Kamis, 09 Juli 2020
Ilustrasi (Pixabay)
24 Oktober 2018 21:51 WIB

Tujuh Kegiatan yang Dilarang Sebelum Tidur

Jauhkan gadget serta alkohol, dan selamat tidur~~
Bagikan :


Jakarta, era.id - Selamat malam, dan selamat beristirahat. Kali ini kami ingin memaparkan sejumlah hal yang harusnya tidak kamu lakukan sebelum tidur. Karena sesungguhnya, tidur adalah salah satu hak asasi manusia yang tidak bisa diganggu gugat.

Nah, dilansir dari Business Insider Singapore, kalau kamu mau tidur, ada baiknya melakukan tujuh hal ini. Biar apa? Biar tidur kamu optimal dan segar saat bangun di esok hari.

1. Jangan gunakan gadget

Banyak penelitian yang menunjukkan, menatap cahaya biru dan putih pada layar digital gawai kamu, itu bisa mencegah otak melepaskan hormon melatonin. Bahayanya, ini membuat kamu jadi sulit tidur. 


Baca Juga : Wajib Tahu, Daftar Makanan Supaya Istri Cepat Hamil

Pendiri Huffington Post, Arianna Huffington, bahkan memberikan tips untuk jangan menggunakan barang-barang elektronik atau membaca buku sebelum kamu tidur. 

2. Jangan minum obat tidur (kecuali kamu penderita insomnia)

Ilmuwan dari Harvard, Patrick Fuller mengatakan, orang yang mengonsumsi obat tidur, sesungguhnya tidak benar-benar membutuhkannya. Sebab, sekalipun kamu menderita insomnia, mengonsumsi obat tidur ternyata tidak membantu banyak agar kamu bisa tidur. Malah, kata dia, obat tidur bisa memberikan sejumlah efek samping, mulai dari nyeri otot hingga kehilangan ingatan. Plus, ini akan membuat kecanduan dan memberikan efek buruk pada tidur kamu.

3. Jangan minum alkohol

Banyak yang bilang, alkohol bisa membantu kamu tertidur. Tetapi ternyata, sejumlah penelitian menunjukkan, alkohol malah membuat sulit tidur karena alkohol akan membuat kamu gelisah. 

Seperti yang dituliskan oleh Insider Tech, penelitian telah menemukan bahwa minum alkohol sebelum tidur menekan gerakan mata (REM) kamu yang penting untuk memori dan konsentrasi.

4. Jangan bekerja di tempat tidur

Para ahli menyarankan kamar tidur harusnya digunakan untuk tidur atau seks. Di luar itu, apalagi digunakan untuk bekerja, adalah tindakan yang tidak baik karena akan membuat kamu sulit tidur.


Ilustrasi (Pixabay)

5. Jangan mengonsumsi kafein setelah jam 5 sore

Sebuah penelitian menemukan, mengonsumsi 400 miligram kafein--sekitar empat cangkir--enam jam sebelum tidur akan menganggu pola tidur kamu. 

Secara khusus, mereka yang mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur, akan membuat tidur mereka satu jam lebih sedikit daripada yang tidak mengonsumsi kafein.

Para peneliti menyarankan agar orang-orang membatasi konsumsi kafein sebelum jam 5 sore, agar bisa tidur lebih cepat.

6. Jangan makan makanan berlemak

Penelitian menunjukkan, makan sebelum tidur dapat merusak kualitas dan kuantitas tidur, terutama bagi wanita. Karena itu, dilarang makan satu jam sebelum tidur. Apalagi, makan makanan yang tinggi lemak karena akan mengurangi waktu tidur kamu.

Kalau kamu lapar di tengah malam, para ahli menyarankan untuk memakan kacang-kacangan yang punya protein tinggi, seperti selai kacang alami atau roti gandum. Jangan sekali-kali makan junk food dan mi instan di saat seperti ini, karena itu tidak baik untuk tubuh.

7. Jangan berolahraga

Mungkin banyak orang--khusus yang super sibuk--berolahraga sebelum tidur. Sesungguhnya, itu hal yang salah. Sebab, para ahli merekomendasikan menghindari latihan berat di malam hari. Karena itu akan membuat suhu tubuh kamu meningkat dan membuat lebih sulit untuk tidur. Sebaliknya, para ahli tadi menyarankan melakukan yoga atau peregangan sederhana, yang dapat membantu kamu rileks dan gampang tidur.
 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Bagus Santosa
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Ekonomi
09 Juli 2020 10:53 WIB

Jokowi 'Sentil' Lagi Menteri yang Kerja Biasa-Biasa Saja

Harus lebih cepat
 
Nasional
09 Juli 2020 10:30 WIB

Jokowi 'Sentil' Menteri Lagi: Tiga Bulan WFH Malah Kayak Cuti

Harus kerja keras
 
Ekonomi
09 Juli 2020 09:42 WIB

Kemenkes: Anggaran Insentif Nakes Jadi Rp1,9 Triliun

Semoga bisa jadi pelipur lara
Nasional
09 Juli 2020 09:30 WIB

Proyek 'Food Estate' Tak Bisa Asal Pilih Tempat

Lahan gambut tipis mau ditanami padi