Senin, 17 Februari 2020
Burung (Dok. Alan Owyong/Burung Indonesia)
14 Februari 2020 14:12 WIB

Indonesia 'Surganya' Burung

Ada 1.794 spesies baru
Bagikan :
Jakarta, era.id - Organisasi nirlaba Burung Indonesia mencatat jumlah spesies burung di Indonesia hingga awal 2020 bertambah menjadi 1.794 spesies.

"Catatan ini mencakup empat spesies yang dikeluarkan dari daftar, tetapi terdapat 21 spesies baru yang tercatat," kata Research and Communication Officer Burung Indonesia Achmad Ridha Junaid dalam siaran pers yang diterima, Jumat (14/2/2020).

Ada 21 spesies burung yang baru tercatat meliputi tujuh spesies yang baru dideskripsikan dan 14 spesies dari hasil pemisahan spesies sebelumnya.

Spesies burung yang baru dideskripsikan antara lain burung Myzomela alor atau Myzomela prawiradilagae dan burung Cabai Kacamata atau Dicaeum dayakorum.

Myzomela alor yang diumumkan sebagai spesies baru pada Oktober 2019 merupakan burung endemis Pulau Alor yang menghuni habitat pegunungan pada ketinggian 900 meter hingga 1.270 meter di atas permukaan laut.


Infografik (Dok. Burung Indonesia)

Sementara burung cabai kacamata atau spectacled flowerpecker dinamai Dicaeum dayakorum sebagai penghormatan kepada suku Dayak yang memiliki pengetahuan lokal luar biasa tentang flora dan fauna di tanah kelahiran mereka.

"Lima spesies burung baru lainnya adalah Kipasan Peleng, Cikrak Peleng, Ceret Taliabu, Myzomela Taliabu, dan Cikrak Taliabu dari Pulau Peleng, Sulawesi Tengah, dan Pulau Taliabu, Maluku Utara," kata Ridha.

Ia juga mengemukakan perihal spesies baru hasil pemisahan spesies yang meliputi tiga spesies Burung Uncal atau Merpati, tiga spesies nuri, satu spesies Merbah atau Cucak, tiga spesies Sikatan, dan empat spesies Burung Kacamata.

Selain itu, menurut dia, ada empat spesies yang sebelumnya dianggap sebagai spesies tersendiri namun setelah diteliti ternyata merupakan subspesies dari spesies yang telah dikenal sebelumnya.

"Misalnya, Sikatan Tanajampea atau Cyornis djampeanus yang sebelumnya dikenal sebagai spesies endemis Pulau Tanajampea, ternyata masih memiliki kemiripan dengan Sikatan sulawesi atau Cyornis omissus sehingga dikelompokkan sebagai spesies yang sama," katanya. 
 
Bagikan :
Topik :

Reporter : ERA.ID
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
16 Februari 2020 18:08 WIB

Bong Joon Ho Akan Dibangunkan Museum di Korsel

Sutradara film Parasite itu juga bakal dibangunkan patung
Lifestyle
16 Februari 2020 17:07 WIB

Aksi Kocak Terry Crews dan Howie Mandel Main TikTok 'Bagaikan Langit'

Semua akan TikTok pada waktunya~
Nasional
16 Februari 2020 15:04 WIB

Anies Tolak Deklarasi Dirinya sebagai Capres 2024

Masih fokus benahi ibu kota
Lifestyle
16 Februari 2020 14:25 WIB

Model Asal Los Angeles Diblokir Tinder Gara-Gara Terlalu Cantik

Kalau begitu, Tinder khusus orang jelek dong hiyahiyahiya~
Internasional
16 Februari 2020 13:49 WIB

Depresi Jalani Sidang KDRT, Presenter Caroline Flack Bunuh Diri

"Caroline tidak tahan membayangkan dirinya menjalani sidang"