Kamis, 20 Juni 2019
Ilustrasi (Pixabay)
15 April 2019 18:48 WIB

Kali Ketiga Facebook, WA, dan Instagram Down di 2019

Katanya sih bakal ada penggabungan sistem begitu~
Bagikan :


Jakarta, era.id - Aplikasi WhatsApp, Facebook dan Instagram tumbang secara bersamaan pada Minggu (14/4) malam. Ini kali ketiga perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu tumbang di tahun 2019.

Gangguan pertama terjadi di bulan Januari lalu. Kala itu, layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram tak bisa digunakan di sejumlah wilayah di dunia. 

Kejadian yang sama kembali terjadi pada Maret lalu. Bukan hanya tidak bisa diakses ketiga layanan sosial media itu down secara bersamaan. Gangguan itu bahkan berlangsung hingga enam jam lamanya. 

Bahkan downnya layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram disangka terjadi akibat serangan hacker. Sayangnya pihak Facebook juga tidak memaparkan penyebab masalah tersebut. Mereka hanya menyampaikan permohonan maaf pada saat itu.
 

Dikutip dari Bloomberg, downnya ketiga layanan sosial media Facebook dikarenakan adanya gangguan akibat kesalahan "konfigurasi sistem server".


Baca Juga : Typo Trump Sebut Pangeran Charles jadi 'Prince of Whales'

"(Pada Minggu)beberapa pengguna layanan mungkin mengalami masalah pada sambungan koneksi pada aplikasi kami. Masalah ini telah diselesaikan, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ujar juru bicara Facebook, Senin (15/4/2019).

Menurut halaman Downdetector dampak dari downnya layanan Facebook, WhatsApp dan Instagram dirasakan hampir di seluruh dunia. Namun dampak paling terasa dialami pengguna di wilayah Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Tidak diketahui apa yang menjadi pemicu Facebook melakukan konfigurasi server dan membuat ketiga layanan media sosial mereka sempat terganggu secara bersamaan. Hanya saja, memang Facebook selama ini memakai satu server untuk ketiga layanan media sosialnya. 

Spekulasi yang muncul dari gangguan konfigurasi server itu dikarenakan rencana Facebook untuk menyatukan ekosistem dari layanan media sosial mereka. Proyek penggabungan dibuat agar ke depannya ketiga layanan tersebut bisa saling terhubung dan bisa berkirim pesan satu sama lain. 
 
Bagikan :

Reporter : Aditya Fajar Indrawan
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
20 Juni 2019 20:15 WIB

Bambang Widjojanto dan Denny Indrayana, Kok Absen di Sidang?

Mungkin mereka lelah, ngantuk atau....
megapolitan
20 Juni 2019 19:23 WIB

Jelang HUT DKI Jakarta, Sejumlah Lalin Bakal Dialihkan

Jangan sampai salah jalan ya sobatque~
Nasional
20 Juni 2019 17:28 WIB

Ribut-Ribut soal Temuan Amplop Saksi Paslon 02

"Tanya saksi Anda saja, bos," jawab Komisioner KPU
Nasional
20 Juni 2019 16:49 WIB

Ternyata, Situng KPU Masih Punya Kelemahan

Kelemahannya adalah belum ada pemisahan data yang valid dan invalid
Nasional
20 Juni 2019 16:14 WIB

Kubu Jokowi Tak Akan Bawa Banyak Saksi ke MK

"Untuk apa kami menghadirkan saksi lagi," ucap Yusril