Jumat, 03 April 2020
Azura Luna Mangunhardjono
05 Desember 2019 12:53 WIB

Kisah Wanita Indonesia Jadi Penipu ala The Hustle

Gaya hidup hedon di Hong Kong, pintar membual bikin pria kaya terbuai
Bagikan :


Jakarta, era.id - Bak film The Hustle yang mengisahkan para wanita yang menipu pria-pria kaya demi untuk hidup mewah, rupanya juga ada kisah nyatanya.

Pada Oktober 2018, seorang ahli teknologi asal Amerika, Jason, terbang ke Hong Kong dalam perjalanan bisnis selama seminggu. Dia memesan ke sebuah kamar di Hotel Four Seasons, di Central, Hong Kong. Saat sedang menikmati sore di pool bar hotel, ia melihat seorang wanita dengan gaya elegan, datang dan diarahkan menuju meja sebelahnya oleh pelayan bar.

Jason yang baru saja bercerai, terpesona melihat wanita berwajah oriental itu dan terlibat eye contact beberapa kali. Setelah beberapa menit, Jason mencoba menegurnya dan mendapat respon positif. "Saya di sini sepanjang waktu, ini adalah tempat favorit saya. Apakah kamu bersama seseorang? Ayo duduk bersamaku dan makan bareng," ujar wanita dengan rambut panjang terurai itu.


Azura Luna Mangunhardjono/Baju Putih (Dok. Instagram)


Baca Juga : Warga Korsel Bikin Petisi Tolak Hakim Oh Deok Shik Tangani Sidang Nth Room

Wanita itu mengaku bernama Azura Luna Mangunhardjono, dan dia bercerita tentang hidupnya yang mewah. "Dia mengatakan tumbuh dewasa di London, Paris, dan Bali," terang Jason seperti dikutip dari South China Morning Post, Kamis (5/12/2019).

Hubungan mereka berlanjut, setelah itu mereka saling mengirim pesan, Azura bahkan sering menggoda Jason dengan kata-kata genit dan mengirim foto-foto. Setelah terbang ke Beijing, Seoul, dan Tokyo selama sepekan, Jason tergoda ajakan Azura untuk menemuinya lagi di Hong Kong. "Jadi saya mengubah penerbangan pulang dan kembali," katanya.

Jason lalu bertandang ke apartemen Azura di kawasan Robinson Road, daerah kelas menengah dimana harga sewanya mencapai $ 12.500 atau Rp 176 juta per bulan. Jason dipertunjukkan bagaimana interior mewah apartemen Azura, koleksi wine dengan harga mahal dan cerita bualan wanita berusia 40-an tahun itu tentang kekayaannya.

Azura mengatakan kepadanya dia memiliki warisan senilai $ 30 juta atau Rp 422 miliar dari ayahnya, termasuk sebuah kapal pesiar. Azura juga mengklaim bahwa keluarganya adalah salah satu dari 10 klan terkaya dan dermawan di Indonesia. Ia bercerita ibunya pernah membantu Bill Clinton untuk menjadi presiden Amerika.

Tapi pada November 2018, Azura pernah ditangkap polisi karena kasus penipuan penjualan tas Hermes. Salah seorang warga Los Angeles, Shopia mengaku ditipu oleh Azura setelah ia membeli empat tas Hermes koleksi pribadinya seharga $ 86.000 atau Rp 1,2 miliar yang diklaim untuk sumbangan yayasan. Tapi, ketika Shopia membawa empat tas untuk dicek keasliannya, dua diantaranya palsu. Tapi, Azura kemudian dibebaskan lewat bantuan dua pengacaranya.

Mantan kekasih Azura yang lainnya, Robert menceritakan bahwa Azura adalah penipu profesional. Ia pun menggambarkan bagaimana sosok Azura yang diklaim jenius dan kerap berbicara tentang teman-temannya dari Harvard dan Brown. Robert pernah mengirim uang ke Azura hingga $ 150.000 atau Rp 2,1 miliar dengan alasan untuk biaya berobat ayahnya yang sakit pada akhir 2017. Robert juga mentransfer $ 30.000 atau Rp 422 juta ke Azura untuk sumbangan amal namun ia lagi-lagi tertipu.


Azura Luna Mangunhardjono (Instagram)

Salah seorang teman Azura, Diane menceritakan sosok wanita asal Indonesia itu yang dikenalnya sejak 2003. Diane menggambarkan Azura sebagai wanita dengan gaya berpakaian yang mewah dan hidup hedon.

Azura disebut Diane pernah tak mengembalikan lukisan mahal miliknya yang dipinjam untuk sebuah acara. Tak hanya itu, Azura sering ngeles kartu kreditnya ketinggalan saat harus membayar makan di restoran. Akhirnya, ia menilai hubungan dengan Azura merusak reputasinya, jadi dia memutuskan hubungan dengan Azura.

Kemudian, Diane dan Robert mulai mencari tahu tentang Azura dan menemukan sebuah situs tentang penipuan atau scam secara anonim tentang perusahaan atau individu. hasilnya mengejutkan! Dalam review tersebut menggambarkan Azura sebagai salah satu penipu terbesar di Hong Kong. Modusnya adalah meminjam uang dari teman-teman yang ia kenal dan tidak pernah membayar kembali.

Dalam review juga diceritakan bagaimana Azura memperdaya laki-laki untuk membeli cincin berlian koleksinya dengan iming-iming bonus tidur dengannya.

WNI Asal Kediri

Ulasan anonim di situs Scamion.com mengklaim bahwa Azura adalah wanita asal Indonesia yang lahir di Kediri, Jawa Timur. "Nama aslinya adalah Enjang Widhi Palupi, lahir di Kediri, Jawa Timur pada 27 Oktober 1978," tulis ulasan itu.

Catatan pihak berwenang Hong Kong, pada tahun 2003, Azura menikah dengan Kirk, seorang pengusaha perhotelan di InterContinental Hotels Group, yang pindah dari Bali ke Hong Kong. Kirk membenarkan Azura adalah mantan istrinya, namun kini mereka sudah berpisah. “Dia bukan bagian dari hidup saya selama kurang lebih sembilan tahun,” katanya.

Salah satu paspor Azura dikeluarkan oleh KJRI di Hong Kong pada 4 Oktober 2011, dan berakhir pada 4 Oktober 2016. Disitu tertulis nama Azura Luna Mangunhardjono Kirk, lahir di Jakarta pada 27 Oktober 1974. Selain itu dalam dokumen perjalanan Azura yang dikeluarkan di Paris pada 10 Mei tahun ini dan berakhir 10 Agustus, Azura sudah menanggalkan nama "Kirk". 

Kabarnya saat ini ia tengah mengandung lima bulan anak kembar. DIlihat dari akun Instagramnya, ia berada di lodgingat Le Bristol Hotel, Paris.

 
Bagikan :
Topik :

Reporter : ERA.ID
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
02 April 2020 21:07 WIB

2,6 Juta Pekerja Informal Bakal Dapat Bantuan

Paket sembako
 
Nasional
02 April 2020 21:01 WIB

What's On Today, 2 April 2020

Podcast berita Indonesia terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Lifestyle
02 April 2020 20:56 WIB

Kisah Kasus Pembunuhan Keluarga Paling Tidak Masuk Akal di Korea

Ibu dan anak sulung membunuh si bungsu
Nusantara
02 April 2020 20:19 WIB

COVID-19 'Incar' Lansia di Jawa Barat

Mayoritas pasien di RSHS lansia
Nasional
02 April 2020 19:50 WIB

Terawan yang Akhirnya Nongol di Rapat DPR

Absen sekian lama