Kamis, 21 November 2019
Ilustrasi (Pixabay)
22 Mei 2019 14:56 WIB

Atensi Trump untuk Pemilu Indonesia

Demokrasi di Indonesia, kata om Trump, mesti dicontoh negara lain
Bagikan :


Jakarta, era.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memberi ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia karena sukses melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Trump juga memuji Indonesia sebagai contoh negara demokrasi.

Dilansir Antara, Ucapan selamat itu disampaikan dalam surat yang dikirimkan Trump melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC, dan diplublikasikan kepada media di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Dalam suratnya, Presiden Trump bilang Indonesia sudah melalui proses transformasi demokrasi yang luar biasa. Indonesia patut dijadikan contoh bagi bangsa-bangsa lainnya. Presiden ke-45 AS tersebut menegaskan kembali komitmennya untuk terus memperkuat hubungan bilateral Indonesia-AS.

"Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bebas, adil dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan," kata Presiden Trump mengawali suratnya.


Baca Juga : KPU Pertimbangkan Hadirkan Saksi Hadapi Gugatan Pileg

Trump menilai perkembangan demokrasi di Indonesia dalam kurun waktu 20 tahun terakhir sangat luar biasa.

"Saya mengetahui bahwa tingkat partisipasi pemilih tahun ini yang mencapai 80 persen merupakan yang paling tinggi. Indonesia patut menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lainnya di dunia," ujar dia.

Dalam surat tertanggal 21 Mei 2019 tersebut, Presiden Trump juga menyampaikan rasa bangga atas Kemitraan Strategis yang telah terjalin antara kedua negara, yang merupakan negara demokrasi terdepan di dunia.

"Indonesia dan AS memiliki kesamaan pandangan terhadap isu kawasan dan pentingnya penegakan hukum serta pelindungan kebebasan hak-hak fundamental," kata Presiden Trump.

Untuk itu, Presiden Trump juga menyambut baik kepemimpinan Indonesia di ASEAN, Dewan Keamanan PBB serta organisasi-organisasi lainnya.

Menutup suratnya, Presiden Trump menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat kerja sama kedua negara, "Saya berkomitmen meningkatkan hubungan kerjasama kita untuk meraih potensi yang sangat besar dalam hubungan dua negara demokrasi."



Selain Trump, pemimpin lainnya juga telah menyelamati kemenangan Calon Presiden terpilih Jokowi secara langsung maupun surat, antara lain Perdana Menteri Australia Scott Morrison lewat akun resmi Twitter-nya @ScottMorrisonMP, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien-loong dan Presiden Singapura Halimah Yacob yang diunggah pada laman resmi pemerintah Singapura.

Kemudian, Presiden China Xi Jin Ping melalui surat resmi yang dirilis Kementerian Luar Negeri China, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melalui surat resmi kepada Jokowi yang diunggah di akun resmi Facebook Kedutaan Besar Jepang, Presiden Rusia Vladimir Putin melalui surat resmi kepada Jokowi yang disampaikan melalui Kedutaan Besar Rusia di Jakarta.
Bagikan :

Reporter : Bagus Santosa
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
20 November 2019 22:45 WIB

What's On Today, 20 November 2019

Nikmatilah sensasi baru menikmati berita
Nasional
20 November 2019 20:03 WIB

Eks Napi Korupsi Masih Dilarang Ikut Pilkada 2020, KPU?

Larangan eks napi Korupsi ikut Pilkada dianggap kuno oleh Mendagri
megapolitan
20 November 2019 19:35 WIB

Kartu Pedagang, Solusi Tekan Harga Beras ala Pemprov DKI

Naik Transjakarta dan MRT gratis, pedagang jangan naikkin harga lagi ya..
Nasional
20 November 2019 19:07 WIB

Jadi Ketua KPK, Irjen Firli Tetap Pakai 'Seragam' Polisi

Tak harus resign, cuma lepaskan jabatan
Nusantara
20 November 2019 18:53 WIB

Warga Ternate Tinggalkan Tenda Pengungsian Pascagempa M 7,1

39 rumah mengalami rusak ringan