Kamis, 23 Januari 2020
Kendaraan yang digunakan anggota KKB Papua (dok Istimewa)
23 Agustus 2019 20:17 WIB

Satu Anggota KKB Tewas dalam Kontak Senjata di Pasar Wamena

Polisi dan masyarakat juga ikut terluka~
Bagikan :


Jayapura, era.id - Kontak senjata antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan aparat TNI-Polri terjadi di Pasar Jibama Kota Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Papua, Jumat (23/8/2019) sekitar pukul 11.15 WIT. Satu orang anggota KKB dinyatakan tewas di tempat.

Kapolres Jayawijaya, Ajun Komisaris Besar Pol Tonny Ananda mengatakan kejadian itu berlangsung saat ia bersama Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Candra Diyanto tengah memimpin rombongan patroli di seputaran Kota Wamena. Mereka mendapat informasi radio terkait adanya sekelompok orang tak dikenal mengeluarkan tembakan di Pasar Jibama.

“Kelompok itu berjumlah lima orang dengan bersenjata jenis laras panjang. Kami sempat menghimbau mereka untuk meletakkan senjata dan menyerahkan diri, namun malah mengeluarkan tembakan dan nyaris mengenai saya, sehingga diambil tindakan tegas,” kata Ananda lewat gawainya kepada era.id.

Dalam peristiwa tersebut seorang perwira polisi yakni Ipda Iwan juga mendapat luka tembak pada paha bagian kanan. Selain itu, seorang petugas keamanan masyarakat juga terkena tembakan pada bagian pinggang. Kini, keduanya telah mendapatkan pertolongan medis di RSUD Jayawijaya.


Baca Juga : Gara-Gara Penembakan, PT Freeport Tutup Jalan dari Mile 40-Mile 66

Juru Bicara Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan satu anggota KKB yang tewas diidentifikasi bernama Yusia Wandik (27) warga Distrik Mulia, Kabupaten Jayawijaya. Wandik tewas saat melakukan perlawanan dengan mengeluarkan tembakan ke arah polisi dari dalam mobil hijau yang ditumpanginya.

“Korban dari kelompok bersenjata ditemukan dalam mobil dengan luka tembak pada perut dan tangan. Saat ini jenazah sudah dievakuasi,” kata Kamal kepada awak media di Markas Polda Papua, Kota Jayapura, Jumat sore.

Pasca kontak tembak, anggota Polres Jayawijaya berhasil mengamankan satu pucuk senjata api jenis revolver berserta lima butir peluru. Sebuah laptop turut diamankan dari lokasi kejadian. “Barang bukti sudah dibawa ke Polres Jayawijaya untuk penyelidikan lanjutan,” katanya.



Kendaraan yang digunakan anggota KKB (dok. Istimewa)

Berdasarkan analisa kepolisian, kelompok yang menyerang di Pasar Jibama Kota Wamena merupakan anggota KKB pimpinan Egianus Kogoya yang selama ini terus berulah di wilayah Kabupaten Nduga. Mengingat sebelumnya, kepolisian mendapatkan informasi jika Egianus Cs berencana akan melakukan teror di wilayah kota. 

Terkait peristiwa tersebut, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua meminta warga untuk tenang dan tidak terpancing isu provokatif. Jhon Richard mengatakan jika pelaku tidak dilumpuhkan maka kemungkinan ada warga lain yang terkena tembakan dari anggota KKB itu. "Sudah pasti pelaku dari pihak KKB karena mereka tidak dikenali orang sekitar lokasi kejadian," katanya. (Paul Tambunan)
Bagikan :
Topik :

Reporter : ERA.ID
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
22 Januari 2020 21:10 WIB

JKT48 Akhirnya Punya Lagu Sendiri

Lifestyle
22 Januari 2020 20:24 WIB

Main di KKN: di Desa Penari, Tissa Biani Belajar Budaya Jawa

Mulai dari dialek sampai tari
Nasional
22 Januari 2020 20:09 WIB

What's On Today, 22 Januari 2020

Podcast berita terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Nusantara
22 Januari 2020 19:12 WIB

Kisruh Wyata Guna Bakal Sampai ke Presiden

KSP janji bahas tuntutan difabel netra ke Presiden