Kamis, 24 Mei 2018
Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN di Istana Negara, Rabu (16/4) siang. (Foto: Setkab)
16 Mei 2018 17:49 WIB

Perintah Jokowi: Jaga Keamanan Selama Ramadan

Semua menteri diminta sebarkan narasi Indonesia aman ke dunia internasional
Bagikan :


Jakarta, era.id - Presiden Jokowi kembali memberi instruksi khusus kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BIN Budi Gunawan. Jokowi meminta mereka untuk memberi rasa aman, terutama selama bulan Ramadan ini.

Bukan apa-apa memang perintah itu dikeluarkan. Kurang dari sepekan, negeri ini begitu akrab dengan aksi teror. Semuanya dimulai sejak kerusuhan yang terjadi di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Dilanjut dengan serangan bom bunuh diri di 3 gereja yang ada di Surabaya.

Belum lagi penyerangan ke Mapolrestabes Surabaya. Yang paling anyar adalah serangan di Mapolda Riau. Densus 88 bergerak cepat dengan menangkap belasan terduga teroris mulai dari Minggu kemarin.

Dan Kamis (17/5) besok, umat muslim akan memulai puasa di bulan Ramadan. Jokowi tidak ingin ada lagi gangguan teror di bulan suci itu.


Baca Juga : Kak Seto Tak Mau Anak Terduga Teroris Didiskriminasi

"Saya sudah perintahkan kepada Kapolri, Panglima dan KaBIN untuk terus menjaga, mengendalikan keamanan, dan mengedepankan semangat persaudaraan dan kerukunan sosial kita karena besok kita segera menyongsong pelaksanaan ibadah puasa," kata Jokowi.



"Sehingga kita harapkan umat Islam dapat menunaikan ibadah puasanya dengan rasa aman dan penuh kedamaian," lanjut Jokowi dalam pengantarnya pada Sidang Kabinet Paripurna tentang Persiapan Peluncuran Single Submission (OSS) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/5/2018) siang.

Jokowi sadar, aksi teror berkepanjangan ini juga bisa berpengaruh pada citra Indonesia di mata dunia internasional. Makanya dia juga meminta agar semua menteri-menterinya bisa menyampaikan ke dunia internasional bahwa Indonesia aman.

"Terakhir kepada seluruh menteri dan kepala lembaga bahwa narasi ke dunia internasional sangat penting sekali, bahwa Indonesia aman dan kita semua fokus untuk bekerja," tutupnya.

Kronologi penyerangan terduga teroris di Mapolda Riau (Ira/era.id)
 
Bagikan :

Reporter : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Moksa Hutasoit
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
24 Mei 2018 11:47 WIB

Anas Anggap Sidang PK Bagian Ibadah Ramadan

Katanya, ia ikhtiar dan mencari berkah di bulan penuh berkah
Olahraga
24 Mei 2018 11:18 WIB

Klopp Puji Salah Duta Sempurna Dunia Arab

Di tengah konflik dan anti-muslim di dunia, keberadaan Salah sangat penting
Peristiwa
24 Mei 2018 10:42 WIB

Mama Emi, Perempuan Besi dari Timur

Perempuan pertama yang maju sebagai calon wakil gubernur
Nasional
24 Mei 2018 10:42 WIB

Sidang PK Anas Urbaningrum Dimulai

Inilah cara terakhir Anas mendapatkan keadilan setelah vonis 14 tahun penjara
Lifestyle
24 Mei 2018 10:00 WIB

Manfaat Puasa yang Kamu Perlu Tahu

Puasa itu menyehatkan lho!