Senin, 13 Juli 2020
Gordon Ramsay dan William Wongso (Foto: Instagram/@natgeochannel)
30 Juni 2020 12:04 WIB

Jadi Guru Rendang Gordon Ramsay, Chef William Wongso Kena Nyinyir Warganet

Jadi yang masak harus orang asli Minang?
Bagikan :


Jakarta, era.id - Nama William Wongso sedang hangat diperbincangkan usai tampil di acara memasak bersama koki internasional, Gordon Ramsay. Nama William Wongso jadi trending topic Twitter dengan cuitan warganet yang menuai pro dan kontra.

Kini nama William Wongso masuk deretan trending topic Twitter pada Selasa (30/6/2020). Namun yang jadi trending topic bukanlah kepiawaian memasak William Wongso. Melainkan pro dan kontra soal William Wongso yang terpilih jadi guru pembuatan rendang.

Sebagian warganet menganggap jika acara ini harus dipilih oleh koki asli Minang, lantaran rendang berasal dari Sumatera Barat. Apalagi yang diajarkan ini untuk koki Internasional Gordon Ramsay.

Tentu ini sangat disayangkan sebagian warganet. Mereka mengaku jika sebenarnya yang membuat itu bukanlah William Wongso. Melainkan pakar rendang lokal yang diangkat dalam acara Nat Geo Channel.


Baca Juga : Awas, Siomay Pun Bisa Haram

Salah satu warganet Twitter yang menyayangkan kejadian ini. Baginya, mengapa tidak pakar kuliner asli dari Sumatera Barat saja yang membuat rendang. Ia juga mempertanyakan apakah William tahu asal-muasal rendang.



"Saya tidak tahu bahwa Master Rendang adalah William Wongso. Di mana koki Sumatera Barat asli yang benar-benar membuat rendang? Dari mana asal usul rendang? Dimana mereka? Tidak ada lagi koki dari minang? Apa yang terjadi?," ujar @MPribumi.

Meski begitu, banyak warganet yang membela William dan merespon positif. 

"Chef @GordonRamsay terima kasih telah berkunjung ke Indonesia. Sekarang kita bisa menyelesaikan perdebatan lama tentang asal usul rendang. Saat kamu turun tangan dan mau kotor dengan kerbau (dua kali) adalah bagian terbaik. Dan ya, koki William Wongso adalah jembatan yang tepat untuk masakan kita," ujar @lyndaibrahim

"Beberapa temanku orang Minang nyinyir kenapa yang masak rendang harus William Wongso, kenapa bukan chef asli Minang? Jika saya orang Minang, saya akan sangat bangga jika William Wongso sang legenda memasak hidangan apa pun dari warisan Tanah Air," ungkap @noturalphagirl

Diketahui, dokumentasi ini ditayangkan di National Geographic pada episode Sumatera Indonesia. Acara ini ditayangkan pada Senin, 29 Juni 2020. Kala itu, William Wongso menantang Gordon Ramsay menguasai pembuatan rendang dalam sepekan.

Tantangan ini diabadikan dalam serial Gordon Ramsay: Uncharted. Sebelum tantangan dimulai, William mengajarkan terlebih dahulu pembuatan rendang kepada chef Gordon Ramsay. Saat tantangan dimulai, keduanya akan beradu membuat rendang untuk disajikan kepada Gubernur Sumatera Barat. 
Bagikan :

Reporter : Adelia Hutasoit
Editor : Vessy Dwirika Frizona
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
ide
13 Juli 2020 14:30 WIB

AS Terpuruk Selama Pandemi karena Mitos dan Trump

Sudah jatuh, tertimpa Trump
Nusantara
13 Juli 2020 14:02 WIB

Tagih Janji Wali Kota Bandung, Ribuan Pengemudi Ojol Geruduk Balai Kota

Ojol belum boleh beroperasi

 
megapolitan
13 Juli 2020 14:02 WIB

WN Prancis yang Cabuli 305 Anak di Bawah Umur Tewas Bunuh Diri

Menjerat leher pakai kabel
 
Nasional
13 Juli 2020 13:36 WIB

Doni Monardo: COVID-19 Bukan Konspirasi!

Bukan rekayasa juga
 
Nasional
13 Juli 2020 13:31 WIB

Tahun Ajaran Baru Dimulai, Belajar Tatap Muka Harus Dievaluasi Berkala

Pemerintah diminta utamakan keselamatan siswa