Selasa, 10 Desember 2019
Airbus A350 (airbus)
02 Desember 2019 18:57 WIB

Subsidi Ilegal Uni Eropa untuk Pabrik Pesawat

Uni Eropa subsidi pembuatan pesawat Airbus
Bagikan :


Jakarta, era.id - Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menemukan bukti adanya subsidi ilegal dari Uni Eropa kepada Airbus. Subsidi ilegal itu telah merugikan Boeing yang menjadi kompetitor Airbus sebesar US$ 7,5 miliar atau setara dengan Rp 106,2 triliun setiap tahun.

Laporan WTO terbaru, seperti dilansir Reuters Senin (2/12/201) menemukan bahwa produksi pesawat jet Airbus A350 terus disubsidi oleh Uni Eropa. WTO memberikan lampu hijau kepada Aerika untuk memberlakukan tarif terhadap produk dari Uni Eropa sebagai balasan atas subsidi ilegal Uni Eropa tersebut.

Situasi ini membuat perang Dagang antara Amerika Serikat dengan Uni Eropa memanas. Seperti diketahui, Airbus adalah konsorsium gabungan pabrik pesawat buatan Perancis, Inggris, Jerman, dan Spanyol. Sedangkan Boeing adalah merek pesawat asal Amerika.

"Akhirnya, setelah 15 tahun, WTO telah membenarkan bahwa AS berhak untuk melakukan tindakan balasan untuk merespons subsidi ilegal Uni Eropa," kata perwakilan kementerian perdagangan Amerika, Robert Lighthizer, dalam pernyataannya.


Baca Juga : Pemprov Aceh Beli 4 Pesawat Nurtanio

Pemerintah Amerika berencana memberlakukan tarif 10 persen pada pesawat buatan Airbus, 25 persen bea masuk anggur buatan Prancis, wiski Irlandia, dan keju dari seluruh negara anggota Uni Eropa.

Juru bicara Airbus, Clay McConnell mengatakan produsen pesawat yang bermarkas di Perancis itu sedang mengevaluasi daftar tarif Amerika tersebut. Untuk mencegah dampak negatif dari sengketa subsidi ilegal terhadap produsen pesawat,  menurut  McConnell, AS dan Uni Eropa perlu membuat resolusi terhadap sengketa panjang melalui negosiasi.
 
Bagikan :
Topik :

Reporter : ERA.ID
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Internasional
10 Desember 2019 08:18 WIB

Arab Saudi yang Makin Longgar Soal Pemisahan Gender

Pintu masuk cafe dan restoran tak lagi dipisah
Nusantara
10 Desember 2019 07:07 WIB

Pemprov Aceh Beli 4 Pesawat Nurtanio

Untuk pesawat perintis, evakuasi medis dan kargo
megapolitan
10 Desember 2019 05:50 WIB

Nasib PKL di Jakarta: di Sana Boleh Jualan, di Sini Digusur

Akhirnya para pedagang, bingung
 
Nasional
09 Desember 2019 21:00 WIB

Polri Sebut Punya Bukti Baru Soal Kasus Novel Baswedan

"Tidak akan berapa lama lagi, Insyaallah tidak akan sampai berbulan-bulan"
Nasional
09 Desember 2019 20:11 WIB

What's On Today, 9 Desember 2019

Inilah cara asyik menikmati berita.