Kamis, 21 November 2019
Detik-detik Wiranto diserang pelaku menggunakan kunai (dok. Istimewa)
11 Oktober 2019 08:22 WIB

Wiranto, Teroris dan Senjata Ala Naruto

Jadi ini ulah teroris atau memang Akatsuki~
Bagikan :


Jakarta, era.id - Sejak sore kemarin, lini masa mendadak ramai dengan pemberitaan terkait penusukan MenkoPolhukam Wiranto yang diserang orang tidak dikenal. Insiden ini pun menjadi upaya pembunuhan pertama pejabat tinggi Indonesia yang terekam kamera. 

Peristiwa ini terjadi saat Wiranto berkunjung ke Pandeglang, Banten, Kamis (10/10) siang. Upaya pembunuhan ini terjadi dalam hitungan detik, saat Wiranto baru saja turun dari mobil dinasnya dan akan menyambangi warga, Wiranto diserang.

Pelaku Syahril Alamsyah alias Abu Rara yang berpura-pura sebagai warga dan hendak ingin bersalaman dengan Wiranto tersebut menyerang mantan ajudan Presiden Soeharto itu. Dengan menggunakan pisau kecil (mirip seperti di manga Naruto) pelaku berhasil melukai Wiranto.

Wiranto nampak terhuyung dan terjatuh di tengah kerumunan warga. Politikus 72 tahun itu menderita dua luka tusukan pada bagian sebelah perut kiri bawah. Sementara Syahril segera dibekuk oleh personel kepolisian.


Baca Juga : Tragedi Penusukan Menteri Jangan Terulang Lagi

Dalam laporan Polres Pandeglang, Wiranto semula disebut ditusuk dengan menggunakan gunting. Namun, diketahui belakangan ternyata senjata tajam yang digunakan oleh si pelaku adalah kunai.

Istilah Kunai sendiri merepresentasikan sejenis pisau pendek untuk keperluan perkakas berkebun. Fungsinya bisa digunakan untuk pertarungan jarak dekat, maupun dilempar untuk bertarung jarak jauh. Biasanya dipakai ninja maupun pecinta olahraga beladiri.

Polisi sendiri masih menelusuri jenis senjata yang digunakan pelaku ini. "Kedua pelaku membawa senjata tajam apakah berbentuk pisau atau semacam gunting yang jelas sudah dipersiapkan," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Kamis.
 

Trending Topic di Twitter

Jagat Twitter, sontak ramai dengan beragam istilah bertemakan Narto. Apalagi pemberitaan media yang menyebutkan senjata penyerangan MenkoPolhukam Wiranto berupa kunai atau senjata ala Naruto.

Dilihat era.id, Trending topic Twitter Indonesia sejak sore hingga malam diramaikan dengan kejadian penusukan Menko Polhukam Wiranto. Selain itu, ada beberapa nama dari komik dan film Naruto yang juga trending.

Di posisi 3 trending topic ada Akatsuki, ini adalah kelompok penjahat dari komik Naruto. Nama Naruto sendiri ada di trending topic posisi 4. Sedangkan Kunai ada di posisi 12.
 

Hal ini dikarenakan, banyak pengguna Twitter di Indonesia yang menyamakan pelaku penusukan Wiranto dengan kelompok Akatsuki. Sebuah organisasi semacam teroris yang kerap membuat keonaran dalam cerita Naruto.

Belum lagi senjata yang digunakan pelaku berupa kunai, makin melengkapi imajinasi liar warganet. Entah terinfluens Naruto atau memang kelompok teroris ini hanya kebetulan menggunakan senjata ini, polisi juga belum mengetahui motif penyerangan tersebut.

Hanya saja, polisi menduga pelaku penusukan Wiranto terpapar ideologi ISIS. "Diduga terpapar ISIS," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Entah kebetulan atau tidak, jika dicari pada laman Google senjata ala ninja, kunai ini ternyata banyak dijual bebas di toko online. Peruntukannya bermacam-macam, ada yang menjual replika ini sebagai properti untuk cosplay (costum play) atau barang koleksi.

Dilihat di Tokopedia misalnya, kunai bergagang dililit tali merah sepanjang 17 cm yang mirip dengan senjata pelaku penusukan Wiranto dijual seharga Rp 55 ribu. Ada pula yang menjual kunai seharga Rp 65 ribu. "Kunai Naruto, Kunai Ninja Naruto," begitu si penjual memberi nama barang dagangan itu. 


Beberapa replika kunai yang dijual terbuat dari besi, sehingga bisa dipergunakan layaknya pisau kecil ala ninja. Namun ada pula yang berbahan plastik mainan PVC sehingga tidak berbahaya.

"Mainan kunai Boruto Naruto Ninja Cosplay dari Plastik Pegangan Putih," demikian salah seorang penjual memberi nama dagangannya, seharga Rp 39 ribu.

Kunai yang dipakai untuk menusuk Wiranto berbentuk lancip di ujungnya. Gagangnya dililit tali merah dengan ujung bundar berlubang. Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigjen Dedi Prasetyo, mengkonfirmasi bahwa senjata jenis inilah yang digunakan untuk menusuk Wiranto.

Target Pembunuhan

Selain perbincangan Naruto, Akatsuki dan juga Kunai, obrolan di medsos pun mengarah ke satu topik: Apakah peristiwa penusukkan ini merupakan kelanjutan dari upaya pembunuhan pejabat negara saat buntut kerusuhan 22 mei 2019 lalu?

Di mana, nama Wiranto sempat dikabarkan jadi target pembunuhan kelompok yang rusuh sesudah pemilu. Kesimpulan itu diperoleh Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal, usai menangkap 6 tersangka perusuh, yakni HK alias Iwan, AZ, IF, TJ, AD, dan AF alias Fifi yang masing-masing memiliki peran berbeda.

Selain Wiranto, tiga pejabat negara lain yang masuk ke dalam target pembunuhan adalah Luhut B. Panjaitan Menko Maritim, Budi Gunawan (Kepala Badan Intelijen Negara), dan Gories Mere (Stafsus Presiden bidang intelijen dan keamanan). Merespons ancaman pembunuhan ini Wiranto menegaskan dirinya harus siap menghadapi segala bentuk teror yang diterimanya.

Kini Wiranto, telah selesai menjalani operasi setelah ditusuk teroris di Banten. Sejak malam kemarin, Wiranto sudah keluar dari ruang operasi dan masuk ruang ICU. Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dr Terawan juga mengatakan kondisi Wiranto dalam keadaan baik setelah dia berada di ICU. 
 
Bagikan :
Topik :

Reporter : ERA.ID
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Ekonomi
21 November 2019 12:12 WIB

Kursi Buat Ahok di BUMN: 'Dikepret' Rizal Ramli, Dibela Menteri

"Kayanya hidup gue ditolak melulu,"
Nusantara
21 November 2019 11:43 WIB

Menyegarkan Kembali Ingatan Anak Muda Tentang Pembunuhan Munir

"Munir-Munir itu ada, dan Munir itu kalian,"
Internasional
21 November 2019 10:38 WIB

Rumah Kelahiran Hitler 'Disulap' Jadi Kantor Polisi

Cara pemerintah Austria cegah ziarah kelompok Neo-Nazi
megapolitan
21 November 2019 10:08 WIB

Mahasiswa BEM SI Geruduk Kantor Kemenkes Siang Ini

Tolak kenaikan iuran BPJS
megapolitan
21 November 2019 09:10 WIB

Teka-Teki Penyebab Kopilot Wings Air Bunuh Diri

Diduga karena depresi kena…