Rabu, 08 April 2020
Poster pengajian Ustaz Bangun Samudra yang viral. (Foto: Istimewa)
19 Februari 2020 15:15 WIB

Soal Ustaz Bangun Samudra: Jangan Mau Dibohongi Pakai 'Lulusan S3 Vatikan'

Warganet menyebut apa yang dilakukan Ustaz Bangun adalah penipuan
Bagikan :


Jakarta, era.id - Nama Ustaz Bangun Samudra mendadak jadi perbincangan di Twitter siang ini, Rabu (19/2/2020). Yang bikin isu seputar ustaz mualaf ini semakin menarik hingga menjadi trending topic, lantaran dirinya mengklaim sebagai lulusan S3 Vatikan.

Informasi itu bermula dari unggahan salah satu warganet yang memperlihatkan sebuah spanduk undangan pengajian, di mana pengisi kajiannya adalah Ustaz Bangun Samudera. Pengajian yang sedianya akan dilaksanakan pada Jumat (14/2) itu mencantumkan background pendidikan Ustaz Bangun sebagai lulusan S3 Vatikan.

Namun, bukannya mendapat apresiasi atas gelar akademiknya itu, warganet malah meragukan informasi tersebut. Akun Twitter @RomoJostKokoh menyebut bahwa Ustad Bangun Samudera sebelumnya pernah bersekolah di SMA Katolik Seminari Garum, Blitar, Jawa Timur. Namun, tidak sampai tamat. 

"Knp umat beragama disini mudah sekali dibohongi? Contoh jelas: Dia pernah di Seminari Garum-Blitar (SMA) & hanya 1 tahun artinya tdk lulus! Setelah mualaf, tahu2 muncul sbg ustad & mengaku mantan pastor (pastor genius lulusan S3 Vatikan) Anehnya ribuan org lgsg percaya bgitu saja" tulis Romo Jost Kokoh.
 

Selain itu, ada juga warganet yang mengaku mengenali Bangun Samudra sebagai adik kelasnya di SMA Katolik Seminari Garum. Senada dengan Romo Jost Kokoh, warganet bernama Agustinus Marsup itu bilang bahwa pria kelahiran Surabaya, 18 Desember 1965 tersebut hanya bertahan di sekolah itu satu tahun. Tidak sampai lulus.



Bola liar soal informasi akademik pria yang punya nama lengkap Charis Bangun Samudra pun kian benderang. Warganet lain menyebut, sebelum adanya gelar S3 Vatikan, Ustaz Bangun Samudra pernah memakai gelar S2 Vatikan, seperti tertera di poster sebuah acara pengajian yang digelar Sabtu, 3 Februari 2018 di Masjid Al-Millah, Pondok Jati, Sidoarjo.

Lain lagi dengan akun Twitter @FriendlyFrost yang mengaku bingung saat Vatikan dicap sebagai institusi pendidikan. Setelah dicari tahu, ternyata di Vatikan tak ada universitas. Adapun Universitas di Roma bernama Gregoriana di bidang Teologi Katolik.

Sekadar informasi, Vatikan merupakan sebuah kota yang berada di Roma, Italia, dengan jumlah penduduk sekitar 1.000 orang saja. Selain itu, Vatikan tak terdaftar sebagai Lembaga Pendidikan. Dilansir dari News.com, kota Vatikan dikenal sebagai tempat kediaman Paus dan menjadi tempat kedudukan pusat Gereja Katolik Roma. Sejak 1984 kota ini menjadi situs warisan dunia versi Unesco. 
 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Adelia Hutasoit
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
07 April 2020 21:10 WIB

What's On Today, 7 April 2020

Podcast berita Indonesia terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Lifestyle
07 April 2020 21:01 WIB

Kiat Sukses Sinetron Ramadan Tahun 90an

Jadi pengen kembali ke masa-masa itu, saat korona belum menyerang
megapolitan
07 April 2020 20:35 WIB

Manfaat dari Penerapan PSBB di Jakarta

Kurangnya kerumunan orang
megapolitan
07 April 2020 20:01 WIB

Siap-Siap, Polisi 'Razia' Suhu Tubuh di Jalanan

Pakai drone mendeteksi suhu tubuh
Kuliner
07 April 2020 19:09 WIB

Khasiat Sayur Lodeh yang Ternyata Bisa Obati Kanker

Beruntunglah kalian pecinta sayur lodeh~