Senin, 25 Mei 2020
Vanessa Angel (Foto: Instagram @Vanessaangelofficial)
13 April 2019 21:06 WIB

Cek Organ Intim, Vanessa Angel Jalani Pemeriksaan Kanker Serviks

Pemeriksaan pap smear  ini dilakukan di Rutan Medaeng, Sidoarjo 
Bagikan :


Jakarta, era.id -  Ratusan warga binaan Rutan Wanita Klas IIA Medaeng mengikuti penyuluhan serta deteksi dini kanker serviks dan payudara. Salah satu penghuni rutan yakni Vanessa Angel juga turut menjalani pemeriksaan pap smear, atau pemeriksaan organ kewanitaannya. 

Melansir dari Antara, Bekerja sama dengan Fatma Foundation, Rutan Medaeng memoles peringatan Hari Kartini dengan sosialisasi pencegahan kanker serviks. Tidak hanya paparan tentang kanker dan pencegahannya, acara ini juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan kepada para warga binaan. Sosialisasi didampingi langsung oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr Ananto Sidoutomo, SpOG. 

Vanessa Angel yang merupakan salah seorang tahanan titipan di Rutan Medaeng, serius dan antusias mendengarkan penyuluhan. Dirinya juga mengikuti pemeriksaan pap smear di bus khusus.

"Kami senang ada yayasan seperti Fatma Foundation yang begitu peduli kepada warga binaan dan sangat memperhatikan kesehatan kami," ucap Vanesa seperti dikutip dari Antara, Sabtu (13/4/2019). 


Baca Juga : Perjuangan Jatuh Bangun Dita Karang Menjadi Personel Grup K-Pop Secret Number

Secara khusus mantan pesinetron dan bintang film itu berterima kasih kepada Fatma Saifullah Yusuf selaku pemilik yayasan karena peduli terhadap kesehatan warga binaan yang mungkin tidak setiap tahun bisa mengikuti pap smear.

Tes pap smear dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada serviks atau leher rahim wanita, yang mengarah pada kanker serviks.

Ketua Yayasan Fatma Foundation, Fatma Saifulah Yusuf, menyampaikan pentingnya pencegahan dini kanker serviks bagi perempuan. Menurutnya, masih banyak kaum wanita yang awam soal kanker servisk. 

Dijelaskannya, penyakit kanker tidak mengenal tempat, baik itu di luar maupun di dalam rutan sehingga setiap wanita pasti berpotensi terserang, baik itu kanker payudara maupun serviks.

"Harapannya, dengan penyuluhan dan pemeriksaan pap smear kali ini, para perempuan warga binaan di Medaeng diharapkan bisa terdeteksi secara dini potensi terjangkit kanker," ucap istri mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tersebut.

Dengan pemeriksaan dini, lanjut dia, mereka yang terdeteksi gejala tumor atau kanker diharapkan bisa segera ditangani dan diobati sehingga tidak menjadi kanker stadium lanjut.
 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Aditya Fajar Indrawan
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
25 Mei 2020 22:05 WIB

Ingin Kembali ke Jakarta Pasca Mudik, Catat Syaratnya

Harus punya SIKM
Kuliner
25 Mei 2020 20:55 WIB

Ada Sandwich Seharga Rp400 Ribu di Jepang, Apa Spesialnya?

Sandwich Instagramable
Nusantara
25 Mei 2020 19:01 WIB

Momen Lebaran Para Penjaga Perbatasan

Selalu bersyukur
megapolitan
25 Mei 2020 18:30 WIB

Syarat Sulit dari Anies untuk Pemudik yang Mau Balik ke Jakarta

Karena sudah dilarang mudik, yang bandel tanggung sendiri akibatnya. 
 
Nusantara
25 Mei 2020 18:10 WIB

16 Provinsi Nihil COVID-19

Ini daftarnya