Kamis, 18 April 2019
Ilustrasi (Mahesa ARK/era.id)
18 September 2018 19:00 WIB

Era in Podcast - Komitmen Pemberantasan Korupsi

Nah gimana nih kalau surat suara kita nanti diisi oleh caleg korup? Hhhmmmm...
Bagikan :


Jakarta, era.id - Era in Podcast merupakan podcast berita indonesia terkini yang akan menyajikan informasi menarik. Kamu hanya cukup klik tombol "play" di bawah ini untuk mendengarkan podcast. Inilah cara baru untuk menikmati berita. 



Bagi kamu pengguna Spotify, kamu bisa mendengarkan podcast kami di sini.

Beberapa waktu lalu, Mahkamah Agung menganulir Peraturan Komisi Pemilihan Umum yang memuat larangan narapidana korupsi untuk maju sebagai caleg. Artinya, kini ada kemungkinan caleg-caleg korup itu maju dalam Pemilu 2019.


Baca Juga : Sepuluh Tahun In Medio

Kebayang gak kalo terpidana korupsi nanti jadi wakil rakyat kita?

Kira-kira, begini analogi dari kekacauan yang barangkali bakal timbul dari terpilihnya para caleg korup. Kamu tahu kan, untuk dipilih sebagai pimpinan KPK, seseorang harus bebas dari perbuatan tercela. Untuk jadi anggota BPK, salah satu syaratnya adalah enggak pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Atau jika seseorang ingin jadi anggota Komisi Yudisial, dia harus bebas dari segala pidana.

Nah, untuk jadi Hakim Agung, seseorang harus bebas dari catatan sanksi pemberhentian karena pelanggaran kode etik. Masalahnya, posisi-posisi penting di atas dipilih oleh anggota DPR.

Tapi, itulah skenario terburuknya: surat suara kita diisi nama-nama koruptor.

Nah, kamu gimana nih menyikapi kondisi ini? Kita bahas bareng-bareng yuk di kolom komentar.
Bagikan :

Reporter : ERA.ID
Editor : Mahesa ARK , Yudhistira Dwi Putra
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Peristiwa
18 April 2019 19:19 WIB

Prabowo Bantah Bertemu Utusan Jokowi

Utusan presiden QC bertemu presiden RC BPN, bingung kan shay~
Nasional
18 April 2019 19:07 WIB

BPN Desak KPU Cabut Izin Quick Count Lembaga Survei

BPN sebut sejumlah kejanggalan dalam quick count
Peristiwa
18 April 2019 19:01 WIB

Prabowo Klaim Kemenangannya Ditemani Sandiaga

Dua capres ngaku menang, biar adil bikin dua shift aja kali yak~
Peristiwa
18 April 2019 18:09 WIB

Alasan Jokowi Kembali Kumpulkan Koalisinya di Plataran Resto

Karena Platara Resto adalah koentji~
Analisa
18 April 2019 18:03 WIB

Psikolog: Caleg Stres karena Terlalu Ngarep Menang

Sabar ya leg, emang nasibnya begitu~