Kamis, 24 Januari 2019
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: kemenkeu.go.id)
03 Januari 2019 16:18 WIB

Sri Mulyani Dinobatkan Jadi Menkeu Terbaik Versi The Banker

Sri Mulyani bisa menjaga ketahanan ekonomi di tengah berbagai bencana dan tragedi di 2018
Bagikan :


Jakarta, era.id The Banker telah memilih Menteri Keuangan RI (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebagai Finance Minister of The Year 2019 pada Rabu, (2/1/2019).

The Banker merupakan majalah keuangan internasional yang dimiliki Financial Times (The Nikkei), berbasis di London. Majalah ini juga merupakan sumber utama data dan analisis dalam industri keuangan dan perbankan. 

Dilansir dari situs kemenkeu.go.id, Kamis (3/1/2019), beberapa hal yang menjadi pertimbangan The Banker yaitu pertama, perekonomian Indonesia masih terjaga ketahanannya di tengah berbagai bencana dan tragedi sepanjang tahun 2018. Defisit Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2018 diperkirakan sekitar 1,86 persen, lebih rendah dari yang diperkirakan dalam APBN 2018 sebesar 2,19 persen.
 
Kedua, strategi pembiayaan risiko dan penjaminan atau asuransi untuk mempercepat proses bantuan dan pemulihan pascabencana alam yang diusulkannya di bulan Oktober 2018 sebagai modernisasi respon negara terhadap bencana alam.
 
Ketiga, membuat serangkaian perubahan pada sistem perpajakan untuk meningkatkan pendapatan negara, seperti penyederhanaan proses pembayaran pajak dan penambahan lokasi tempat pembayaran pajak. Hal ini dilakukan mengingat Global Competitiveness Report 2017 menempatkan Indonesia pada peringkat ke 41 dari 138 negara, turun empat peringkat dari tahun sebelumnya.
 
Keempat, memotong tarif Pajak Penghasilan (PPh) untuk perusahaan kecil dan menengah sementara pajak e-commerce dikenakan pada perusahaan e-commerce yang beroperasi dari luar negeri.
 
Terakhir, pengurangan pajak pada layanan ekspor milik Indonesia dengan menjadikan tarif Pajak Pertambahan Nilai sebesar (PPN) 0% (nol persen) untuk menstimulasi sektor tersebut.

Pada tahun lalu, Sri Mulyani mendapatkan sejumlah penghargaan internasional. Dia dinobatkan sebagai Menkeu terbaik Asia Pasifik tahun 2018 versi majalah keuangan FinanceAsia. Penghargaan yang sama pernah diterimanya tahun sebelumnya.

Dikutip dari Antara, Rabu 16 April 2018, FinanceAsia menilai Sri Mulyani berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. Sri dianggap cekatan memanfaatkan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan Indonesia pada 2017 sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat.


Baca Juga : Pertama Kalinya, Penerimaan Negara Lampaui Target APBN

FinanceAsia juga menilai Sri Mulyani berhasil menjaga stabilitas belanja negara yang terlihat terlihat dari defisit anggaran yang lebih rendah (2,5 persen) dibanding proyeksi semula (2,9 persen).

Dia juga dinilai berhasil menjaga stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah. Pada 2017 pula, Produk Domestik Bruto Indonesia mencapai angka 1 triliun dolar AS untuk pertama kalinya, dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil di atas lima persen.    

Atas penghargaan ini, Sri mengungkapkan, penghargaan tersebut tidak lepas dari kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang selalu mendorong seluruh menteri untuk bekerja keras memperbaiki kehidupan rakyat.

Hal ini juga merupakan pengakuan dan apresiasi atas kerja keras Pemerintah di bidang ekonomi, yang didukung oleh kerja sama antara Kementerian Keuangan dan seluruh pemangku kepentingan.

"Keuangan negara adalah alat untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia untuk mewujudkan masyarakat adil makmur dan negara yang beradab dan bermartabat," ucap Sri Mulyani. 

Sebelum ini, Sri juga pernah dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award). Penghargaan ini  diserahkan pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum pada Februari 2018.

Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya. Penghargaan tersebut mulai ada sejak tahun 2016. Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan World Government Summit.


(Infografis Sri Mulyani mendapatkan penghargaan Menteri Terbaik Dunia/era.id)

World Government Summit merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Dubai, UAE, dan melibatkan segenap pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia. Di dalamnya membicarakan soal pemerintahan dan kebijakan publik serta kaitannya dengan teknologi, inovasi, dan topik lain. World Government Summit dihadiri lebih dari 4 ribu peserta dan 90 pembicara dari 150 negara dan lembaga internasional
Bagikan :
Topik :

Reporter : Bagus Santosa
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
24 Januari 2019 08:41 WIB

Mencari Tahu Makanan Kesukaan Ahok

Pisang, ayam ketumbar, dan mie goreng seafood Bangka adalah makanan favorit…
Nasional
24 Januari 2019 07:20 WIB

Hottest Issue Kamis Pagi, 24 Januari 2019

Kabar pagi untuk pengantar minum kopi kalian
Nasional
24 Januari 2019 06:34 WIB

Ahok dan Segudang Pernyataan Kontroversialnya

 "Kamu mau cepat benerin Jakarta. Bakar setengahnya Jakarta!" kata Ahok
Nasional
23 Januari 2019 22:24 WIB

Ahok Jadi Amunisi Baru Dukungan Jokowi-Ma'ruf

Ahok memberikan pengaruh yang kuat