Rabu, 08 April 2020
Pasar Tanah Abang (Angga/era.id)
26 Maret 2020 19:18 WIB

Pasar Tanah Abang Shutdown

Hanya blok G yang buka
Bagikan :


Jakarta, era.id - Perumda Pasar Jaya melakukan penutupan (shutdown) sementara seluruh pasar di kawasaan Tanah Abang yang dikelola Pasar Jaya. Penutupan ini dilakukan meliputi Pasar Tanah Abang Blok A, Pasar Tanah Abang Blok B dan Pasar Tanah Abang Blok F.

Hanya Pasar Tanah Abang Blok G saja yang masih buka. Itu pun terbatas kepada pedagang yang berjualan jenis bahan pangan saja.

Penutupan ini dilakukan dalam sebagai upaya pencegahan dan penyebaran COVID-19. Kawasan Pasar Tanah Abang setiap menjelang bulan suci ramadhan angka pengunjungnya cukup naik tajam. Pengunjung ini tidak hanya dari Jakarta dan sekitarnya saja, melainkan banyak pembeli juga berdatangan dari luar daerah hingga mancanegara. Sehingga perlu dilakukan pembatasan agar penyebaran virus korona baru bisa dicegah di pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut. 

“Penutupan dilakukan besok pertanggal 27 Maret-5 April mendatang, seluruh aktivitas perdagangan di pasar tersebut kita liburkan sementara. Ini merupakan salah satu langkah pencegahan dan penyebaran COVID-19, terkecuali di Blok G boleh berjualan khusus bahan pangan saja,” ujar Arief Nasrudin, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Kamis (26/3/2020).


Baca Juga : VIDEO: Harga Gula Pasir Meroket, Komite Pedagang Gelar Pasar Murah

Untuk penutupan ini sendiri, sebelumnya manajemen Pasar Jaya sudah melakukan komunikasi dengan para pedagang terlebih dahulu. Terlebih menjelang bulan ramadan memang menjadi waktu yang sangat penting bagi pedagang berjualan karena penjualan mereka cukup banyak daripada di hari biasanya. 

“Untuk penutupan ini tentu sudah dilakukan komunikasi dan sosialisasi kepada pedagang terlebih dahulu, kita sampaikan beberapa hal untuk adanya pengertian bersama di antara para pedagang dan juga manajemen. Untuk ini baik pedagang dan manajemen sepakat untuk menutup bersama area pasar hingga batas waktu tersebut,” katanya. 

Sebelumnya sejumlah langkah telah dilakukan Pasar Jaya untuk menekan penyebaran COVID-19 di pasar tersebut. Di awal kasus ini merebak di Jakarta Manajemen Pasar Jaya langsung melakukan pembatasan pintu akses masuk ke dalam pasar. Sehingga setiap pedagang dan masyarakat yang akan masuk dapat diukur suhu tubuhnya. Jika ada pedagang dan masyarakat yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius maka dilakukan sejumlah penanganan khusus. 

Di setiap pintu masuk pasar tersebut juga telah disiapkan hand sanitizer bagi pedagang dan masyarakat yang akan masuk ke dalam area pasar. Tak hanya itu saja di Pasar Tanah Abang juga telah dilakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan ini dilakukan diseluruh sarana berjualan, kantor, fasilitas dan sarana ibadah yang ada.

“Bagi masyarakat dan pedagang juga kita ingatkan untuk selalu memantau media sosial resmi milik Pasar Jaya, atau jika ada pertanyaan bisa disampaikan di layanan call center kami dengan nomor 081280080063,” tandasnya.
 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Diah Ayu Wardani
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
07 April 2020 21:10 WIB

What's On Today, 7 April 2020

Podcast berita Indonesia terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Lifestyle
07 April 2020 21:01 WIB

Kiat Sukses Sinetron Ramadan Tahun 90an

Jadi pengen kembali ke masa-masa itu, saat korona belum menyerang
megapolitan
07 April 2020 20:35 WIB

Manfaat dari Penerapan PSBB di Jakarta

Kurangnya kerumunan orang
megapolitan
07 April 2020 20:01 WIB

Siap-Siap, Polisi 'Razia' Suhu Tubuh di Jalanan

Pakai drone mendeteksi suhu tubuh
Kuliner
07 April 2020 19:09 WIB

Khasiat Sayur Lodeh yang Ternyata Bisa Obati Kanker

Beruntunglah kalian pecinta sayur lodeh~