Kamis, 02 Juli 2020
Badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) berhasil terekam kamera pengintai. (Foto: Antara)
29 Juni 2020 21:01 WIB

Begini Penampakan Musofa, Badak Jawa yang Terekam Kamera Pengintai

Lagi asyik berguling-guling di kubangan
Bagikan :


Jakarta, era.id - Penampakan hewan langka berupa badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) berhasil terekam kamera pengintai. Kabar gembira ini disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Dalam video berdurasi 2 menit 15 detik itu, badak Jawa bernama Musofa tersebut berguling-guling di kubangan air terjun Blok Cigenteur, Taman Nasional Ujung Kulon. Musofa merupakan seekor badak Jawa jantan yang diperkirakan berusia 7 tahun.

"Ini namanya Musofa. Seekor badak Jawa (Rhinocerus sondaicus) yang tertangkap kamera video trap dengan durasi 2 menit 15 detik di kubangan air terjun Blok Cigenteur Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK)," ujar Siti dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/6/2020).

Siti menjelaskan, Musofa pertama kali teridentifikasi sebagai individu badak ke-56 pada 16 Maret 2013. Hal itu terungkap lewat video trap pada kegiatan monitoring badak Jawa di Blok Cihandeuleum grid 35AN.
 

Aktivitas berkubang yang dilakukan Musofa, kata Siti, mempunyai manfaat untuk menjaga suhu dan kelembaban tubuh, pemenuhan mineral, mengurangi parasite, serta untuk beristirahat. Biasanya kegiatan itu dilakukan setidaknya dua kali dalam sehari dengan durasi terlama sampai dengan tiga jam.


Baca Juga : Taman Nasional di Spanyol Kedatangan Tamu Langka Sejak 150 Terakhir

"Populasi Badak Jawa di Indonesia sampai dengan tahun 2019 sebanyak 72 individu dengan komposisi 39 jantan dan 33 betina," papar Siti.

Politikus NasDem ini menambahkan, upaya konservasi badak Jawa di TNUK dilakukan melalui perlindungan dan pengamanan kawasan taman nasional melalui patroli rutin.

Selain itu, dilakukan monitoring Badak dan pembinaan habitat (Rhino Monitoring Unit), penanaman, dan pemeliharaan pakan Badak Jawa di Semenanjung Ujung Kulon, serta berbagai upaya lainnya.

Siti juga mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan badak Jawa, mengingat semakin langkanya populasi badak Jawa di Indonesia.

"Yuk kita terus jaga dan sayangi Musofa dan kawan-kawannya. Menjaga dan mencintai mereka sama dengan menjaga dan mencintai Indonesia," pungkasnya.
Bagikan :
Topik :

Reporter : ERA.ID
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
02 Juli 2020 13:35 WIB

Amien Rais Sindir Menteri Jokowi, Pemain Uang hingga Superminister

Antara kasihan dan tertawai Jokowi
ide
02 Juli 2020 13:01 WIB

Jejak Kolonial di RSHS Bandung dan Julukan RS Ranca Badak dari Masyarakat

Sudah empat kali ganti nama sejak tahun 1920-an
Lifestyle
02 Juli 2020 13:00 WIB

Lelah Dihujat Warganet, YoonA SNSD Akhinya Minta Maaf

Berpikir dulu sebelum bertindak ya