Kamis, 23 Mei 2019
Ilustrasi Foto (Yudhistira/era.id)
14 Maret 2019 10:49 WIB

Seperti Kita, Facebook dan Instagram Pun Butuh Twitter

Don't let me dooown~ Anak Twitter mana suaranya?
Bagikan :


Jakarta, era.id - Sejak Rabu (13/3) malam, Instagram, Facebook, dan WhatsApp kompak lumpuh bersama. Akhirnya warganet ramai-ramai mengeluh. Ironinya, keluhan itu dituangkan di linimasa pesaingnya, Twitter.

Apakah ini artinya para pengguna ketiga platform media sosial tersebut akan teralihkan ke Twitter? Bisa saja. Sebab, pantauan terakhir ketika artikel ini ditulis, keluhan warganet di Twitter menjadi trending topik dunia dengan tagar #FacebookDown, #WhatsApp, dan #instagramdown.

Menurut informasi yang ada, sebanyak 1,25 juta orang berkicau dengan menggunakan kata kunci WhatsApp. Kicauan yang isinya soal keluhan pastinya. 

Di Instagram, kelumpuhan itu terjadi ketika profil dari orang-orang tak dapat diakses. Namun, sebagian masih ada yang bisa melihat unggahan temannya di Instagram, namun tidak bisa mengunggah foto dari akun miliknya.

Baca Juga: Hancurnya Martabat Para Hantu di Era Informatika

Sementara di Facebook gangguan terjadi ketika melihat linimasanya kosong tidak ada celotehan apapun. Buat yang ngebet stalker calon gebetan, tahaaaaaan~

Di twitter, keluhan yang diluapkan warganet banyak rupanya. Ada yang tipis-tipis mengeluh, ada yang kesal, sampai mengeluh kreatif alias bikin meme.

Akun bernama @wtiaraa misalnya. Ia menceritakan bagaimana ia gagal mengirim foto kucing kepada temannya, padahal jaringan yang ia gunakan 4G. "Anjir ga iso ngirim foto padahal 4G dan telkomsel," katanya. Lalu, bukan warganet namanya kalau tidak menuangkan keluh kesah dalam bentuk meme. Akun bernama @modelninajade mengilustrasikan dirinya ketika Instagram, Facebook, dan WhatsApp down dengan menjadi manusia purba kembali. Memang segitu merasa primitifnya ya kalau kita enggak sosmed-an?

Baca Juga: Ketikan 'Cuih' Berujung Maut
 

Klarifikasi

Tiga perusahaan sosial media terbesar yang digawangi oleh Mark Zuckerberg tersebut memberikan penjelasan mengapa platform mereka bisa sampai lumpuh.


Baca Juga : Pengguna Twitter Indonesia Meroket pada 2018

Lagi-lagi, tentu saja, mau tak mau klarifikasi itu mereka sampaikan lewat Twitter.

Klarifikasi dari Instagram lewat akun Twitter resminya mengatakan bahwa mereka sadar atas kejadian yang terjadi saat ini. Instagram paham bahwa hal ini membuat frustasi banyak orang.

Kendati demikian, tim dari ketiga platform itu berjanji akan berusaha sekuat tenaga bekerja untuk mengatasi hal itu sesegera mungkin.

 
 
Bagikan :

Reporter : Ramdan Febrian Arifin
Editor : Yudhistira Dwi Putra
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
23 Mei 2019 15:38 WIB

Blackpink Beri Penghormatan buat Korban Serangan Manchester

Ini dilakukan dalam pertunjukan pertama mereka di Manchester
Nasional
23 Mei 2019 15:16 WIB

2 Tersangka Unjuk Rasa 21 dan 22 Mei Berafiliasi ISIS

"Fix, ini sudah ditunggangi," katanya
megapolitan
23 Mei 2019 14:49 WIB

Anies: 8 Orang Meninggal pada Aksi 21-22 Mei

Turut berduka
Olahraga
23 Mei 2019 14:32 WIB

Peserta Piala Dunia 2022 Tetap 32 Negara

Tak ada yang berubah
Nasional
23 Mei 2019 14:11 WIB

300 Pelaku Kerusuhan Jakarta Ditangkap

Mereka ditangkap di sejumlah titik di Jakarta