Jumat, 21 Februari 2020
Ilustrasi (Foto: www.happyfresh.id)
01 Juni 2019 16:20 WIB

Manfaat Berbuka Puasa dengan Bubur Kacang Hijau

Salah satu manfaatnya bisa mengurangi risiko penyakit jantung
 
Bagikan :


Jakarta, era.id - Tak terasa bulan suci Ramadan sebentar lagi akan meninggalkan kita. Di sisa waktu itu kesehatan tetap menjadi prioritas agar bisa menyelesaikan ibadah setahun sekali ini dengan baik. 

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa. Tidak hanya kolak pisang, makanan tradisional lain seperti bubur kacang hijau juga lezat untuk disantap saat azan Magrib berkumandang, pertanda waktu berbuka puasa.

Kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut di antaranya seperti dikutip dari keterangan resmi Joyday, seperti dikutip Antara.

Melancarkan pencernaan


Baca Juga : VIDEO: JELAJAH MASJID JAMI AL-MAKMUR CIKINI

Kacang hijau memiliki kandungan serat makanan dan pati yang dapat membantu memperlancar pencernaan serta membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik yang terdapat dalam saluran cerna. Penting bagi orang yang berpuasa untuk memiliki sistem pencernaan yang lancar, terutama karena ada perbedaan dengan jam makan sehari-hari.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Terdapat kandungan antioksidan serta nutrisi bersifat antiradang pada kacang hijau. Kedua kandungan ini membantu menurunkan tekanan darah dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, antioksidan pada kacang hijau juga dapat mengurangi kolesterol LDL yang meningkatkan kemungkinan menderita penyakit jantung.

Membantu menjaga berat badan

Kandungan serat dan protein yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu membuat perut kenyang dengan lebih cepat dan lebih lama. Dengan demikian, Anda bisa mengontrol nafsu makan dan tidak mengonsumsi makanan berlebih terutama saat berbuka puasa.

Membantu mencegah pitam panas (heatstroke)

Bagi orang yang tinggal di daerah dengan udara tropis dan panas seperti Indonesia, sangat baik untuk mengonsumsi kacang hijau karena kandungan antioksidan vitexin dan isovitexin dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang terbentuk saat pitam panas.
Bagikan :

Reporter : Ahmad Sahroji
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
21 Februari 2020 21:07 WIB

Kim Go Eun Sumbang Rp1,1 Miliar untuk Wabah COVID-19

Sudah cantik, baik lagi
Lifestyle
21 Februari 2020 20:58 WIB

Podcast Eradotid x Wregas Bhanuteja

Wregas Bhanuteja bocorkan pengalaman dan proyek film yang masih tertunda
Lifestyle
21 Februari 2020 20:02 WIB

Seungri Tetapkan Tanggal Wajib Militer

Hal ini karena persidangan jangka panjang di pengadilan bisa menghambat wajib militer
Nusantara
21 Februari 2020 19:24 WIB

Enam Anggota Pramuka Hanyut Saat Banjir

Empat korban sudah ditemukan
megapolitan
21 Februari 2020 18:57 WIB

Arkeolog Tolak Gelaran Formula E di Monas

Karena cagar budaya