Sabtu, 17 November 2018
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Ilustrasi: Mahesa ARK/era.id)
14 September 2018 08:45 WIB

4 Gebrakan Ridwan Kamil Setelah Sepekan Jadi Gubernur Jabar

Harapannya Kang Emil, Jabar jadi provinsi terbahagia di Indonesia
Bagikan :


Bandung, era.id - Sudah satu pekan lebih Ridwan Kamil dilantik jadi Gubernur Jawa Barat. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu pun sudah mengeluarkan sejumlah ide-ide cemerlangnya.

Gubernur yang aktif di media sosial ini, menyampaikan beberapa rencana pembangunan yang akan segera ia realisasikan. Mulai dari renovasi sungai Kalimalang hingga pemasangan road barrier untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Berikut ide-ide dan gebrakan Ridwan Kamil setelah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat: 

1. Renovasi Kalimalang jadi sekeren Sungai Cheyonggyecheon di Seoul.


Baca Juga : Ridwan Kamil Berikan Bantuan untuk Haringga Sirla

Kang Emil bergerak cepat setelah tahu Presiden Jokowi berharap Indonesia punya sungai-sungai yang bersihnya selevel Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Emil yang memang berprofesi sebagai seorang arsitek itu tertantang dan untuk mewujudkan mimpi Jokowi. Kalimalang Bekasi pun dipilih sebagai pilot projectnya yang akan diubah jadi sekeren Sungai Cheonggyecheon.

"WARGA KOTA BEKASI tercinta, minggu depan sudah dimulai desain dan perencanaan revitalisasi Kali Malang. Semoga bisa sekeren Sungai Cheyonggyecheon di Seoul. Hatur Nuhun #JABARJUARA" tulis kang Emil 
 

2. Road Barrier di jalur rawan kecelakaan

Kang Emil juga merencanakan membuat pembatas jalan di Jawa Barat dengan menggunakan teknologi road barrier. Pembatas jalan ini bukan seperti pagar pada umumnya, karena ada teknologi tabung silinder yang mampu bergulir dan menahan laju kendaraan saat menabrak pembatas jalan.

Road Barrier

Teknologi ini akan diterapkannya, pasca kejadian kecelakaan bus di Jalur Cikadang Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu.

"UNTUK MENGURANGI KECELAKAAN di jalan besar antar kota antar propinsi yang berliku dan banyak melewati jurang, Pemprov Jabar akan menggunakan teknologi baru pagar pembatas jurang bersilinder putar," tulisnya.

"ROAD BARRIER dengan teknologi silinder putar ini secepatnya kita terapkan. Semoga jalanan Jawa Barat lebih aman. TAPI tetep jangan ngebut, lengkapi keamanan mobil, pake seatbelt dll.. INGAT keluarga anda setiap hari menunggu anda pulang dengan selamat di rumah. Aamiin," tulis Emil di akun Instagramnya.
 

3. Jalur Kereta Api ke Pangandara, Kawah Putih dan Jatinangor

Pengembangan daerah pariwisata juga masuk dalam agenda Ridwan Kamil. Dia ingin Jawa Barat punya lebih banyak destinasi wisata baru dan tak terfokus pada satu daerah saja.

Emil memiliki ide untuk menghubungkan sejumlah daerah di Jawa Barat secara integritas melalui jalur kereta api. Menurutnya, potensi wisata bisa mendongkrak perekonomian bagi warga sekitar. Semakin banyak wisatawan yang datang, pendapatan warga semakin meningkat.
 

4. Turun Tangan Selesaikan Polemik Rumah Pak Eko

Kabar viral mengenai rumah Eko Purnomo (37) yang terkurung tembok rumah tetangganya di Ujungberung, Bandung terdengar hingga ke telinga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia memerintahkan Plt Wali Kota Bandung Oded M Danial untuk menyelesaian sengketa lahan akses masuk ke rumah Eko yang sudah menjadi buah bibir di media sosial.

"Terkait rumah warga di Ujung Berung Kota Bandung yang terkepung rumah tetangganya. Saya sudah delegasikan ke Pak Oded," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu seperti dikutip Antara, Rabu (12/9).

Rumah Eko Purnomo yang terkepung tembok tetangganya

Bahkan Kang Emil akan turun tangan langsung untuk membereskan masalah ini jika tak kunjung selesai juga. "Kalau dari Pak Oded-nya mungkin belum (bisa selesaikan) dan bisa saya turun tangan," ujarnya.

Supaya kalian tahu nih, kondisi rumah Eko Purnomo (37) di Kampung Sukagalih RT 05 RW 06, Desa Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, viral di media sosial. Lantaran akses jalan di depan rumahnya malah ditembok tetangganya menjadi bangunan dua lantai, sehingga tidak ada jalan akses masuk untuk menuju kediaman Eko.
Bagikan :

Reporter : Aditya Fajar Indrawan
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
17 November 2018 20:20 WIB

Indonesia Bakal Alami Kemunduran Bila Berpolitik SARA

Indonesia akan mundur 90 tahun ke belakang kalau terus menggunakan isu SARA
Nasional
17 November 2018 19:24 WIB

Kubu Jokowi: Poster 'Jokowi Raja' Bukan Kebijakan Tim Kampanye

Timses tak pernah mengusulkan untuk membuat atribut kampanye seperti itu
Wisata
17 November 2018 19:22 WIB

Melihat Kembali Surat-Surat Tokoh Pendiri Bangsa

Kamu bisa melihatnya di Muesum Nasional Jakarta, sampai 22 November
Lifestyle
17 November 2018 18:08 WIB

Pernikahan Mewah Awal Bencana Perceraian?

Ini hasil survei, bukan soal asumsi
 
Teknologi
17 November 2018 16:43 WIB

Firefox Monitor Tersedia dalam Bahasa Indonesia

Berikut panduan singkat tentang cara kerja Firefox Monitor