Minggu, 19 Januari 2020
Ilustrasi (Pixabay)
26 April 2018 07:41 WIB

Spotify Tambahkan Fitur Bagi Pengguna Tak Berbayar

Dari penjelajahan musik baru, personalisasi profil hingga penggunaan fitur hemat data..
Bagikan :


Jakarta, era.id - Kabar baik untuk kalian pencinta platform penyaji musik daring, Spotify. Kini Spotify telah mendesain ulang fitur untuk pengguna aplikasi ponsel tidak berbayar/gratis.

Fitur tersebut antara lain adalah penjelajahan musik baru, personalisasi profil hingga penggunaan fitur hemat data. Sebelumnya fitur tersebut hanya diberikan kepada pengguna yang telah berlangganan.

Langkah ini diambil Spotify untuk menarik jumlah pengguna berbayar. Soalnya, sekitar 60 persen pengguna spotify berlangganan berasal dari mereka yang mencoba terlebih dahulu akses gratis aplikasi.

"Kami melakukan hal ini karena kamu tahu, hal ini akan membantu kami untuk berkembang," ujar Kepala Penelitian dan Pengembangan Spotify, Gustav Soderstrom seperti dikutip CNNTech.


Baca Juga : Montir Tamatan Kelas 3 SD Bikin dan Terbangkan Pesawat

Baca Juga : Tambah Iklan, YouTube Bakal Makin Ngeselin

Spotify sendiri mematok biaya sekitar 9.99 dolar per bulan untuk berlangganan dengan segala fitur komplit. Sedangkan bagi para pengguna gratis, mereka hanya bisa mengakses 15 playlist pada aplikasi, seperti halnya Daily Mix dan Discover Weekly.

Daily Mix adalah sebuah playlist yang menyediakan lagu-lagu yang sesuai dengan seleran anda. Sedangkan playlist Discover Weekly memberikan bantuan kepada pengguna untuk mencari musik baru sesuai dengan seleranya.

Sedangkan fitur hemat data berpengaruh hampir 75 persen terhadap kuota data yang biasanya digunakan untuk mengakses musik di Spotify. Mode premium menyajikan fitur offline yang membuat pengguna bisa mendownload musik yang ada tanpa mendengarkan secara online.

Baca Juga : Artificial Intelligence jadi Tren Teknologi 2018

Spotify sendiri mencatat sekitar 90 juta pengguna adalah pengguna gratis dan 71 juta pengguna berbayar. Perusahaan telah menargetkan agar tercapai 200 juta penggguna bulanan berbayar pada akhir tahun ini.

Spotify juga telah menjadi salah satu aplikasi musik berbayar yang eksis di Indonesia. Spotify menggratiskan pengguna untuk 30 hari pertama. Selanjutnya pengguna diwajibkan membayar Rp49.990 di bulan pertama dan Rp54.990 di bulan selanjutnya untuk mendapatkan fitur premium.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Iqbal Yunazwardi
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
19 Januari 2020 16:36 WIB

Definisi Cantik Menurut Agnes Mo

Karena cantik adalah relatif, tergantung jenis kamera~
Wisata
19 Januari 2020 16:17 WIB

Berburu Croissant Paling Enak di Kota Kembang

"Enak, enak, enak," kata Upin Ipin
Lifestyle
19 Januari 2020 16:05 WIB

VIDEO: Movie Update Of The Week

Ada film Brahms: The Boy II dan Fantasy Island
Review
19 Januari 2020 15:15 WIB

Bocoran Galaxy S20 yang Bakal Dirilis Bulan Depan

Kamera sampai 108 MP Bosque~
Lifestyle
19 Januari 2020 12:01 WIB

Game Cyberpunk 2077 Batal Dirilis Bulan April

"Cyberpunk 2077 tidak diluncurkan April, kami ubah jadwal ke 17 September 2020"