Senin, 14 Oktober 2019
Gedung DPR (Mery/era.id)
01 Oktober 2019 08:51 WIB

Menyambut Mereka yang Baru di Senayan

Untukmu yang duduk sambil diskusi~
Bagikan :


Jakarta, era.id - Anggota DPR terpilih akan dilantik hari ini. Jumlah anggota periode ini bertambahan 15 orang. Total jadi 575 anggota yang lolos masuk ke Senayan.

Ada yang beda dari pelantikan kali ini. Anggota baru tidak diwajibkan hadir dalam gladi bersih, kemarin. Alasannya karena faktor keselamatan. Sebab, kemarin, ada aksi demonstrasi di sekitar gedung DPR. 

Sekjen DPR Indra Iskandar menambahkan, gladi bersih ini difilmkan. Sehingga, anggota DPR ini dapat menontonnya dari tempat masing-masing. 

"Kecuali untuk anggota termuda tertua mereka harus latihan (gladi bersih)," ucap Indra di Jakarta, Selasa (1/10/2019).


Baca Juga : Hari Ini, Pengamanan di Sekitar Kompleks Parlemen Menurun

Indra menambahkan, anggota termuda dan tertua ini nantinya akan jadi pimpinan sementara untuk memimpin rapat paripurna pembukaan sidang. Angggota yang tertua adalah Abdul Wahab Dalimunthe berusia 80 tahun. Sedangkan anggota dewan termuda yaitu, Hillary Brigitta Lasut berusia 23 tahun.

Sosok Hillary menjadi perbincangan publik. Dengan usia yang sangat muda, ia berhasil lolos masuk ke Senayan. Politikus Partai Nasdem ini berasal dari daerah pemilihan Sulawesi Utara.

Pada Pemilu 2019, ia berhasil meraih sebanyak 70.345 suara. Meski tergolong muda, perempuan kelahiran Manado 22 Mei 1996 ini rupanya tidak terlalu asing dengan dunia politik.

Sebab, Hillary merupakan putri dari Bupati Kepulauan Talaud terpilih periode 2019-2024, Elly Engelbert Lasut. Elly juga pernah menjabat Bupati Kepulauan Talaud selama dua periode, 2004-2009 dan 2009-2012. Sedangkan, Ibu Hillary, Telly Tjanggulung, merupakan Bupati Minahasa Tenggara masa jabatan 2008-2013.



Terinspirasi dari kedua orang tuanya, Hillary aktif dalam berbagai organisasi sejak masa sekolah. Saat SMA, Hillary pernah menjabat sebagai ketua OSIS. Setelah lulus SMA, Hillary memutuskan untuk mengambil studi S1 Fakultas Hukum di Universitas Pelita Harapan (UPH). Kemudian, ia melanjutkan studi S2 di Washington University.

"Memang kalau mau dibilang familiar dengan dunia politik sebenarnya familiar, karena dari kecil saya hidup dari keluarga yang berpolitik. Jadi, cukup exited, tapi walaupun begitu, ini pasti beda rasanya. Karena kita yang terjun lansung dengan cara kita sendiri dengan ide dan gagasan kita sendiri," ujar Hillarily, saat dihubungi wartawan, Selasa (1/10/2019).

Hillary mengatakan, hal yang bisa dia berikan kepada konstituen dan seluruh masyatakat adalah soal kesempatan perubahan ke arah yang lebih baik di DPR RI. Selain itu, ia juga ingin meningkatkan citra DPR.

"Kini, kami ditempatkan dalam sistem, kami tahu apa yang harus kami berikan kepada masyarakat. Saya tidak ingin berjanji, karena saya juga masyarakat, saya pernah tegoda dalam posisi jahat untuk jadi netizen jahat kepada pemerintah. Saya tahu masyarakat sudah sangat bosan dengan yang namanya janji atau harapan palsu. Sehingga saya akhirnya menawarkan program," tuturnya.

Menurut Hillary, kemampuan seorang milenial untuk hidup di dalam dinamika perkembangan teknologi dan revolusi industri ini, setidaknya boleh dipadukan dengan semangat dan idealisme anak-anak muda, untuk memberikan kepada masyarakat pelayanan terbaik, yang seharusnya mereka terima sejak lama.

"Sehingga kami datang dengan program-program. Kami membuat KPPI kaukus Parlemen Muda Indonesia dan di sini kami berusaha, kehadiran kami ini bukan sekedar menjadi simbol perdamaian dan harapan kepada masyarakat. Tetapi juga boleh setidak-tidaknya menjadi semangat baru lah bagi masyarakat Indonesia," ucapnya.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Mery Handayani
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Internasional
14 Oktober 2019 13:11 WIB

Mereka yang Tergerak Usai Jepang Dihabisi Topan Hagibis

Hats off to all volunteers!
Lifestyle
14 Oktober 2019 13:03 WIB

Melihat Gaya Alay Lora Fadil dan 3 Istrinya Main Tik Tok

Jangan bilang habis ini mau jadi YouTuber ya Mas
megapolitan
14 Oktober 2019 12:41 WIB

Hari Ini, Pengamanan di Sekitar Kompleks Parlemen Menurun

Tapi jalanan di depan kompleks parlemen, ditutup
Lifestyle
14 Oktober 2019 12:27 WIB

Mengenal Somantri Ahmad, Bapak-bapak dengan Lawakan yang Khas

Lawakannya sempat viral di sejumlah media sosial
Internasional
14 Oktober 2019 12:05 WIB

Mal di Hong Kong Jadi Arena Bentrokan Aparat Vs Demonstran

Orang-orang yang sedang berbelanja berteriak-teriak ketakutan dan beberapa luka-luka