Jumat, 03 Juli 2020
Pengkor (Sumber: bumilangit.com)
22 Juli 2019 15:34 WIB

Mengenal Pengkor yang Diperankan Bront Palarae dalam Gundala

Kemunculan Pengkor dalam trailer Gundala jadi petunjuk penting kelanjutan jagat Bumilangit
Bagikan :


Jakarta, era.id - Film Gundala makin terang. Sejak trailer resminya dirilis beberapa hari lalu, proyek garapan Joko Anwar ini mulai menunjukkan perlahan cerita dan konflik yang diangkat, termasuk kemunculan sosok villain musuh bebuyutan Sang Putra Petir, Pengkor.

Merujuk informasi yang dimuat situs bumilangit.com, Pengkor adalah sosok penjahat yang memiliki tingkat intelijensi tinggi. Bernama asli Wisnu Atmaja, Pengkor lahir dan tumbuh dengan keadaan fisik yang tak sempurna. Selain kakinya yang cacat, Pengkor juga memiliki sebuah luka bakar di wajah.

Pengkor menjalani kehidupan berat lantaran kekurangan fisiknya. Kerap dirundung dan dihina, Pengkor tumbuh sebagai manusia penuh kebencian. Hal itu juga mendorong tekad besarnya untuk menguasai dunia.

Dalam jagat Bumilangit, Pengkor dikenal sebagai otak dari berbagai tindak kejahatan. Kemampuan matematis dan sains yang dilengkapi kelihaian memanipulasi dan kekejaman natural, menjadikan Pengkor sebagai salah satu villain paling bengis di jagat Bumilangit.


Baca Juga : Gundala Bakal Ekspansi ke Bioskop Amerika Utara


Pengkor (Sumber: bumilangit.com)


Sosok Pengkor pertama kali muncul dalam komik berjudul Gundala Cuci Nama yang terbit pada tahun 1974. Dalam kisah itu, Pengkor menciptakan sosok Gundala palsu dengan tujuan menghancurkan nama baik Gundala.

Meski dikenal kuat, Pengkor nyatanya kerap bersekutu dengan villain lain di jagat Bumilangit. Menurut catatan, Pengkor pernah bersekutu dengan Wahkiatestu, sosok villain yang merupakan musuh dari villain mashyur lain dari jagat Bumilangit, Kalong.

Dalam trailer Gundala, Joko Anwar memperkenalkan Bront Palarae sebagai pemeran Pengkor dewasa. Joko Anwar juga memunculkan sosok Ario Bayu sebagai easter eggs yang nampaknya adalah pemeran dari Wahkiatestu.

Sementara itu, pertanda kemunculan Kalong dalam jagat Bumilangit dimunculkan Joko Anwar lewat gerombolan kelelawar yang terbang di atas Ario Bayu dan Aqi Singgih yang berperan sebagai Ganda Hamdan, seorang politikus, tokoh baru yang dimunculkan Joko Anwar dalam filmnya.
 


Aksi Pengkor

Lewat trailernya, Joko Anwar memberi petunjuk soal peran Pengkor dalam film ini. Petunjuk itu dimunculkan lewat kemunculan Pengkor di tengah bayang-bayang kerusuhan. Di sela adegan tersebut, Pengkor berujar: Harapan bagi rakyat adalah candu. Dan candu itu bahaya.

Adegan itu pun disambung lewat dialog konfrontasi antara Gundala dan Pengkor. “Rakyat tidak sebodoh yang Anda kira,“ terdengar suara Abimana Aryasatya pemeran Gundala/Sancaka, yang kemudian dijawab Pengkor dengan suara lirih: Rakyat harus terus bodoh kalau kalian mau dunia aman.

Terkait konflik ini, Joko Anwar memberi sedikit bocoran. Menurut dia, sosok Gundala akan berada di tengah konflik sebagai pelerai berbagai kerusuhan yang diciptakan Pengkor. “Sosok Gundala adalah sosok pemersatu, sosok yang akan dibutuhkan bangsa ini,“ tutur Joko Anwar dalam sebuah pernyataan.
Bagikan :

Reporter : Maretian , Yudhistira Dwi Putra
Editor : Yudhistira Dwi Putra
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Kuliner
03 Juli 2020 16:45 WIB

Viral! Rujak Incess, Penjualnya Cantik Mirip Syahrini 

Alhamdullilah ya sesuatu
ide
03 Juli 2020 16:45 WIB

Pelopor Gerakan Pro-Ganja Meninggal Dunia di Usia 92 Tahun

Pembenci ganja yang lantas menjadi aktivis legalisasi ganja.
Nasional
03 Juli 2020 16:38 WIB

42 Persen Pasien COVID-19 di Indonesia Sembuh

901 pasien hari ini sembuh