Kamis, 18 April 2019
Ilustrasi (Pixabay)
15 April 2019 18:48 WIB

Kali Ketiga Facebook, WA, dan Instagram Down di 2019

Katanya sih bakal ada penggabungan sistem begitu~
Bagikan :


Jakarta, era.id - Aplikasi WhatsApp, Facebook dan Instagram tumbang secara bersamaan pada Minggu (14/4) malam. Ini kali ketiga perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu tumbang di tahun 2019.

Gangguan pertama terjadi di bulan Januari lalu. Kala itu, layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram tak bisa digunakan di sejumlah wilayah di dunia. 

Kejadian yang sama kembali terjadi pada Maret lalu. Bukan hanya tidak bisa diakses ketiga layanan sosial media itu down secara bersamaan. Gangguan itu bahkan berlangsung hingga enam jam lamanya. 

Bahkan downnya layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram disangka terjadi akibat serangan hacker. Sayangnya pihak Facebook juga tidak memaparkan penyebab masalah tersebut. Mereka hanya menyampaikan permohonan maaf pada saat itu.
 

Dikutip dari Bloomberg, downnya ketiga layanan sosial media Facebook dikarenakan adanya gangguan akibat kesalahan "konfigurasi sistem server".


Baca Juga : Google Doodle Ikut Meriahkan Pemilu 2019

"(Pada Minggu)beberapa pengguna layanan mungkin mengalami masalah pada sambungan koneksi pada aplikasi kami. Masalah ini telah diselesaikan, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ujar juru bicara Facebook, Senin (15/4/2019).

Menurut halaman Downdetector dampak dari downnya layanan Facebook, WhatsApp dan Instagram dirasakan hampir di seluruh dunia. Namun dampak paling terasa dialami pengguna di wilayah Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Tidak diketahui apa yang menjadi pemicu Facebook melakukan konfigurasi server dan membuat ketiga layanan media sosial mereka sempat terganggu secara bersamaan. Hanya saja, memang Facebook selama ini memakai satu server untuk ketiga layanan media sosialnya. 

Spekulasi yang muncul dari gangguan konfigurasi server itu dikarenakan rencana Facebook untuk menyatukan ekosistem dari layanan media sosial mereka. Proyek penggabungan dibuat agar ke depannya ketiga layanan tersebut bisa saling terhubung dan bisa berkirim pesan satu sama lain. 
 
Bagikan :

Reporter : Aditya Fajar Indrawan
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Peristiwa
18 April 2019 19:19 WIB

Prabowo Bantah Bertemu Utusan Jokowi

Utusan presiden QC bertemu presiden RC BPN, bingung kan shay~
Nasional
18 April 2019 19:07 WIB

BPN Desak KPU Cabut Izin Quick Count Lembaga Survei

BPN sebut sejumlah kejanggalan dalam quick count
Peristiwa
18 April 2019 19:01 WIB

Prabowo Klaim Kemenangannya Ditemani Sandiaga

Dua capres ngaku menang, biar adil bikin dua shift aja kali yak~
Peristiwa
18 April 2019 18:09 WIB

Alasan Jokowi Kembali Kumpulkan Koalisinya di Plataran Resto

Karena Platara Resto adalah koentji~
Analisa
18 April 2019 18:03 WIB

Psikolog: Caleg Stres karena Terlalu Ngarep Menang

Sabar ya leg, emang nasibnya begitu~