Rabu, 22 Mei 2019
Ilustrasi (Pixabay)
06 Desember 2018 22:32 WIB

Deteksi Dini Bisa Cegah Kanker Usus Besar

Kan lebih baik mencegah daripada mengobati
Bagikan :


Tangerang, era.id - Sebagai penyakit kanker nomor tiga yang paling banyak diderita, namun bukan berarti kanker usus besar tidak dapat disembuhkan. Hal itu mengingat penyakit jenis ini bisa dicegah dan diobati dengan mendeteksi secara dini.

Dr Eko Priatno SpB-KBD, spesialis bedah dari Bethsaida Hospital mengatakan, pencegahan terbaik adalah dengan cara deteksi dini, demikian dilansir Antara, Kamis (6/12/2018).

Mendeteksi dini kanker dibagi menjadi dua kelompok yakni mulai usia 50 tahun pada seseorang yang keluarganya tidak memiliki riwayat kanker.

Kemudian, kelompok kedua adalah deteksi kanker mulai usia 40 tahun bagi seseorang dengan riwayat keluarga kanker, seperti kanker payudara, kanker kandungan dan kanker usus.


Baca Juga : Beginilah Proses Terjangkitnya Cacar Monyet pada Tubuh

"Deteksi dini sangat perlu dilakukan. Jika kanker masih dalam stadium awal 1-3, masih bisa disembuhkan. Kalau baru periksa setelah stadium 4 susah," ujar Dr. Eko saat berbincang dalam jumpa pers Bethsaida Hospital di Tangerang, Kamis (6/12/2018).

Menurut dia, semua orang berpotensi terkena kanker usus besar. Namun yang lebih beresiko adalah yang memiliki riwayat keluarga kanker, penderita polip usus besar, penderita radang usus menahun, sering mengonsumsi daging merah, lemak tinggi serta kurang serat, seseorang dengan obesitas, perokok dan yang kurang aktivitas fisik.

"Faktor genetik memang berperan besar. Kalau kasus yang terjadi di anak muda, lebih cenderung ke lifestyle. Kalau zaman dulu tidak ada," jelas Eko.

Sementara itu, pengobatannya bisa ditempuh dengan beberapa cara seperti pembedahan, kemoterapi atau radioterapi. Yang perlu diketahui adalah tidak semua kanker harus melakukan kemoterapi, tergantung dari stadium yang diderita.

"Tidak semua kanker harus kemoterapi. Kemoterapi diperlukan bila kanker stadium 2 dengan kondisi khusus atau high risk, stadium 3 dan stadium 4," kata Dr. Eko.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Ahmad Sahroji
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
22 Mei 2019 12:36 WIB

Corey Taylor Bicara Soal Medsos dan Meme

Katanya, ini ada hubungannya sama album baru Slipknot
megapolitan
22 Mei 2019 12:15 WIB

TNI-Polri Sterilkan Kawasan KS Tubun-Petamburan

Titik ini jadi lokasi pedemo sejak pagi tadi
Peristiwa
22 Mei 2019 11:58 WIB

KPU: Cari Keadilan Bukan di Jalan Tapi Lewat MK

Karena lewat jalur ini, dugaan kecurangan bisa dibuktikan
Ekonomi
22 Mei 2019 11:55 WIB

Maaf, Layanan Penukaran Uang Dihentikan Dulu

Soalnya Jakarta lagi gak asyik
Nasional
22 Mei 2019 11:38 WIB

Kata Anies, Enam Orang Meninggal Akibat Bentrok

Ada juga 200 korban yang dibawa ke sejumlah rumah sakit di Jakarta