Kamis, 18 April 2019
Suasana pemungutan suara di TPS Den Haag (Twitter/@kbridenhaag)
14 April 2019 21:07 WIB

WNI di Belanda Benar-benar Jadikan Pemilu Pesta Demokrasi

Semoga kita yang ada di Tanah Air sendiri juga bisa memberi makna positif pada pemilu
Bagikan :


Jakarta, era.id - Jelang pemilu serentak di Tanah Air, puluhan ribu saudara sebangsa di negeri orang telah lebih dulu menentukan pilihan. Berbagai cerita tercipta. Di Belanda, masyarakat Indonesia betul-betul menjadikan pemilu sebagai ajang berpesta demokrasi penuh kehangatan dan nilai persaudaraan.

Kisah ini dituliskan oleh seorang tokoh militer nasional, Chappy Hakim. Sabtu kemarin (13/4) waktu setempat, Chappy bersama sang istri dan ribuan WNI lain melaksanakan pemungutan suara di Den Haag, tepatnya di Sekolah Indonesia Den Haag yang terletak di Rijksstraatweg.

Pesan penting yang ditangkap Chappy adalah, suasana pencoblosan di Belanda benar-benar terasa membahagiakan, jauh dari hiruk-pikuk busuk politik yang terlihat di media-media massa dalam negeri dan media-media sosial anak negeri. Di sana, pencoblosan bukan hanya jadi agenda politik, tapi juga jadi ajang kumpul masyarakat Indonesia yang tengah berada di Negeri Kincir.

"Yang sangat istimewa saya alami pagi tadi adalah betapa akrabnya rasa persaudaraan masyarakat Indonesia di Negeri Belanda yang tengah bersama-sama mengikuti pemilu di Den Haag," tulis Chappy dikutip dari situs pribadinya, Minggu (14/4/2019).


Baca Juga : BPN Desak KPU Cabut Izin Quick Count Lembaga Survei



Suasana pemungutan suara di TPS Den Haag (chappyhakim.com, Twitter/@kbridenhaag)



Melihat gambaran ini, Chappy mengaku optimis penyelenggaraan pemilu akan berjalan lancar. Antusiasme WNI di Belanda, kata Chappy adalah hal yang luar biasa. Meski dibalut udara dingin bersuhu 4-3 derajat celcius, seluruh WNI tampak bersemangat menyumbangkan hak suara mereka.

Sejak TPS dibuka sekitar pukul 9 pagi hingga ditutup pukul 7 malam, antrean pemilih tampak terus terisi. Memang, merujuk data KBRI di Den Haag, setidaknya ada 11.000 WNI yang tinggal di Belanda, di mana 9.000 di antaranya adalah pemilih.

"Saya sendiri beserta istri setelah memperlihatkan surat “pindah coblos” yang dibawa dari Jakarta, langsung sudah tercantum dalam daftar pemilih yang terdapat di panitia penyelenggara."

Selain ajang kumpul dengan saudara sebangsa lain, hari pencoblosan di Den Haag juga menjadi hari yang indah buat lidah-lidah WNI, sebab panitia juga menyiapkan aneka hidangan menu Nusantara seperti sate ayam, sate kambing, gado-gado, pempek, lengkap dengan kerupuk udang serta aneka sambal khas Nusantara.

Bagikan :
Topik :

Reporter : Yudhistira Dwi Putra
Editor : Yudhistira Dwi Putra
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Peristiwa
18 April 2019 19:19 WIB

Prabowo Bantah Bertemu Utusan Jokowi

Utusan presiden QC bertemu presiden RC BPN, bingung kan shay~
Nasional
18 April 2019 19:07 WIB

BPN Desak KPU Cabut Izin Quick Count Lembaga Survei

BPN sebut sejumlah kejanggalan dalam quick count
Peristiwa
18 April 2019 19:01 WIB

Prabowo Klaim Kemenangannya Ditemani Sandiaga

Dua capres ngaku menang, biar adil bikin dua shift aja kali yak~
Peristiwa
18 April 2019 18:09 WIB

Alasan Jokowi Kembali Kumpulkan Koalisinya di Plataran Resto

Karena Platara Resto adalah koentji~
Analisa
18 April 2019 18:03 WIB

Psikolog: Caleg Stres karena Terlalu Ngarep Menang

Sabar ya leg, emang nasibnya begitu~