Minggu, 31 Mei 2020
Surya Tjandra (Dok. Setkab)
26 Oktober 2019 13:43 WIB

Kisah Isnpiratif dari Wakil Menteri Difabel

Difabel karena sakit polio waktu balita
Bagikan :


Jakarta, era.id - Surya Tjandra ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menjadi Wakil Menteri Agraria yang membantu Menteri Sofyan Djalil. Pria 48 tahun ini mnegaku diminta Jokowi untuk mengurus masalah konflik agraria.

"Kalau pesan Pak Jokowi kan saya diminta untuk membantu menyiapkan ya tahap-tahap proses untuk cari solusi konflik-konflik agraria yang masih kita alami dan kemudian mungkin mulai dengan pemetaan-pemetaan dulu," kata politisi PSI ini.

Baca Juga: Gaji Menteri, Wamen, dan DPR, Mana Lebih Besar ?

Ia pernah menjadi salah satu caleg dari PSI Dapil Jawa Timur 5 dan penyandang difabel dengan disabilitas daksa polio di kaki kirinya sejak berusia balita. Meski demikian, ia adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI). dari situlah dia mulai menggeluti dunia hukum.


Baca Juga : Isu Reshuffle di Tengah Kerja Kencang Kabinet

Lebih jauh dari itu, Surya mendapat beasiswa untuk meneruskan pendidikannya di bidang hukum untuk program S2 di Universitas Warwick, Inggris. PSI juga menjamin Surya bisa bekerja keras di Kabinet Indonesia Maju. Surya juga pernah mendaftar sebagai calon komisioner KPK pada 2015 silam.

"Bro Surya adalah salah seorang kader terbaik PSI. Sosok yang cerdas dan berintegritas. Kami yakin dia akan mampu berkontribusi besar di posisi wakil menteri," kata Ketum PSI Grace Natalie dalam keterangannya, Sabtu (26/10/2019).

Surya berlatar belakang pengacara dan aktif di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta. Ia kini menyandang gelar Doktor Universitas Leiden, Belanda. "Surya punya sensitivitas yang tinggi dengan isu kemiskinan dan ketidakadilan. Kepeduliannya pada rakyat tak perlu diragukan lagi," tambah Grace.

 
Bagikan :

Reporter : ERA.ID
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU