Rabu, 13 November 2019
Ketua tim kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra (Anto/era.id)
18 Juni 2019 19:58 WIB

Tim Hukum 01: Su'udzon Kubu Prabowo soal Perlindungan Saksi Tak Lazim

Su'udzon-nya karena takut para saksi kubu Prabowo diancam
Bagikan :


Jakarta, era.id - Ketua tim hukum paslon 01 Jokowi-Ma'ruf, Yusril Izra Mahendra mengaku heran dengan sikap kubu 02 Prabowo-Sandi yang begitu khawatir saksinya akan diancam jika memberikan keterangan pada sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstutusi (MK) besok. 

Kata Yusril, yang dilakukan oleh kuasa hukum paslon 02 dengan meminta perlindungan kepada LPSK, lalu melempar kepada MK untuk melindungi saksinya, adalah suatu hal yang tidak lazim dalam praktik persidangan.

"Saksi-saksi itu sendiri saja belum ada namanya. Saksi itu kan harus diserahakan namanya besok pagi ke MK ini, tapi kok sudah takut diancam. Siapa yang mau jadi saksi itu kan enggak ada yang tahu," kata yusril di gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019).

Sepengalaman Yusril menjadi kuasa hukum di MK, ia tidak pernah mengalami kesulitan apapun untuk menghadirkan saksi, baik dalam pilkada maupun dalam persidangan lainnya. 


Baca Juga : KPU Pertimbangkan Hadirkan Saksi Hadapi Gugatan Pileg

Yusril menganggap ketakutan saksi 02 yang diungkapkan Bambang Widjojanto sudah terlalu jauh dan didramatisasi. Kalau soal ancaman, siapapun mah bisa diancam, bahkan Yusril sendiri. 

"Ini kan sidang terbuka. Kalau yang ngancam aparat, sebutkan nama aparatnya siapa yang mengancam, terbuka gitu. Bagus jugalah kalau ada sidang besok, jadi akan lebih menarik. Apakah betul ada yang mengancam atau hanya sekadar omongan Pak Bambang Widjojanto saja," ucap dia. 

Sebelumnya dalam sidang, BW mengungkapkan kekhawatirannya soal jaminan perlindungan saksi yang ia ajukan. Kemudian, hakim konstitusi Saldi Isra meminta tim hukum Prabowo-Sandi tidak perlu merasa khawatir dalam menghadirkan saksi ke MK, karena saksi di ruang sidang dijamin MK.

Saldi juga menyatakan, sidang di MK juga mendapat perhatian dari aparat keamanan. Kekhawatiran dari Bambang soal keselamatan saksi bakal diperhatikan aparat yang mengamankan jalannya sidang.

"Tidak perlu didramatisir soal ini (perlindungan saksi). Pokoknya yang disidang besok saksinya dihadirkan, keamanan dan keselamatan dijamin mahkamah," ucap Saldi Isra.
Bagikan :

Reporter : Diah Ayu Wardani
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
13 November 2019 19:25 WIB

Jurus Baru Jokowi Sederhanakan Regulasi

Bikin badan baru lagi
Nasional
13 November 2019 18:57 WIB

Pelajaran Penting: Jangan Belajar Agama di Medsos

Kalau cara belajarnya salah, ke sananya juga salah mblo~
Nusantara
13 November 2019 18:43 WIB

Pengemudi Ojol Tak Terpengaruh Aksi Bom Medan

Pengemudi ojol bukan teroris!
megapolitan
13 November 2019 18:11 WIB

Duh, Skuter Listrik Bikin Rusak JPO Kekinian

Lantainya kan dari panel kayu, kena roda rusak dong..
Nasional
13 November 2019 17:48 WIB

Buntut Bom Medan, Rekrutmen Ojol Bakal Diperketat

Kemenhub minta ojek online review proses rekrutmen mitra pengemudi