Senin, 22 Juli 2019
Sutradara film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo. (Maretian/era.id)
19 Juni 2019 21:37 WIB

Poster Bumi Manusia Dirilis, Hanung Bramantyo Menangis

"Mungkin kalau mendiang Pramoedya masih ada dia juga akan menangis," kata Hanung
Bagikan :


Jakarta, era.id - Rumah produksi Falcon Pictures baru saja merilis poster film terbarunya, Bumi Manusia di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019). Peluncuran itu tentunya memberi kesan berbeda bagi awak produksi dari film yang diadaptasi dari novel fenomenal karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer tersebut. 

Bahkan sang sutradara, Hanung Bramantyo yang baru hari ini melihat secara langsung hasil posternya terlihat sangat emosional. Reaksi emosional suami dari aktris Zaskia Adya Mecca itu sebenarnya sudah terlihat sebelum poster itu dipertontonkan di depan awak media. 

Khususnya ketika sesi talkshow, di mana Hanung terlihat berkaca-kaca. Tangisnya meledak ketika ia mengenang pertama kali membaca novel Bumi Manusia dan bertemu dengan Pramoedya Ananta Toer saat masih hidup. 

"Saya masih ingat waktu masih SMA umur 17 (tahun) baca novel itu di 1994. Saat itu saya bacanya sambil sembunyi-sembunyi karena takut ditangkap polisi. Di era itu novel ini dilarang. Nah, sekarang novel yang dilarang itu dibuatkan film dan kita di sini merayakannya. Mungkin kalau mendiang Pramoedya masih ada dia juga akan menangis," tuturnya. 


Baca Juga : Mengenal Pengkor yang Diperankan Bront Palarae dalam Gundala

Tidak hanya itu, Hanung juga sempat berorasi dengan sangat emosional ketika menceritakan sejarah dibuatnya novel itu. "Novel itu dibuat di penjara. Di mana susah untuk menulis, bahkan kertas saja tidak ada. Saat itu Pramoedya yang di penjara menuturkan cerita kepada beberapa napi yang ditangkap proses pengadilan. Bayangkan kalau hal itu terjadi pada keluarga kita. Saya harap hal ini bisa disebarkan para wartawan ke semua orang."


Poster film Bumi Manusia. (Twitter @Hanungbramantyo)

Kini di tangan Hanung, hasil visualisasinya digarap. Ia pun memilih Iqbal Ramadhan menjadi pemeran Minke, tokoh utama dalam Bumi Manusia. Meski sempat terjadi pro kontra di kalangan penggemar novelnya, namun Hanung dan Iqbal mencoba tetap berpikir positif dan membiarkan penonton yang menilainya setelah film tersebut tayang. 

"Ya itu nanti terserah judge-nya para penonton jadinya seperti apa. Yang pasti film ini akan banyak memberi nilai bagaimana menjadi diri sendiri dan berdiri setara dengan manusia lainnya," ujar Hanung lebih jauh lagi. 

Film ini bertema historical fiction yang berlatar tahun 1890-an. Saat itu, Indonesia berada dalam masa kolonial Belanda. Minke, seorang pemuda pribumi menaruh hati pada gadis blasteran, di mana cinta mereka terhalang dalam konflik diskriminasi dan kolonialisme. 

Film ini diperankan oleh Iqbal Ramadhan, Mawar De Jogn, Ine Febriyanti, Donny Damara, Ayu Lakshmi, dan beberapa artis lainnya. Film ini akan mulai tayang di bioskop pada 15 Agustus 2019 mendatang.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Maretian
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
22 Juli 2019 18:40 WIB

Bos Go-Jek Nadiem Makarim Gabung ke PDIP?

Setelah mengganti logo, apakah gojek juga akan merubah warna seragamnya jadi merah?
Nasional
22 Juli 2019 17:24 WIB

VIDEO: SPG Cantik Jualan Hewan Qurban

Kalau yang jaga begini sih rela lama-lama di kandang sapi mblo~
Lifestyle
22 Juli 2019 17:24 WIB

Matt Groening Singgung Sekuel The Simpsons Movie di Comic-Con

Sang pencipta bersuara soal karya epiknya
Nasional
22 Juli 2019 16:30 WIB

PDIP Tolak Rencana Super Holding Bentukan Rini Soemarno

"Mereka yang berpikir membentuk super holding, harus belajar dari krisis ekonomi di AS"
Lifestyle
22 Juli 2019 16:18 WIB

Moskow Merayakan Konser Ed Sheeran Lewat Sebuah Patung

Sebuah perayaan...