Kamis, 28 Mei 2020
Presiden Jokowi di Gerbang Tol Natar, Lampung (Foto via Setkab/Deny S)
08 Maret 2019 12:34 WIB

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Terpanjang di Indonesia, 143 Km

Maaf Tol Cipali, kamu bukan lagi yang terpanjang di negeri ini
Bagikan :


Lampung, era.id - Hingga pagi tadi, predikat tol terpanjang di Indonesia masih dipegang oleh tol Cipali sepanjang 116,75 km. Namun rekor itu terpantahkan oleh Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi.

Panjang tol ini adalah 143 km. Membentang mulai dari Bakauheni-Sidomulyo-Kotabaru-Metro-Terbanggi Besar. Pembangunannya memakan biaya hingga Rp16,8 triliun.

"Ini adalah babak pertama yang kita resmikan, dan kita harapkan nantinya di bulan Juni, Bakauheni sampai di Palembang juga akan segera tersambungkan dengan jalan tol ini," kata Presiden Jokowi di  di Gerbang Tol Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Jumat (8/3/2019).

Pembangunan tol ini yang tergolong cepat, mendapat pujian dari Jokowi. Secara khusus Jokowi berterima kasih kepada seluruh ASN yang sudah bekerja sehingga pembebasan lahan --biasanya jadi masalah klise-- dengan cepat bisa teratasi.


Baca Juga : Tak Ada Tebang Pohon dalam Desain Revitalisasi Monas

"Kenapa pembangunan ruas jalan ini begitu cepat? pertama kuncinya di lapangan, Lampung bisa jadi contoh, pembebasan lahan begitu sangat cepat," jelasnya.

Pemerintah belum berhenti menyambungkan seluruh provinsi di Sumatera dengan jalan tol. Ke depannya, Jokowi ingin supaya Lampung sampai ke Aceh bisa tersambung pada 2024.

Sepanjang perjalanan itu juga nanti akan disiapkan rest area atau tempat peristirahatan yang layak. Jadi bukan sekadar tempat singgah saja. Malah harus jadi pusat bisnis bagi usaha kecil dan mikro. Jokowi meminta supaya setiap rest area diberikan porsi 70 persen kepada UMKM.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Diah Ayu Wardani
Editor : Moksa Hutasoit
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
megapolitan
28 Mei 2020 11:19 WIB

New Normal, Naik Ojol Harus Bawa Helm Sendiri

Pengemudi ojol siapkan protokol kesehatan
Lifestyle
28 Mei 2020 11:12 WIB

Suga BTS Bocorkan Rahasia di Mixtape D-2

Ada kejutan apa ya?