Rabu, 22 Januari 2020
Presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin. (Anto/era.id)
17 Juli 2019 10:32 WIB

Soal Susunan Menteri, Hanya Jokowi dan Tuhan yang Tahu 

Duh jadi penasaran deh
Bagikan :


Jakarta, era.id - Setelah Joko Widodo ditetapkan sebagai pemenang Pemilu Presiden 2019, muncul sejumlah draf nama-nama calon menteri. 

Salah satunya adalah susunan kabinet yang katanya berasal dari hasil rapat di Sentul International Convention Center (SICC) pada Minggu (14/7). 

Sejumlah nama baru seperti Erick Thohir, Danang Parikesit, Hasto Kristiyanto, Yusril Ihza Mahendra, Agum Gumelar, Angela Herlina Tanoesodibjo, Mahfud MD, Grace Natalie, Prananda Prabowo, Wishnutama ditulis bakal jadi menteri. 

Sementara, ada sejumlah nama lama yang jadi menteri lagi. Di antaranya, Moeldoko, Luhut Binsar Panjaitan, Basuki Hadimulyono, Susi Pudjiastuti, Retno Marsudi, Ignasius Jonan, Airlangga Hartarto, dan Sri Mulyani. 


Baca Juga : VIDEO: Sususan Kabinet Indonesia Maju

Surat yang beredar di media sosial ini dikatakan Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Kemenangan Nasional (TKN), Usman Kansong sebagi informasi tidak benar. 

Terpisah, Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding menanggapinya dengan berkelakar. "Hahaha... Ya saya kan enggak tahu, yang tahu hanya Pak Jokowi, malaikat dan Allah," ungkapnya Selasa (16/7/2019) malam.

Karding menganggap, surat tentang susunan menteri itu salah karena berjudul Koalisi Indonesia Maju. Padahal, Jokowi didukung oleh Koalisi Indonesia Kerja. 

"Koalisi Indonesia Maju itu enggak ada. Indonesia maju adalah tema besar Koalisi Indonesia Kerja (KIK)," tegas dia.

Karding mengatakan, Koalisi Indonesia Kerja hanya bertugas mengawal dan memenangkang paslon nomor urut 01 ini. Tugas ini pun sudah selesai sejak ada keputusan KPU tentang pemenang Pemilu 2019.

Kini, koalisi ini diberi kesempatan mengirimkan nama kader terbaiknya kepada Jokowi untuk dipilih jadi mneteri. Karding pun mengaku tak tahu bocoran nama-nama yang dikirimkan itu.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah partai telah melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. 

Ada beberapa partai dari koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf yaitu PKB, Partai NasDem, Partai Golkar, dan PPP. Mereka bilang, pertemuan ini hanya berupa kunjungan silaturahmi. Tapi, mereka beberapa kali blak-blakan menyebut jumlah jatah menteri yang cocok buat partai masing-masing. 
Bagikan :

Reporter : Wardhany Tsa Tsia
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Teknologi
22 Januari 2020 15:57 WIB

Jiwasraya Jadi Isu 'Panas' di Media Sosial

Menurut analisis Netray
Internasional
22 Januari 2020 15:24 WIB

Takut Virus Korona, Awak Kabin Cathay Pakai Masker Selama Penerbangan

Saham di Cathay telah turun 10 persen sejak awal Januari akibat virus telah menyebar
Nasional
22 Januari 2020 15:22 WIB

PDIP Masih Belum Tahu Keberadaan Harun Masiku

Masih lost contact
Lifestyle
22 Januari 2020 15:11 WIB

Perjalanan Mencari Jati Diri Lewat Film Start Up

Film ini menyajikan cerita pencariaan jati diri dan unsur komedi
Lifestyle
22 Januari 2020 15:10 WIB

VIDEO: Hati-Hati Jika Jantung Berdebar Disertai Cemas

Sebaiknya periksa sebelum terlambat