Kamis, 18 Juli 2019
Ilustrasi (Pixabay)
15 Desember 2018 08:44 WIB

7 Fitur Kekinian Android 9.0 Pie

Bikin hape kamu makin ciamik deh~~
Bagikan :


Jakarta, era.id - Android 9.0 Pie (P) telah keluar beberapa bulan lalu di ponsel Google Pixel. Tidak aneh. Sebab, Pixel memang 'saudara kandung' dari Android yang notabene sama-sama berada di bawah naungan Google. 

Tapi tenang. Meski kamu bukan pengguna ponsel Pixel, kamu mendapatkan OS terbaru itu.

Untuk yang belum tahu kecanggihan dari OS terbaru ini, kami rangkumkan 10 fitur terbaik Android Pie menurut cnet.com.

1. Baterai Adaptif


Baca Juga : Huawei yang Kehilangan Aksesnya di Amerika

Baterai merupakan jantung dari sebuah ponsel. Apalagi saat ini hampir semua ponsel diisi dengan fitur seabrek. Fitur baterai adaptif Android Pie akan mempelajari aplikasi yang digunakan dari waktu ke waktu dan dapat memprioritaskan sumber daya sistem untuk aplikasi yang paling sering digunakan.

Pada akhirnya, teknologi ini akan menghemat baterai pengguna OS terbaru ini. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini caranya: buka Pengaturan>Baterai>Beterai Adaptif.

2. Tampilan pengaturan baru

Dalam upayanya untuk mendapatkan menu pengaturan Android yang semakin baik, mudah digunakan, dan enak dilihat, Google telah membuat tampilan menu pengaturan di Android Pie lebih asyik. Tampilan tersebut dibuat lebih berwarna.

3. Alat Screenshot baru

Alat screenshot baru yang terlihat lebih fancy memberikan opsi untuk mengedit atau menghapus hasil screenshot setelah mengambilnya. Dengan mengetuk salah satu opsi pada pop up pemberitahuan yang ditampilkan, maka perintah akan segera dijalankan.

4. Gambar pada notifikasi pesan

Jika sebelumnya notifikasi anda hanya berisi teks, maka dengan Google Pie, anda bisa mendapat bocoran gambar pada notifikasi pesan di ponsel.

5. Navigasi Gestur

Saat ini hampir semua ponsel pintar sudah tidak memiliki tombol di bawah layar ponsel. Oleh karena itu pada OS terbaru ini, Navigasi Gestur menjadi sesuatu yang segar di Android Pie. 

Pada tombol navigasi umumnya ada 3 tombol, pertama tombol home, tombol back, dan tombol multi menu. Lewat navigasi gestur ini pengguna tinggal menggesernya ke kanan dan ke kiri dari tombol tersebut.

6. Kontrol Rotasi Layar Cepat

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada saat layar ponsel Anda berputar ketika kita tidak menginginkannya. Namun dengan pengembangan OS terbaru ini, dibuatlah fitur putaran cepat yang muncul di pojok kanan atas layar ketika posisi ponsel dipindahkan ke posisi lanskap. Untuk memutar layarnya, tinggal diketuk saja tombol tersebut, seketika layar akan berotasi menjadi lanskap.

7. App actions

App actions ini adalah fitur untuk menyarankan tugas yang biasanya Anda lakukan dalam sebuah aplikasi, atau saat diperlukan. Jadi secara singkatnya, fitur ini seperti jalan pintas dalam membuka sebuah aplikasi. Namun bedanya, anda akan disarankan untuk membuat sebuah aktivitas dari aplikasi yang sering digunakan. 
Bagikan :

Reporter : Ramdan Febrian Arifin
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
megapolitan
17 Juli 2019 21:11 WIB

Mencari Tahu Efek Psikologis dari Lagu di Lampu Merah Depok

Kata Wali Kota Depok, lagu ini bisa mengatasi stres ketika macet, benar gak ya?
Nasional
17 Juli 2019 20:37 WIB

Alasan Tim Teknis Pengusutan Kasus Novel Baswedan Dibentuk

Apa bedanya sama tim pencari fakta yang sudah dibentuk? Simak penjelasannya
Nasional
17 Juli 2019 20:15 WIB

Buntut Panjang Unggahan YouTuber Jadi Persoalan Serius

Mungkin kritik dan saran bisa lebih diterima dengan terbuka~
Lifestyle
17 Juli 2019 20:11 WIB

Ulasan Stuber-Evolusi Film Bergaya Buddy Cop

Film buddy cop selalu punya penggemar. Bagaimana dengan Stuber?
Nasional
17 Juli 2019 19:35 WIB

Garuda Indonesia Harus Tahan Kritik

Kritik dan masukan harusnya jadi perbaikan, bukannya malah melaporkan konsumen~