Kamis, 23 Januari 2020
Megawati Soekarnoputri saat mengunjungi pameran 'Festival Indonesia Maju'. (Wardhany/era.id)
23 Agustus 2019 21:33 WIB

Kunjungi Festival Indonesia Maju, Megawati Nostalgia Saat Jadi Presiden

Acaranya masih ada sampai 25 Agustus, ke sana yuk mblo~
Bagikan :


Jakarta, era.id - Kementerian Sekretariat Negara menggelar pameran bertema 'Festival Indonesia Maju'. Mulai dari kolase foto Presiden ke-1 Soekarno hingga Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) terpajang di sini.

Tidak hanya itu, pameran ini juga menghadirkan simulasi jamuan kenegaraan lengkap dengan seseorang yang mirip dengan Presiden Jokowi. Lukisan-lukisan juga tersusun memenuhi venue.



Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri ditemani dengan Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga mendatangi pameran ini. Megawati terlihat menikmati jamuan dari panitia acara. Dirinya juga sempat melihat kolase foto kegiatan di istana hingga kutipan pernyataan presiden.


Baca Juga : Megawati Tegaskan Tak Akan Lindungi Kader 'Bandel'

Megawati sempat terlihat bernostalgia kala melihat foto dirinya terpajang di venue. Dia pun tersenyum saat melihat salah satu foto semasa pemerintahaanya.

Kepala Biro Tata Usaha Kemen Setneg Sari Harjanti selaku ketua panitia menjelaskan, acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.



Dia bilang, pada festival Indonesia maju ini ada tiga acara. Pertama, aksara lintas istana; kedua, panggung rakyat; dan ketiga pesta rakyat.

“Aksara lintas istana. Kita memamerkan arsip utuh, terdiri dari foto, video ketujuh presiden kita. Mulai dari Soekarno hingga Jokowi,” katanya, di Plaza Sudirman, Gelora Bungkarno, Senayan, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Tidak hanya melihat dan menikmati acara ini, lanjut Sari, Megawati juga menitipkan pesan kepada dirinya dan seluruh panitia yang terlibat. “Beliau juga memberikan pesan kepada kami untuk lebih baik lagi ke depan melaksanakan pameran ini. Semua foto dilihat, quote dari semua presiden beliau juga tahu,” tuturnya.

Menurut Sari, dari semua yang tersaji dalam acara festival Indonesia maju ini yang paling menarik perhatian Megawati adalah perkembangan Gelora Bung Karno (GBK) dari zaman ke zaman.



“Bu Mega tadi sempat melihat-lihat, tadi juga ada blue print dari pembangunan GBK itu sendiri. Beliau (Megawati) juga sangat terkesan arsip beliau tersimpan dengan rapih. Terutama hubungan Bu Mega dengan Uni Soviet ketika membeli pesawat sukoi,” jelasnya.

Megawati juga sempat mengunjungi panggung rakyat, lagu My Way dari Cancel Saturday diputarkan khusus panitia untuk Mega.

Sekadar informasi, Festival Indonesia Maju ini terbuka untuk umum dan berlangsung hingga 25 Agustus. Tidak ada biaya yang dipungut untuk masuk ke dalam. “Dibuka dari Jam 10.00 sampai jam 20.00,” ujar Sari.

Pantauan era.id di lokasi, pengunjung justru semakin ramai menjelang malam hari. Mayoritas adalah kaula muda, mereka datang untuk mengabadikan gambar diri.

Konsep acara yang instagramable ini memang sangat digemari kaum milenial. Di setiap sudut ruangan, mereka berbaris untuk antre mengambil gambar.
Bagikan :

Reporter : Mery Handayani
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
22 Januari 2020 21:10 WIB

JKT48 Akhirnya Punya Lagu Sendiri

Lifestyle
22 Januari 2020 20:24 WIB

Main di KKN: di Desa Penari, Tissa Biani Belajar Budaya Jawa

Mulai dari dialek sampai tari
Nasional
22 Januari 2020 20:09 WIB

What's On Today, 22 Januari 2020

Podcast berita terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Nusantara
22 Januari 2020 19:12 WIB

Kisruh Wyata Guna Bakal Sampai ke Presiden

KSP janji bahas tuntutan difabel netra ke Presiden