Rabu, 08 Juli 2020
Jakarta tak akan mudah dimasuki para pemudik (Tim produksi era.id)
25 Mei 2020 18:30 WIB

Syarat Sulit dari Anies untuk Pemudik yang Mau Balik ke Jakarta

Karena sudah dilarang mudik, yang bandel tanggung sendiri akibatnya. 
 
Bagikan :


Jakarta, era.id - Gubernur DKI Anies Baswedan memberi peringatan, orang dari luar kota tanpa kelengkapan syarat, akan sulit masuk ke Jakarta. Hal ini untuk mengantisipasi gelombang kedua penularan wabah COVID-19 pasca libur Lebaran.

"Jangan memaksakan berangkat bila tidak memiliki semua ketentuan, karena jika Anda memaksakan, justru nanti Anda akan mengalami kesulitan di perjalanan," ancam Anies di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (25/5/2020).

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah orang tersebut wajib memiliki KTP Jabodetabek. Selanjutnya, orang yang hendak kembali atau masuk ke Jakarta, wajib punya surat izin keluar masuk (SIKM). Untuk mendapatkan SIKM pun tidak mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Kalau mau dan memang perlu datang ke Ibu Kota, Anies memberi saran agar sebisa mungkin mengurus sejak jauh hari.

"Ini bisa dilihat di alamatnya yaitu corona.jakarta.go.id. Di website ini Anda bisa mendapatkan informasi cara mendapatkan SIKM di antaranya adalah surat keterangan sehat yang harus diikuti dengan menggunakan tes," papar Anies.


Baca Juga : VIDEO: Anies Baswedan Tinjau Pelaksanaan PSBB di Pasar

Anies menegaskan, akan menjalankan aturan tersebut dengan tegas dan juga memperketat pengawasan di perbatasan-perbatasan dan di titik-titik pemeriksaan masuk-keluar Jakarta. Bagi yang tidak memiliki SIKM, kata dia, tidak akan diperkenankan untuk melintas dan diminta kembali ke daerah asalnya.

Anies mengatakan, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mengingatkan sejak pertengahan Ramadan lalu, agar tidak ada yang meninggalkan Jakarta untuk mudik. Karena ketika hendak kembali, pasti akan dipersulit.

"Sejak pertengahan Ramadan, sudah disampaikan, tetaplah tinggal di Jakarta. Karena kalau meninggalkan Jakarta, belum tentu tentu bisa kembali dengan cepat," kata dia.


Jakarta tak akan mudah dimasuki para pemudik (Tim produksi era.id)

Saat ini, Jakarta sedang memasuki fase perpanjangan PSBB hingga 4 Juni 2020 mendatang. Menurut Anies, fase PSBB ketiga ini sangat menentukan. Apalagi, kasus COVID-19 di Jakarta sudah menunjukan perkembangan yang baik. Hal tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh kalangan di Jakarta yang telah berusaha tidak bepergian dan tetap di rumah sehingga bisa menekan angka penularan Covid-19.

"Jika ini terus turun, maka sesudah PSBB tanggal 4 kita bisa melakukan transisi menuju normal baru," ujarnya.

Namun, kata Anies, di hari-hari ke depan di masa akhir PSBB ada tantangan dengan arus balik Lebaran sehingga perlu diatur kriteria bepergian, termasuk yang ingin masuk ke Jakarta harus sesuai kriteria dan 11 sektor yang diizinkan.

"Ini dilakukan agar kerja keras puluhan juta orang di Jakarta di Jabodetabek selama dua bulan lebih menjaga dan menurunkan Covid, kita tidak ingin kerja keras kita batal karena muncul gelombang baru penularan Covid-19, jika itu terjadi yang menderita adalah kita semua," pungkasnya.

Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo juga menegaskan hal yang sama. Dia berharap masyarakat bisa kooperatif dan mentaati aturan yang ada. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemeriksaan di tempat keberangkatan sebelum melaksanakan perjalanan. Jika tidak memenuhi ketentuan, maka akan ditindak.

"Apabila saudara sekalian tidak bisa menunjukkan surat keterangan yang dimaksud maka aparat gabungan dari Dishub, Kepolisian, Satpol PP, TNI akan meminta saudara kembali ke tempat semula. Besar harapan kita mematuhi anjuran yang ada," kata Doni.

Petugas gabungan akan menjaga ketat setiap jalur masuk ke Jakarta (Foto: Anto/era.id)
Bagikan :
Topik :

Reporter : Gabriella Thesa Widiari
Editor : Moksa Hutasoit
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Ekonomi
07 Juli 2020 22:24 WIB

Survei: 74,8 Persen Responden Percaya Ekonomi Memburuk Karena COVID-19

"Semua sektor bisnis harus dibuka kembali,"
Lifestyle
07 Juli 2020 21:35 WIB

Daftar Makanan yang Bisa Memperbesar Payudara: Jadi Kencang dan Berisi

Buat yang rata enggak usah minder
Lifestyle
07 Juli 2020 20:05 WIB

Internasional Kissing Day: Yuk Ketahui 5 Manfaat Berciuman

Baik untuk kesehatan