Rabu, 13 November 2019
Gedung Merah Putih KPK. (Wardhany/era.id)
11 Juli 2019 16:37 WIB

Menanti Wajah Baru Pimpinan KPK

Kira-kira siapa ya pimpinan KPK selanjutnya?
Bagikan :


Jakarta, era.id - Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK telah melakukan tugas awalnya, seleksi administrasi. Hasilnya, dari 376 calon yang mendaftar, sebanyak 192 nama berhasil lolos ke tahap selanjutnya seleksi capim KPK. Mereka berasal dari berbagai latar belakang profesi.

"Pendaftar yang dinyatakan lulus administrasi diwajibkan melakukan seleksi selanjutnya yaitu uji kompetensi yang meliputi objective test dan penulisan makalah," kata pansel capim KPK Yenti Garnasih di Gedung Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

Melanjutkan Yenti, anggota pansel capim KPK Harkristuti Harkrisnowo mengatakan, uji kompetensi ini bakal menguji peserta soal kewenangan KPK secara mendetail. Tak hanya itu, mereka bakal ditanya tentang pengetahuan mereka soal korupsi, termasuk soal koordinasi dan supervisi.

"Semua hal-hal yang berkaitan dengan korupsi itu sendiri. Seperti tindak pidana, ruang lingkupnya termasuk penindakan, pencegahan, koordinasi dan supervisi," ungkap Harkristuti.


Baca Juga : Misteri Kasus Korupsi Besar yang Mandek di KPK

Para kandidat yang lolos tahap awal uji administrasi, didominasi pendaftar pria sebanyak 180 orang, sedangkan dari perempuan hanya 12 orang.

Sementara, dilihat dari latar belakang profesi, mereka yang lolos berasal dari kalangan akademisi, advokat dan konsultan hukum. Serta, kalangan korporasi swasta, BUMN, dan BUMD.

Tak hanya itu, seleksi capim KPK ini juga diikuti kalangan penegak hukum seperti jaksa dan hakim. Ada juga dari kalangan PNS serta pensiunan PNS.

Pada seleksi ini, TNI mengirimkan anggotanya untuk ikut seleksi, namun sayangnya tidak lolos tahap selanjutnya. Sementara, dari Polri, ada beberapa yang lolos. Di antaranya, Wakabareskrim Polri Irjen Pol Antam Novambar, Deputi bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN Irjen Pol Dharma Pongrekun, Karosunluhukum Divisi Hukum Polri Brigjen Pol Agung Makbul dan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Firli Bahuri yang juga sempat menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK.

Untuk kalangan internal KPK, dari 18 orang yang mendaftar hanya 13 orang yang dinyatakan lolos. Mereka yang lolos ini di antaranya Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, Laode Muhammad Syarif, dan Alexander Marwata. Lalu, ada juga nama Pahala Nainggolan yang kini menjabat sebagai Deputi Pencegahan KPK. Kemudian, Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Komisi Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono, serta Direktur Pembinaan Jaringan dan Kerja Sama Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) Sujanarko.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Wardhany Tsa Tsia
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
13 November 2019 19:25 WIB

Jurus Baru Jokowi Sederhanakan Regulasi

Bikin badan baru lagi
Nasional
13 November 2019 18:57 WIB

Pelajaran Penting: Jangan Belajar Agama di Medsos

Kalau cara belajarnya salah, ke sananya juga salah mblo~
Nusantara
13 November 2019 18:43 WIB

Pengemudi Ojol Tak Terpengaruh Aksi Bom Medan

Pengemudi ojol bukan teroris!
megapolitan
13 November 2019 18:11 WIB

Duh, Skuter Listrik Bikin Rusak JPO Kekinian

Lantainya kan dari panel kayu, kena roda rusak dong..
Nasional
13 November 2019 17:48 WIB

Buntut Bom Medan, Rekrutmen Ojol Bakal Diperketat

Kemenhub minta ojek online review proses rekrutmen mitra pengemudi