 


Baca Juga : Politik di Antara Gerindra dan PPP

Buat kalian yang belum tahu, nama Muchdi kerap dikaitkan dengan pembunuhan aktivis Munir Said Thalib. Saat ini, dia tercatat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Berkarya. Sebelum bergabung dengan Berkarya, Muchdi diketahui merupakan salah satu pendiri Gerindra. Bahkan, Muchdi sempat menjabat sebagai Waketum Gerindra sebelum hengkang ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 2011 dan berlabuh di Berkarya pada 2018.  

Ma'ruf Amin juga telah mengapresiasi dukungan dari Muchdi PR. Kata Mustasyar PBNU ini, meski Partai Berkarya telah mendukung paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, tapi dukungan ini patut diapresiasi karena bentuk aspirasi dari hati nurani.

"Apresiatif, sangat apresiatif, artinya mereka tidak hanya tergantung pada partainya tapi pada aspirasi hati nuraninya," kata Ma'ruf beberapa waktu lalu.

Dengan adanya dukungan dari waketum Partai Berkarya ini, Ma'ruf semakin yakin potensi kemenangan petahana di Pilpres 2019 makin besar. 
 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Wardhany Tsa Tsia
Editor : Riki Noviana
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
20 Agustus 2019 21:03 WIB

PDIP Sebut Risma Cocok Maju di Pilgub DKI Jakarta

"Kalau memang rakyat DKI menghendaki kenapa tidak?"
megapolitan
20 Agustus 2019 20:03 WIB

Enam Hari Uji Coba Ganjil-Genap, Kualitas Udara Jakarta Membaik

Kalau begitu lanjutkeun~
Nusantara
20 Agustus 2019 19:15 WIB

VIDEO: Wali Kota Sorong Dilempari Batu

Semoga semua bisa selesai dengan baik
Olahraga
20 Agustus 2019 19:01 WIB

Memprediksi Akhir Liga Inggris dari Kacamata Neville dan Carragher

Terlalu dini? Jelas! Tapi, prediksi ini jelas menarik.
Lifestyle
20 Agustus 2019 18:35 WIB

VIDEO: Menikmati Keindahan Bromo dari Balon Udara

Yuk, cobain naik balon udara di Bromo