Rabu, 03 Juni 2020
Disinfektan (Dok. KAI)
16 Maret 2020 16:07 WIB

Bikin Cairan Disinfektan Yuk, Gampang Kok

Cuma air plus Bayclin
 
Bagikan :


Jakarta, era.id - Belakangan ramai soal tempat-tempat umum atau alat transportasi disemprot cairan disinfektan untuk mencegah virus korona baru hinggap dan menularkan ke orang lain. Banyak juga yang bertanya seperti apa cairan disinfektan itu?

Presenter Najwa Shihab dan adiknya dr. Nahla Shihab membagikan tips praktis membuat disinfektan sendiri. Caranya mudah yakni hanya perlu cairan pemutih pakaian atau Bayclin dan air. Untuk pembuatan satu liter disinfektan hanya diperlukan 95 ml Bayclin dan 905 ml air.

View this post on Instagram

Tips praktis membuat cairan disinfektan. Bisa kita coba saat #dirumahaja nih! Disinfektan perlu kita lakukan sehari 2x (pagi dan sore) di permukaan alat yang sering disentuh, seperti gagang pintu, saklar lampu, telepon remote tv/ac, keran, jet shower, alat sentor toilet, meja makan, sofa yg plg sering dipake. Cara bikin cairan disinfektan sendiri: Bayclin 95 ml ditambah air 905 ml (untuk menjadi total 1000ml/1 L). Bayclin, yang sering digunakan sebagai bahan bleaching/pemutih, mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5.25%. Untuk bahan disinfektan, dibutuhkan natrium hipoklorit 0.5%. Jadi untuk mendapat konsentrasi yang sesuai, perlu pengenceran. ----- Reposted from @narasi.tv Nah ini ada tips dari dokter @nahlashihab yang bisa kamu coba saat #dirumahaja. Gunakan untuk menyemprot bagian-bagian yang sering disentuh di rumah kamu minimal 2 kali sehari ya. #bergerakdari #narasi

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on



Pemutih pakaian seperti Bayclin mengandung natrium hipoklorit yang ampuh melawan kuman dan virus.


Baca Juga : RSUI Resmi Jadi Rumah Sakit Rujukan untuk Penyakit Akibat Kerja

Dilansir dari CDC, cairan ini berguna untuk membunuh kuman di benda apapun. Sebelum diberikan disinfektan, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu barang atau lingkungan lalu semprot. Biarkan barang tetap basah selama dua hingga sepuluh menit.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Adelia Hutasoit
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Internasional
03 Juni 2020 19:25 WIB

iPhone dan Laptopnya Dijarah Pendemo, Apple Bikin Pencurinya Tak Bisa Tidur

"Perangkat ini telah dinonaktifkan dan dilacak. Otoritas setempat akan disiagakan"
Lifestyle
03 Juni 2020 19:00 WIB

Rekomendasi Drama Korea Sepanjang Juni 2020

Wajib nonton
Review
03 Juni 2020 18:39 WIB

Rayakan Ulang Tahun ke-60, Sega Buat Konsol Mini Game Gear Micro

Bisa masuk di kantong gengs