Kamis, 24 Januari 2019
Cafe Arborea mlik KLHK
14 Agustus 2018 07:35 WIB

Cafe Arborea: Tempat Ngopi di Tengah 'Hutan'

Bayangkan, ngopi tjantik di tengah hutan, padahal di dalam kota
Bagikan :


Jakarta, era.id - Mau cari tempat ngopi dengan suasana layaknya di hutan? Gak perlu jauh-jauh sampai ke luar kota. Mampir saja ke Kompleks Kementerian LHK.

Coba cari keberadaan Arborea Cafe di sana. Desain bangunannya super unik dengan lokasi yang luar biasa. Bayangkan di tengah kota namun kita berada di tengah rimbunnya pepohonan. Cafe ini menyajikan aneka kopi nusantara dan kudapan khas Indonesia serta memamerkan aneka produk-hutan-non-kayu. 

Lokasi Arborea Cafe berada di Arboretum atau Taman Hutan Persahabatan Ir Lukito Daryadi, Manggala Wanabakti. Taman ini punya luas 7 ribu meter persegi dengan koleksi 394 batang pohon dari 78 jenis pohon yang dibangun 22 Oktober 1978 silam saat Kongres Kehutanan sedunia ke VIII (The 8th World Forestry Congress dihadiri delegasi dari 96 negara dan 15 lembaga internasional).

Menteri LHK Siti Nurbaya yang meresmikan cafe ini berharap Arboretum menjadi salah satu tujuan wisata penyelenggaraan Asian Games ke 18. Tempat ini bisa untuk melepas penat delegasi maupun pengunjung yang berasal dari berbagai negara di Asia.


Baca Juga : Tantangan Berbisnis Kedai Kopi di Indonesia

"Saya percaya berkunjung ke Arboretum maupun ke Museum yang berada di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini akan menyajikan pengalaman yang menarik," kata Siti Nurbaya kepada era.id, Selasa (14/8/2018). Museum yang dimaksud adalah musem kehutanan satu-satunya di Jakarta dengan koleksi 893 artefak.

Siti Nurbaya berharap, cafe ini bisa menjadi show case kekayaan jenis kopi Indonesia dari kelompok tani hutan binaan KLHK. Kudapan yang dijual juga harus kudapan Nusantara yang dapat mengedepankan prinsip ketahanan pangan, minim kemasan tanpa mengurangi kualitas, higinitas dan tampilan estetisnya.

"Serta menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam mengelola cafe ini, termasuk mengelola sampah dan limbahnya," lanjut Siti Nurbaya.

Pembangunan Arborea Cafe ini didukung Ciputra. Siti yakin cafe ini bisa menjadi salah satu sarana pendidikan lingkungan, informasi dan juga lokasi wisata yang bisa dinikmati masyarakat. 




 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Moksa Hutasoit
Editor : Moksa Hutasoit
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
24 Januari 2019 19:33 WIB

Betapa Mulianya Seorang Roger Waters

Pendiri Pink Floyd ini mempertemukan seorang ibu dengan dua anaknya yang diculik
Nasional
24 Januari 2019 19:09 WIB

Kubu Prabowo Memaknai Salam Tiga Jari Ahok

Ini pertanda tidak ingin terlibat Pilpres 2019
Nasional
24 Januari 2019 18:44 WIB

Hottest Issue Malam, Kamis 24 Januari 2019

Ada berita tentang doa Ahoker, kemunculan Bripda Putri dan OTT Bupati Mesuji 
Olahraga
24 Januari 2019 18:21 WIB

Cedera Kaki Neymar Kambuh Lagi

Tuchel pun pusing tujuh keliling
Peristiwa
24 Januari 2019 17:53 WIB

Temui Kubu Jokowi, Dubes Asing Bantah Berpihak di Pilpres 2019

Enggak ada keberpihakan, ini demokrasi negara orang cuy