Kamis, 20 September 2018
(Foto: setkab.go.id)
14 September 2018 19:34 WIB

Hakim Penyidang Kopi Sianida Lolos Seleksi Hakim MA

Nah hakim Albertina Ho yang memvonis mafia pajak Gayus Tambunan juga lolos loh
Bagikan :
Jakarta, era.id - Sebanyak 82 calon hakim agung (CHA) lolos tahap seleksi administrasi Komisi Yudisial (KY). Menariknya sejumlah nama hakim tenar yang sempat mendapat perhatian publik juga lolos tahap seleksi ini.

Bila dirinci 82 CHA yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ini terdiri dari 50 hakim karier. Sisanya, 18 orang dari kalangan akademisi; 1 orang notaris; 3 orang advokat; dan 10 orang profesi lain.

"Berdasarkan jenis kamar yang dipilih, sebanyak 24 orang memilih kamar Pidana, 27 orang memilih kamar Perdata, 15 orang memilih kamar Agama, 6 orang memilih kamar TUN (khusus pajak), dan 10 orang memilih kamar Militer," ujar Juru Bicara KY Farid Wajdi dalam keterangannya, Jumat (14/9/2018).

Nah yang menarik, Hakim Albertina Ho yang pernah memvonis mafia pajak Gayus Tambunan dan  Hakim Binsar Gultom yang terkenal saat memimpin sidang kasus racun Sianida Jessica Kumala Wongso lolos seleksi calon hakim agung. Keduanya terdaftar untuk seleksi hakim pada kamar Pidana.

Capture KY seleksi Calon Hakim Agung

Enggak cuma mereka saja yang lolos seleksi, nama Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Simedewai juga mengikuti seleksi CHA dan lolos administrasi. Selain itu ada Hakim Gusrizal yang pernah memvonis Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq terpidana kasus suap impor daging sapi.

Mereka yang lolos seleksi akan lanjut kembali mengikuti seleksi kualitas di Balitbangdiklatkumdil Mahkamah Agung (MA), Mega Mendung,  Bogor. Farid mengatakan, semua CHA yang lolos telah sesuai dengan kualifikasi.

Ditambahkan Farid, KY mengharapkan partisipasi masyarakat untuk memberikan infomasi bila ada CHA yang tidak berintegritas baik kapasitas maupun perilakunya. Sehingga KY dapat menyeleksi ulang setiap karakter CHA yang akan lolos ke tahap selanjutnya.
Bagikan :

Reporter : Wardhany Tsa Tsia
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Teknologi
20 September 2018 07:49 WIB

Kangen Main PS Jadul, Tenang Ada PlayStation Classic

Buat yang kangen mainin PS Jadul nih
Olahraga
20 September 2018 07:39 WIB

Ada Mariano, Madrid Tidak Butuh Ronaldo?

Eits, santai...ini baru pertandingan pertama
Peristiwa
20 September 2018 07:31 WIB

Menunggu Kejutan Nomor Urut untuk Jokowi

Akankah nomor dua jadi milik Jokowi?
Internasional
20 September 2018 06:56 WIB

Seekor Kucing di London Ketahuan Bawa Narkoba

Waduh Kok bisa begitu kucing bawa narkoba? 
Olahraga
20 September 2018 06:25 WIB

Ronaldo Diusir Wasit, Juventus Sikat Valencia 2-0

Ini kartu merah pertama Ronaldo di Liga Champions