Minggu, 05 April 2020
26 Maret 2020 14:09 WIB

Sering Baca Berita Soal Korona, Awas Kena Psikosomatis

Jadi sugesti ikutan sesak nafas
Bagikan :


Jakarta, era.id - Pernah enggak kamu merasa sesak napas atau tubuh jadi enggak enak gara-gara melihat, mendengar atau membaca berita perkembangan soal virus korona baru?

dr. Andri,SpKJ,FACLP memberikan penjelasan bahwa hal itu sangat wajar. Kondisi itu, dalam dunia kedokteran, dinamakan psikosomatis, merupakan suatu kondisi atau gangguan ketika pikiran memengaruhi tubuh, hingga memicu munculnya keluhan fisik.

"Masa saat ini ketika kita membaca berita atau cerita tentang gejala virus #corona atau #COVID19 dan tiba-tiba kita merasa tenggorokan kita agak gatal, nyeri dan merasa agak sedikit meriang walaupun suhu tubuh normal. Itu wajar. Reaksi psikosomatik tubuh saat ini memang terasa" tulis @mbahndi di Twitter.

Andri juga menyatakan bahwa itu dikarenakan timbulnya rasa kecemasan yang berlebihan dikarenakan berita virus korona yang terus-menerus sehingga timbulah rasa tidak enak badan.
 


"Amygdala atau pusat rasa cemas sekaligus memori kita jadi terlalu aktif bekerja, akhirnya kadang dia tidak sanggup mengatasi kerja berat itu," tulis dokter dari RS Omni Alam Sutera Tangerang ini.

Andri menyarankan masyarakat untuk mengurangi gejala psikosomatik dengan membatasi informasi seputar virus korona. Ia juga menyarankan masyarakat untuk melakukan hobi lainnya ketimbang harus membaca berita yang menimbulkan efek pada tubuh kita.

Melihat cuitannya, banyak warganet memberikan komentar perihal dirinya merasakan efek tak enak badan ketika membaca berita COVID-19.

"Semalem kebangun2 terus dok gak nyenyak tidurnya. Udah mulai cemas," tulis @dessyDMP.

"Benar dok. Kadang abis baca berita gtu suka was was sendiri. Trs tiba tiba sesek napas padahal ngga ada apa apa. Tenggorokan sakit dikit langsung panik. Trs badan panas padahal ya emg wajar kadang suhu naik jga tiba tiba panik," tulis @xixilalaw.

"Bener banget ini! Saking parno nya sampe kebawa mimpi, kadang ngerasa sesek napas juga trs mikir "yaAllah apa aku kena ya", sekarang batuk flu dikit langsung mikirin idup," tulis @rinanurss.


 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Adelia Hutasoit
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
05 April 2020 20:01 WIB

Kita adalah Bangsa Gotong royong di Tengah Pandemi COVID-19

Saatnya berhenti mengutuk kegelapan dan coba nyalakan lilin
Lifestyle
05 April 2020 19:09 WIB

Melihat Waktu Ideal Berjemur Berdasarkan UV Indeks WHO

Katanya sih dari jam 10 pagi sampai 2 siang
Internasional
05 April 2020 18:18 WIB

Ada Kulkas Raksasa untuk Simpan Jasad Korban COVID-19 di Ekuador

Ekuador melaporkan 318 pasien meninggal dunia akibat COVID-19
Nasional
05 April 2020 17:17 WIB

Pesan Trump untuk Warganya: Minggu Depan Banyak yang Meninggal di AS

Kok jadi terkesan nakutin ya?
Lifestyle
05 April 2020 16:04 WIB

Kembalinya sang Raja Dangdut Lewat Lagu 'Virus Corona'

Baru dirilis sudah trending di YouTube