Senin, 09 Desember 2019
Ilustrasi (Pixabay)
16 April 2019 07:49 WIB

Kenapa Uban Muncul di Usia Muda? Mari Kita Cari Tahu

Mulai dari faktor lingkungan, sampai faktor genetika, bisa memicu uban muncul di kala muda
Bagikan :


Jakarta, era.id - Rambut yang mulai memutih adalah keniscayaan, khususnya ketika kamu memasuki usia lanjut. Tapi, tumbuh uban kadang jadi masalah tersendiri, apalagi kalau uban itu muncul di usia muda. Kadang masalah ini dapat menurunkan kepercayaan diri. 

Dilansir dari The Times of India, Selasa (16/4/2019), polusi bisa jadi penyebab rambut kamu putih. Polutan di lingkungan menghasilkan radikal bebas yang merusak melanin dan meningkatkan laju penuaan rambut.

Selain itu, stres juga bisa bikin rambut kamu putih lebih cepat. Sebab, stres mempercepat kepadatan genetik dan akibatnya mengubah warna rambut. Karena itu, cobalah untuk mengelola stres jika ingin warna rambut kamu tetap sama.

Selanjutnya, rokok. Rokok dapat membuat kamu beruban, meski kamu hanya perokok pasif. Paparan asap rokok dapat berdampak pada warna rambut. Sesuai penelitian yang dipublikasikan pada 2013, orang yang merokok memiliki peluang 2,5 kali lebih tinggi untuk mengubah rambutnya menjadi abu-abu. Karena itu, berhentilah merokok supaya tak tampak tua.


Baca Juga : Stevia, Tanaman Pengganti Gula yang Ternyata Obat Diabetes

Kemudian, penyebab munculnya uban di usia mudah adalah perubahan hormon. Rambut kamu bisa kehilangan tekstur, kerapatan, dan warnanya seiring waktu karena perubahan hormon. Proses ini umumnya dimulai ketika berusia 30 dan kamu dapat menyaksikan perbedaan mencolok dalam warna rambut Anda.

Kurang gizi juga ternyata dapat membuat cepat ubanan. Jika kamu tidak memasukkan semua nutrisi penting dalam daftar makananmu, maka rambut kamu mungkin mulai memutih pada usia muda. Tingkat vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan rambut menjadi kering, menipis, dan beruban prematur.

Lalu, sejumlah kondisi medis yang membuat uban muncul. Beberapa penyakit autoimun juga bisa membuat rambut kamu menjadi abu-abu. Penyakit autoimun menyerang sel-sel di dalam tubuh dan mengakibatkan rambut beruban prematur.

Dan terakhir, uban yang cepat tumbuh di rambut kamu adalah karena genetika dari orang tua yang juga ubanan di usia muda. 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Bagus Santosa
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
08 Desember 2019 19:22 WIB

Mengapa Mahasiswa Mudah Depresi dan Rentan Bunuh Diri?

Mari simak penjelasannya lewat artikel ini
megapolitan
08 Desember 2019 18:41 WIB

Menapaki Jejak Kenangan di Lima Stasiun Ibu Kota

Kami ikut walking tour bertajuk 'Jelajah Stasiun Kereta Legendaris',…
Lifestyle
08 Desember 2019 17:07 WIB

VIDEO: Movie Update of the Week

Ada film Cats dan Dignitate
Nasional
08 Desember 2019 16:01 WIB

Kontingen Indonesia di Sea Games 2019 Penuhi Target Jokowi

Sebelumnya Jokowi menargetkan perolehan 60 medali emas pada ajang ini
Nusantara
08 Desember 2019 15:11 WIB

Alami Serangan Jantung, Pendaki Gunung Prau Meninggal Dunia

Pendaki tersebut diketahui berasal dari Depok, Jawa Barat