Rabu, 20 Maret 2019
Penutupan Rakornas PDIP 2019. (Foto: Dokumentasi PDIP)
11 Januari 2019 13:48 WIB

Tutup Rakornas PDIP, Megawati Singgung Kesiapan Hadapi Bencana

"Wilayah kita memasuki Ring of Fire," katanya 
Bagikan :


Jakarta, era.id - Sebelum menutup acara Rapat Koordinasi Nasional sekaligus peringatan HUT ke-46 PDI Perjuangan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung soal kesiapan hadapi bencana. 

Dia mengawali cerita dengan mengapresiasi kegiatan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP saat melakukan misi ke Palu pasca gempa dan tsunami beberapa waktu lalu. 

"Ketika di Palu saya terus menerus memimpin langsung untuk banyak hal yang dilakukan di sana. Sehingga saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh Baguna yang selalu bekerja keras di tempat-tempat bencana," kata Mega di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

Kemudian, Presiden Kelima RI itu meminta pemerintah melalui Menko PMK untuk mempersiapkan banyak hal termasuk masalah pengelolaan bencana. Apalagi, Indonesia masuk dalam kawasan Ring Of Fire (cincin api) yang rawan bencana.


Baca Juga : Kata Jokowi ke Kader PDIP: Eling Lan Waspada

"Kita ini adalah wilayah yang mau tidak mau suka tidak suka disebut Ring of Fire atau berada di dalam cincin api yang semuanya mesti bergerak untuk segera melakukan sebuah pencegahan," ungkap Mega.

Lalu, Megawati juga menitipkan pesan kepada kepala daerah yang merupakan kader PDIP untuk memperkuat kerja sama dengan lembaga yang menangani kebencanaan. Tujuannya agar mitigasi kebencanaan bisa dilakukan dengan baik.

"Kepada gubernur-gubernur yang hadir atau yang belum hadir, saya sudah menitipkan harus lakukan kerja sama dengan biologi atau BMKG untuk mengetahui wilayah-wilayah yang memang telah dicirikan mungkin mengalami sebuah gerakan," kata dia.

Putri Proklamator Soekarno ini juga sempat meminta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hadir dalam acara ini untuk memperhatikan wilayahnya yang masuk kategori rawan bencana. 

"Seperti Pak Ganjar, itu ada sesar Semarang ada kendeng dan sebagainya. Monggo nanti diamati dengan baik dilihat titik-titik merahnya yang berbahaya dan harus bagaimana upaya untuk mengurangi korban yang ada," kata dia.
Bagikan :

Reporter : Wardhany Tsa Tsia
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
20 Maret 2019 16:27 WIB

Konser Eks Vokalis Pantera di Selandia Baru Dibatalkan

Ini terkait salam Nazi dan supremasi kulit putih sang vokalis
Suara-Milenials
20 Maret 2019 16:17 WIB

Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019 Dipastikan Aman

Selain ada ratusan ribu personel yang bersiaga, masyarakat juga diminta membantunya
Nusantara
20 Maret 2019 16:05 WIB

Siklon Tropis Veronika Berdampak pada Yogyakarta

Warga Yogyakarta, bersiap!
Internasional
20 Maret 2019 15:36 WIB

Konvoi Truk Pengangkut Uranium Diserang di Brazil

Macam di film-film
Lifestyle
20 Maret 2019 15:18 WIB

Greta Van Fleet dan Robert Plant Sepanggung di Woodstock 50

Ketika 'ori' dan 'KW' tampil bareng