Senin, 22 Juli 2019
Ilustrasi (era.id)
24 Desember 2018 21:45 WIB

Katedral Jakarta Ajak Umat Doakan Korban Bencana

Jakarta dirundung duka, setelah Lombok, Palu dan Selat Sunda
Bagikan :


Jakarta, era.id - Gereja Katedral Jakarta mengajak umat Katolik untuk turut mendoakan korban bencana di Indonesia dalam doa misa perayaan Hari Natal 2018 dengan tema Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita.

"Tahun ini, kami merayakan Natal dengan penuh keprihatinan bersama seluruh bangsa Indonesia. Kekhidmatan kami dengan mendoakan korban bencana di Lombok, Sulawesi, Banten, dan Lampung," kata Pastor Rekan Gereja Katedral Jakarta Romo Markus Yumartana di Jakarta, dilansir Antara, Senin (24/12/2018).

Romo Markus mengatakan peristiwa bencana yang terjadi di Indonesia menjadi momentum bagi bangsa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan serta mengutamakan sikap rendah hati terhadap sesama.

"Allah angkat martabat kita sebagai manusia agar kita merayakan dengan sikap konkret kembali membangun persaudaraan dan menghormati sesama manusia," katanya.


Baca Juga : Jangan Harap Ada 'Sinterklas' di Jerusalem

Gereja Katedral Jakarta, lanjut Romo Markus, juga mengajak umat untuk berdoa demi kerukunan dan merajut kembali hubungan atau relasi sesama manusia.

"Kami percaya kebaikan bisa ditebarkan di mana saja. Kebaikan tidak akan kalah dengan upaya yang merongrong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," katanya.

Ribuan umat Katolik menghadiri misa di Katedral Jakarta pada Senin malam (24/12) yang terbagi dalam tiga waktu yaitu pukul 17.00 WIB, pukul 20.00 WIB, dan 22.00 WIB.

Katedral Jakarta memberlakukan sistem pemesanan tempat duduk bagi masyarakat yang ingin beribadah di dalam gedung Katedral dengan kapasitas 800 tempat duduk. Sedangkan tempat duduk di aula dengan kapasitas 600 kursi dan halaman Katedral sekitar 3.000 kursi.

"Masyarakat yang sudah memesan tempat duduk di dalam gedung Katedral sudah penuh hingga misa kedua. Untuk misa ketiga, pemesanan tempat sudah 50 persen. Kami akan mempersilakan masyarakat yang datal lebih awal untuk masuk ke dalam," kata Kepala Humas Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwandie.

Susyana mengatakan masyarakat yang akan beribadah Natal di Katedral Jakarta dapat memarkir kendaraan mereka di PT Pos Indonesia, SMA St Ursula, Masjid Istiqlal, dan Lapangan Banteng.

Pantauan Antara, sejumlah aparat Kepolisian RI, TNI, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta, dan Banser NU turut mengamankan dan mengatur arus lalu-lintas di sekitar Katedral Jakarta.
 
Bagikan :

Reporter : Bagus Santosa
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
22 Juli 2019 18:40 WIB

Bos Go-Jek Nadiem Makarim Gabung ke PDIP?

Setelah mengganti logo, apakah gojek juga akan merubah warna seragamnya jadi merah?
Nasional
22 Juli 2019 17:24 WIB

VIDEO: SPG Cantik Jualan Hewan Qurban

Kalau yang jaga begini sih rela lama-lama di kandang sapi mblo~
Lifestyle
22 Juli 2019 17:24 WIB

Matt Groening Singgung Sekuel The Simpsons Movie di Comic-Con

Sang pencipta bersuara soal karya epiknya
Nasional
22 Juli 2019 16:30 WIB

PDIP Tolak Rencana Super Holding Bentukan Rini Soemarno

"Mereka yang berpikir membentuk super holding, harus belajar dari krisis ekonomi di AS"
Lifestyle
22 Juli 2019 16:18 WIB

Moskow Merayakan Konser Ed Sheeran Lewat Sebuah Patung

Sebuah perayaan...