Jumat, 21 Juni 2019
Ilustrasi (Pixabay)
16 April 2019 07:49 WIB

Kenapa Uban Muncul di Usia Muda? Mari Kita Cari Tahu

Mulai dari faktor lingkungan, sampai faktor genetika, bisa memicu uban muncul di kala muda
Bagikan :


Jakarta, era.id - Rambut yang mulai memutih adalah keniscayaan, khususnya ketika kamu memasuki usia lanjut. Tapi, tumbuh uban kadang jadi masalah tersendiri, apalagi kalau uban itu muncul di usia muda. Kadang masalah ini dapat menurunkan kepercayaan diri. 

Dilansir dari The Times of India, Selasa (16/4/2019), polusi bisa jadi penyebab rambut kamu putih. Polutan di lingkungan menghasilkan radikal bebas yang merusak melanin dan meningkatkan laju penuaan rambut.

Selain itu, stres juga bisa bikin rambut kamu putih lebih cepat. Sebab, stres mempercepat kepadatan genetik dan akibatnya mengubah warna rambut. Karena itu, cobalah untuk mengelola stres jika ingin warna rambut kamu tetap sama.

Selanjutnya, rokok. Rokok dapat membuat kamu beruban, meski kamu hanya perokok pasif. Paparan asap rokok dapat berdampak pada warna rambut. Sesuai penelitian yang dipublikasikan pada 2013, orang yang merokok memiliki peluang 2,5 kali lebih tinggi untuk mengubah rambutnya menjadi abu-abu. Karena itu, berhentilah merokok supaya tak tampak tua.


Baca Juga : Asap Rokok yang Nempel di Baju Picu Pneumonia pada Balita

Kemudian, penyebab munculnya uban di usia mudah adalah perubahan hormon. Rambut kamu bisa kehilangan tekstur, kerapatan, dan warnanya seiring waktu karena perubahan hormon. Proses ini umumnya dimulai ketika berusia 30 dan kamu dapat menyaksikan perbedaan mencolok dalam warna rambut Anda.

Kurang gizi juga ternyata dapat membuat cepat ubanan. Jika kamu tidak memasukkan semua nutrisi penting dalam daftar makananmu, maka rambut kamu mungkin mulai memutih pada usia muda. Tingkat vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan rambut menjadi kering, menipis, dan beruban prematur.

Lalu, sejumlah kondisi medis yang membuat uban muncul. Beberapa penyakit autoimun juga bisa membuat rambut kamu menjadi abu-abu. Penyakit autoimun menyerang sel-sel di dalam tubuh dan mengakibatkan rambut beruban prematur.

Dan terakhir, uban yang cepat tumbuh di rambut kamu adalah karena genetika dari orang tua yang juga ubanan di usia muda. 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Bagus Santosa
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
20 Juni 2019 22:03 WIB

Lewat Tulisan, Ahli KPU Jelaskan Anak Perusahaan Bukan BUMN

Biar semuanya menjadi terang benderang lur~
Nasional
20 Juni 2019 21:32 WIB

Kubu Prabowo Tak Puas Jawaban Saksi Ahli KPU

Kubu Prabowo mempertanyakan Situng rawan disusupi
Nasional
20 Juni 2019 21:25 WIB

KPU Ragukan Kualitas Saksi dan Ahli Kubu Prabowo

"Ngomongnya plintat-plintut gitu," katanya
Nasional
20 Juni 2019 21:11 WIB

Dapat Promosi Jabatan, Deputi Penindakan KPK Balik ke Polri

Di mana pun berada sing penting mengabdi untuk bangsa dan negara
Nasional
20 Juni 2019 20:26 WIB

Perdebatan Situng di Sidang MK

Jadi sebenarnya Situng itu apa sih? Si Pitung, ane tahu~~