Rabu, 26 Juni 2019
Tim mahasiswa ITB (dok Humas ITB)
29 Mei 2019 07:27 WIB

Mahasiswa ITB Bikin Alat Bantu Khusus untuk Pengendara Tunarungu

Jadi pengendara yang mengalami gangguan pendengaran tetap tahu ada bunyi klakson~
Bagikan :


Bandung, era.id - Tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mengembangkan alat bantu khusus bagi penyandang tunarungu untuk berkendara. Karya mereka ini pun berhasil menjadi juara di ajang Bandung Datathon 2019.

Beranggotakan Muhammad Firman Nuruddin, Mochammad Ronny Ardianto, dan Riamizar Surya Baihaqi. Ketiganya berhasil menciptakan inovasi bagi penyandang tundarungu agar aman dalam berkendara.

Karya itu mereka namakan Avion, singkatan dari Audio to Vibration. “Konsep dasarnya mengubah bunyi klakson kendaraan menjadi getaran,” kata Ronny seperti dikutip dari siaran pers ITB, Selasa (28/5/2019).

Ronny menceritakan inspirasi awal pembuatan Avion berasal dari pengalaman seorang anggota keluarganya yang mengalami gangguan pendengaran atau tunarungu. Diceritakan kerabatnya itu terkena tilang karena tidak bisa mendengarkan suara klakson pengendara lain di sekitarnya.


Baca Juga : VIDEO: Jadikan 'Passion-mu' Sebagai Inspirasi Sukses Kalian

Avion dikemas dalam bentuk smart watch yang mampu mengkonversi bunyi klakson dari kendaraan menjadi getaran di pemakainya. Sehingga saat berkendara, alat bantu ini bisa memberitahu kondisi lalu linta bagi penyandang tunarungu yang mengalami ganguan pendengaran. 

Karya ketiga mahasiswa ITB itu berhasil menyingkirkan kompetitor lainnya dari berbagai kalangan dari seluruh Indonesia baik masyarakat umum, mahasiswa S2, hingga dosen.

Alat bantu bagi penyandang tunarungu yang berhasil diciptakan ketiga mahasiswa ITB itu juga mendapat respon baik di Melbourne, Australia.

"Kedepannya timnya akan berupaya menyempurnakan karyan ini sehingga nanti sudah benar-benar siap dipakai oleh tunarungu," jelas Ronny. 

Selain itu kerja sama lebih lanjut dengan Pemerintah Kota Bandung dan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia juga akan dilakukan sehubungan dengan implementasi karya mereka.
 
Bagikan :

Reporter : Aditya Fajar Indrawan
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
megapolitan
25 Juni 2019 21:57 WIB

Mungkin ini Penyebab LRT Velodrome-Kelapa Gading Belum Beroperasi

Ada bau yang tak sedap sepertinya...
 
Nasional
25 Juni 2019 19:15 WIB

TKN Gelar Nobar Putusan Sidang Gugatan Prabowo

Daripada turun ke jalanan dan demo mending nonton di TV
Nasional
25 Juni 2019 18:48 WIB

Bakal Ada Demo di MK, Wiranto: Apa yang Diperjuangkan?

Apa yang kalian cari, wahai ferguso?
Nasional
25 Juni 2019 18:10 WIB

Ahok yang Terseret Kala Denny Indrayana Sindir Eddy Hiariej

Semua karena Ahok....
Nasional
25 Juni 2019 18:05 WIB

VIDEO: Palsukan Ijazah, Pelawak Qomar Ditahan

Qomar telah ditahan sejak Senin malam