Rabu, 19 Februari 2020
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto (Diah/era.id)
22 Mei 2019 14:53 WIB

Pemerintah Sengaja Blok Media Sosial

Untuk sementara waktu saja kok, biar enggak ada kabar hoaks
Bagikan :


Jakarta, era.id - Pemerintah memutuskan untuk membatasi aktivitas media sosial di Indonesia. Pembatasan itu dilakukan untuk menekan penyebaran kabar hoaks di media sosial terkait aksi demo 22 Mei di KPU dan Bawaslu.

"Sementara untuk hindari provokasi kita melakukan pembatasan akses di media tertentu agar tidak diaktifkan. Akses media sosial untuk jaga hal-hal negatif yang disebarkan masyarakat," kata Menkopolhukam Wiranto dalam konfrensi persnya, di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Wiranto mengatakan pemerintah ingin agar masyarakat mendapatkan informasi yang akurat. Sebab, Wiranto menyebut adanya upaya adu domba di dalam masyarakat melalui berita bohong di media sosial.

Selain itu dirinya menegaskan, pembatasan akses yang dilakukan pemerintah ini bukan karena upaya sewenang-wenang. Melainkan untuk mengantisipasi dan mengamankan negeri ini dari informasi yang tidak benar.


Baca Juga : Investigasi Komnas HAM Terkait Peristiwa 21-23 Mei

"Saya juga menyesalkan ini harus kita lakukan, tapi ini suatu upaya untuk mengamankan negeri yang kita cintai ini," lanjutnya.


Grafis Ilham/era.id

Menambahkan pernyataan Wiranto, Menkominfo Rudiantara mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan penyedia layanan media sosial untuk memantau penyebaran berita hoaks. Terlebih pascakerusuhan di sejumlah titik di Jakarta terkait aksi demo 22 Mei.

"Teman-teman akan mengalami pelambatan saat download atau upload video dan foto karena viralnya yang negatif ada di sana. Sekali lagi ini sementara," kata Rudiantara.

Selain Rudiantara, Wiranto juga didampingi Kepala Polri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.


layar tangkap situs Down Detector
 
Pernyataan pemerintah ini menjawab kebingungan warganet yang mengeluhkan sulitnya mengakses layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook. Terlebih saat mengunggah foto kelayanan media sosial tersebut.

Dilihat dari situs Down Detector, sejumlah kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Medan ditandai warna merah yang artinya sedang mengalami gangguan layanan. Tak hanya di Indonesia, Kuala Lumpu dan Singapura juga mengalami gangguan layanan pada WhatsApp, Instagram dan Facebook.

 
Bagikan :

Reporter : Wardhany Tsa Tsia
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
19 Februari 2020 16:28 WIB

Server Jadi 'Kambing Hitam' Kesalahan Data Imigrasi Harun Masiku

Ada 120.661 orang yang tak terdata di server pusat
megapolitan
19 Februari 2020 16:25 WIB

VIDEO: Dituduh Culik Anak, Wanita Ini Minta Bantuan Komnas PA

Dia mengaku mendapat wasiat dari mendiang ayah sang anak
Lifestyle
19 Februari 2020 16:03 WIB

Mantan Anggota One Directions Dirampok

Ia ditodong dengan pisau saat sedang berada di Hampstead, London
Ekonomi
19 Februari 2020 15:26 WIB

Gara-Gara Korona, Apple Rugi Rp400 Triliunan

Produksi mandek
Nasional
19 Februari 2020 15:15 WIB

Soal Ustaz Bangun Samudra: Jangan Mau Dibohongi Pakai 'Lulusan S3 Vatikan'

Warganet menyebut bahwa apa yang dilakukan Ustaz Bangun adalah penipuan