Sabtu, 24 Agustus 2019
Ilustrasi (Pixabay)
26 April 2018 07:41 WIB

Spotify Tambahkan Fitur Bagi Pengguna Tak Berbayar

Dari penjelajahan musik baru, personalisasi profil hingga penggunaan fitur hemat data..
Bagikan :


Jakarta, era.id - Kabar baik untuk kalian pencinta platform penyaji musik daring, Spotify. Kini Spotify telah mendesain ulang fitur untuk pengguna aplikasi ponsel tidak berbayar/gratis.

Fitur tersebut antara lain adalah penjelajahan musik baru, personalisasi profil hingga penggunaan fitur hemat data. Sebelumnya fitur tersebut hanya diberikan kepada pengguna yang telah berlangganan.

Langkah ini diambil Spotify untuk menarik jumlah pengguna berbayar. Soalnya, sekitar 60 persen pengguna spotify berlangganan berasal dari mereka yang mencoba terlebih dahulu akses gratis aplikasi.

"Kami melakukan hal ini karena kamu tahu, hal ini akan membantu kami untuk berkembang," ujar Kepala Penelitian dan Pengembangan Spotify, Gustav Soderstrom seperti dikutip CNNTech.


Baca Juga : Robot Berteknologi Tinggi Ancam Kehidupan Seks Umat Manusia

Baca Juga : Tambah Iklan, YouTube Bakal Makin Ngeselin

Spotify sendiri mematok biaya sekitar 9.99 dolar per bulan untuk berlangganan dengan segala fitur komplit. Sedangkan bagi para pengguna gratis, mereka hanya bisa mengakses 15 playlist pada aplikasi, seperti halnya Daily Mix dan Discover Weekly.

Daily Mix adalah sebuah playlist yang menyediakan lagu-lagu yang sesuai dengan seleran anda. Sedangkan playlist Discover Weekly memberikan bantuan kepada pengguna untuk mencari musik baru sesuai dengan seleranya.

Sedangkan fitur hemat data berpengaruh hampir 75 persen terhadap kuota data yang biasanya digunakan untuk mengakses musik di Spotify. Mode premium menyajikan fitur offline yang membuat pengguna bisa mendownload musik yang ada tanpa mendengarkan secara online.

Baca Juga : Artificial Intelligence jadi Tren Teknologi 2018

Spotify sendiri mencatat sekitar 90 juta pengguna adalah pengguna gratis dan 71 juta pengguna berbayar. Perusahaan telah menargetkan agar tercapai 200 juta penggguna bulanan berbayar pada akhir tahun ini.

Spotify juga telah menjadi salah satu aplikasi musik berbayar yang eksis di Indonesia. Spotify menggratiskan pengguna untuk 30 hari pertama. Selanjutnya pengguna diwajibkan membayar Rp49.990 di bulan pertama dan Rp54.990 di bulan selanjutnya untuk mendapatkan fitur premium.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Iqbal Yunazwardi
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
23 Agustus 2019 21:33 WIB

Kunjungi Festival Indonesia Maju, Megawati Nostalgia Saat Jadi Presiden

Acaranya masih ada sampai 25 Agustus, ke sana yuk mblo~
Nasional
23 Agustus 2019 21:01 WIB

OPM Diduga Tunggangi Kerusuhan di Papua

"OPM itu amat merugikan bagi masyarakat Papua itu sendiri"
Nusantara
23 Agustus 2019 20:17 WIB

Satu Anggota KKB Tewas dalam Kontak Senjata di Pasar Wamena

Polisi dan masyarakat juga ikut terluka~
megapolitan
23 Agustus 2019 19:11 WIB

Komisi Impian Tina Toon di DPRD

Tina Toon akan tempati DPRD DKI Jakarta. Apa yang ideal buat Tina?
Nasional
23 Agustus 2019 18:15 WIB

Banyak Masalah Kesenjangan di Papua yang Ditutupi

"Ada kesenjangan ekonomi, HAM, dan keamanan yang harus kita evaluasi"