Senin, 20 Agustus 2018
Menko PMK Puan Maharani bersama guru di Kota Malang, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)
12 Mei 2018 21:35 WIB

Menko PMK: Masa Depan Bangsa di Tangan Guru

Pemerintahan Jokowi-JK berkomitmen tingkatkan kesejahteraan guru
Bagikan :


Malang, era.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani bersilaturahim dengan guru penerima bantuan pemerintah saat berkunjung ke Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/5/2018). 

Kesempatan itu dimanfaatkan Puan untuk memonitor dan mengevaluasi program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang sudah dijalankan. Para guru dan pelajar yang hadir adalah penerima program KIP ATM, SK TPG, PKH, BPNT, dan bantuan pendidikan. 

Menko perempuan termuda itu menyampaikan, Presiden Jokowi fokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat, di antaranya dengan peningkatan akses dan mutu pendidikan, serta jaminan pemenuhan kebutuhan dasar lainnya bagi masyarakat tidak mampu.

"Jaminan kebutuhan dasar yang disediakan pemerintah antara lain kesehatan, pendidikan, pangan dan perlindungan keluarga tidak mampu melalui PKH," ujar Menko PMK.


Baca Juga : Megawati dan Puan Groundbreaking Masjid At Taufiq

Baca Juga : Perempuan Lebih Rasional Sikapi Radikalisme


Puan Maharani berswafoto bersama para guru penerima bantuan. (Foto: Istimewa)

Baca Juga : Puan Bahas Islam Moderat Bersama Syeikh Al Azhar

Puan menyampaikan, untuk jaminan pangan, pemerintah telah menyalurkan bantuan kepada 15,5 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rastra (Beras untuk keluarga sejahtera) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sedangkan untuk jaminan layanan kesehatan, pemerintah menyalurkan kepada 29,2 juta Penerima bantuan iuran JKN BPJS Kesehatan (Kartu Indonesia Sehat).

Sementara itu, lanjut mantan Ketua Fraksi PDI Perjuangan tersebut, untuk jaminan pendidikan, pemerintah telah membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 19,7 juta siswa/siswi. Adapun jaminan perlindungan bagi keluarga tidak mampu disiapkan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta KPM.

Baca Juga : Makna Desain Unik Jaket Asian Games Puan Maharani

Upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan guru, kata Puan, juga terus dilakukan di antaranya melalui pemberian tunjangan profesi. Puan menegaskan bahwa pemerintahan Presiden Jokowi berkomitmen meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan para guru agar terdorong melakukan lebih banyak inovasi pendidikan.


(Foto: Istimewa)

Baca Juga : Puan Luncurkan Torch Relay Asian Games 2018

"Penyerahan SK TPG (Tunjangan Profesi Guru) merupakan bentuk perhatian dan penghargaan pemerintah kepada guru atas profesionalitas guru," tegas Menko Puan.

"Kepada seluruh penerima bantuan, gunakan bantuan-bantuan tersebut dengan tepat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan," sambung dia.

Turut serta mendampingi kunker Menko PMK di Kota Malang, Jawa Timur, Mendikbud Muhadjir Effendy; Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah; Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto; Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Alex Indra Lukman dan Alfi Reziani; Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko; serta para pejabat Eselon I Kemenko PMK.
Bagikan :

Reporter : Ahmad Sahroji
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Peristiwa
20 Agustus 2018 12:46 WIB

Tak Datang ke Bawaslu, Andi Arief ada di Bali

Dia siap hadir kalau pemeriksaannya dijadwal ulang
Nasional
20 Agustus 2018 12:06 WIB

Ada Komunikasi Tak Sampai di Internal Prabowo-Sandiaga

Karena Prabowo berpesan jangan kritik Asian Games, eh malah ada yang ngkritik
Ekonomi
20 Agustus 2018 11:31 WIB

Pidato Ketua MPR Dikuliti Habis Sri Mulyani

44 persen utang, ada andil pemerintahan sebelumnya dan Zulkifli ada di kabinet  …
Peristiwa
20 Agustus 2018 10:21 WIB

Bawaslu Panggil Andi Arief Kasus Mahar Sandiaga

Dalam kasus ini ada tiga orang yang diperiksa hari ini, salah satunya Andi Arief
Nasional
20 Agustus 2018 09:36 WIB

Ketum PPP Diperiksa KPK

Dia diperiksa untuk kasus suap dana perimbangan keuangan