Kamis, 24 Januari 2019
Ilustrasi Foto (Sumber: Instagram/@baznasindonesia)
08 November 2018 09:07 WIB

Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia

Sebuah laporan internasional tempatkan Indonesia dalam posisi tersebut. Berbanggalah kita!
Bagikan :


Jakarta, era.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyambut baik laporan World Giving Index 2018 yang diselenggarakan organisasi amal Charities Aid Foundation (CAF). Dalam laporan itu, Indonesia dinyatakan sebagai negara paling dermawan sedunia.

"Indonesia mengalahkan banyak negara besar dalam aspek kedermawanan. Indonesia ini negara yang masyarakatnya dermawan. Kedermawanan ini yang membuat Indonesia bisa bertahan dari masalah ekonomi, sosial, politik," kata Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta, di Jakarta, Rabu (7/11).

Dalam laporan CAF World Giving Index 2018, Indonesia berada di posisi pertama sebagai negara paling dermawan, disusul Australia dan Selandia Baru di posisi kedua dan ketiga, sedangkan Amerika Serikat dan Irlandia berada di peringkat keempat dan kelima.

Jumlah negara yang disurvei oleh CAF dalam pemeringkatan World Giving Index 2018 adalah 146 negara. Dan ini menjadi kali pertama Indonesia berhasil menduduki peringkat satu. Dalam peringkat CAF World Giving Index pada 2016 dan 2017, Indonesia berada di peringkat kedua setelah Myanmar.


Baca Juga : Sandi: Berzakat ke BAZIS Jangan ke 'Manusia Gerobak'

"Ini adalah pertama kalinya Indonesia berhasil menduduki peringkat satu, setelah berada di peringkat kedua pada 2017 lalu ... Tapi pada tahun ini Myanmar terlempar ke posisi sembilan," katanya.

Menurut dia, ada tiga aspek penilaian dalam laporan CAF World Giving Index 2018, yakni aspek membantu orang yang tidak dikenal, donasi uang, dan partisipasi relawan. Pencapaian Indonesia itu, kata Arifin, juga ditopang oleh banyaknya organisasi pengelola zakat di Indonesia.

Menurut dia, potensi donasi dari masyarakat muslim Indonesia sangat besar, yakni mencapai Rp217 triliun, sedangkan yang berhasil dihimpun secara formal saat ini baru berjumlah Rp7 triliun.

"Maka kami mengajak seluruh Baznas provinsi, kabupaten, lembaga amil zakat, UPZ dan para tokoh zakat untuk terus mengampanyekan dan mendorong kebaikan dari dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf," katanya.

Arifin berharap, pencapaian Indonesia dalam World Giving Index 2018 bisa menjadi momentum bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian bagi sesama.
Bagikan :

Reporter : Yudhistira Dwi Putra
Editor : Yudhistira Dwi Putra
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Olahraga
24 Januari 2019 20:37 WIB

Simon McMenemy Siap Kembalikan Taji Timnas

Semoga bukan sekadar janji
Lifestyle
24 Januari 2019 19:33 WIB

Betapa Mulianya Seorang Roger Waters

Pendiri Pink Floyd ini mempertemukan seorang ibu dengan dua anaknya yang diculik
Nasional
24 Januari 2019 19:09 WIB

Kubu Prabowo Memaknai Salam Tiga Jari Ahok

Ini pertanda tidak ingin terlibat Pilpres 2019
Nasional
24 Januari 2019 18:44 WIB

Hottest Issue Malam, Kamis 24 Januari 2019

Ada berita tentang doa Ahoker, kemunculan Bripda Putri dan OTT Bupati Mesuji 
Olahraga
24 Januari 2019 18:21 WIB

Cedera Kaki Neymar Kambuh Lagi

Tuchel pun pusing tujuh keliling