Sabtu, 24 Agustus 2019
Ilustrasi (Pixabay)
12 Juni 2019 12:59 WIB

Lima Destinasi Snorkeling di Raja Amat yang Dikenal Surganya Ikan

Raja Ampat i am coming~
Bagikan :


Waisai, era.id - Untuk kamu yang berencana mengunjungi Raja Ampat, Papua Barat, rasanya tak lengkap jika belum berwisata ke Pulau Waigeo. Tempat yang satu ini menyimpan lima destinasi snorkeling yang terkenal dengan sebutan surga ikan.

Lima destinasi snorkeling terindah di Waigeo tersebut adalah Kampung Arborek, Kabupaten Sawinggrai, Kampung Sawendarek, Kampung Yenbuba, dan Priwn Wol.

Kelima destinasi tersebut disebut surga ikan karena tanpa harus menyelam ke dasar laut wisatawan dapat melihat berbagai jenis ikan karang bahkan anak ikan hiu putih.


Ilustrasi (Pixabay)


Baca Juga : Menikmati Sunset dan Lumba-lumba di Pantai Lovina

"Saya sudah berkunjung ke Kampung Arborek, Kabupaten Sawinggrai, Kampung Sawendarek, Kampung Yenbuba, dan Priwn Wol cukup snorkeling dapat melihat berbagai jenis ikan karang serta terumbu karang yang mempesona," kata Ayuna wisatawan asal Surabaya di Waisai, seperti dikutip Antara, Rabu (12/6/2019).

Dia mengatakan, tanpa snorkeling pun wisatawan dapat melihat berbagai jenis ikan dari atas dermaga dengan cara memberi sisa makanan. Ayuna berharap keindahan dan keunikan lima destinasi tersebut bahkan Raja Ampat secara utuh dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat sehingga keindahan itu tetap berkelanjutan sepanjang masa.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa Raja Ampat banyak ikan terutama lima destinasi tersebut karena masyarakat menjaga kelestarian laut.

Dia menjelaskan bahwa di Kabupaten Raja Ampat terdapat salah satu tradisi masyarakat lokal guna menjaga laut yang diberi nama Sasi.

Tradisi Sasi, kata dia, merupakan satu komitmen bersama masyarakat adat untuk menjaga kelestarian alam yang sudah berlangsung sejak dahulu kala.


Infografis (Ilham/era.id)

"Apabila masyarakat lokal di kampung-kampung Raja Ampat menyatakan Sasi laut maka tidak ada aktivitas penangkapan ikan secara liar," ujarnya.

Karena itu, tambah Yusdi, sebagian besar kampung wisata di Raja Ampat, terutama lima Kampung tersebut tanpa menyelam wisatawan dapat melihat berbagai jenis ikan karang.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Ahmad Sahroji
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
megapolitan
24 Agustus 2019 17:35 WIB

Efek Medsos, Sentra Buku di Pasar Kenari Kembali Ramai

Medsos menunjukkan keajaibannya~
Lifestyle
24 Agustus 2019 16:44 WIB

Ada Deal Baru Disney-Sony Buat Spider-Man

 habis kongkow bareng sama Mr. Stark~
Lifestyle
24 Agustus 2019 15:25 WIB

VIDEO: Movie Update of the Week

Ada Film Angel Has Fallen dan Scary Stories to Tell in the Dark
Nasional
24 Agustus 2019 14:24 WIB

Mimpi Besar Gubernur Kaltara di PLTA Sungai Kayan

Dengan pengalaman dan pengetahuan, Irianto menyebut proyek ini berdampak baik bagi negara
megapolitan
24 Agustus 2019 13:56 WIB

Hidden Spot Belanja Buku di Tengah Ingar Bingar Jakarta

Adanya di Pasar Kenari ya gaes~