Senin, 16 September 2019
Asus Zenfone 6 (Twitter @Asus)
17 Mei 2019 19:33 WIB

Flagship Asus Zenfone 6 Berkamera Unik

Kameranya cuma dua doang loh~ dan tanpa notch
Bagikan :


Jakarta, era.id - Asus resmi memperkenalkan smartphone flagship barunya Zenfone 6 di Valencia, Spanyol. Dibanding seri pendahulunya, Zenfone 6 tampil unik dengan mengusung kamera yang bisa dilipat.

Dengan mekanisme kamera lipat atau yang disebut Asus sebagai Flip Motorise Camera ini, memungkinkan kamera belakang Zenfone 6 bisa difungsikan juga sebagai kamera depan. 

Berkat mekanisme kamera yang bisa dilipat, itu artinya tampilan layar Zenfone 6 berukuran 6,4 inci akan bebas dari poni atau notch. Bisa dibilang, bagian depannya didominasi 92 persen layar LCD IPS yang mencakup bazel yang tipis.




Baca Juga : Spesifikasi Lengkap Vivo V17 Pro yang Bikin Ngiler

Meski datang sebagai smartphone kelas flagship, Asus tidak menyematkan sensor fingerprint on display seperti Samsung, Vivo atau Huawei. Fitur keamanan biometrik itu tetap diletakkan di bagian belakang ponsel. 

Untuk dapur pacunya, Zenfone 6 ditenagai chipset Snapdragon 855 yang ditemani RAM hingga 8 GB dan internal storage berteknologi UFS 2.1 hingga 256 GB. Asus juga telah menyisipkan slot untuk menampung dua kartu SIM sekaligus dengan sebuah kartu microSD yang support 2 TB.

Kembali bahas soal kameranya, Asus mengemas kamera Zenfone 6 dengan dua kamera saja. Kombinasi kamera yang dimuat adalah lensa utama 48 MP f/1.8 dengan sensor Sony IMX586 ditambah lensa ultra-wide 13 MP dengan 125 derajat.

Kamera yang ada pada Zenfone 6 mampu merekam video 40K pada 60fps dengan dukungan Electronic Image Stabilization (EIS). Bahkan, ini juga bisa dilakukan dalam mode selfie dan mekanisme rotasi dapat digunakan untuk memotret panorama secara otomatis atau proximity sensor.
 

Selain itu, Asus juga mengembangkan HDR+ Enhanced dan Night Mode, yang mengandalkan sintesis multi-bingkai untuk meningkatkan kualitas gambar. Mekanisme kamera pada Zenfone 6 juga bisa diatur secara manual untuk membuatnya bisa memutar lensa 180 derajat.

Asus juga mengklaim mengenai durabilitas kamera flip-up yang ada pada Zenfone 6. Dikatakan, dukungan kameranya itu sudah diuji 100 ribu kali flip, yang artinya 28 kali selfie per hari selama lima tahun. 

Ponsel flagship Asus ini juga dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan dukungan Quick Charge 4.0. Karena memiliki kapasitas baterai yang terbilang besar, ASUS juga menyisipkan fitur 10W Reverse Charge. Itu artinya ponsel ini bisa mengisi daya ponsel lainnya. 

Tampilan antarmukanya masih mengusung ZenUI 6 yang sedikit mengalami modifikasi seperti stok Android 9 Pie sebagai basisnya. 
Tidak ketinggalan, smartphone yang telah dibekali fitur NFC ini juga memproteksi layarnya dengan Corning Gorilla Glass 6 dan bingkainya berupa alumunium 6000-series. 
 

Dukungan lainnya adalah berkaitan dengan kualitas audio dan ASUS telah menyematkan amplifier ganda serta sertifikasi Hi-Res Audio. Menariknya saat ponsel flagship lainnya menghilangkan audio jack, Asus tetap memberikan port jack audio 3.5mm pada smartphonenya yang mendukung headphone ZenEar dengan sertifikasi Hi-Res.

Yang lebih penting lagi, Asus tidak mematok harga terlalu tinggi untuk seri terbarunya ini. Dikutip dari The Verge, Asus ZenFone 6 dengan 6 GB RAM dengan penyimpanan 64 GB dibanderol 499 euro, atau sekitar Rp8 jutaan. Dan 559 euro atau setara Rp9 juta untuk RAM 6 GB/128 GB, dan 599 euro setara Rp9,6 juta untuk RAM 8 GB/256 GB.
Bagikan :

Reporter : Ramdan Febrian Arifin
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
15 September 2019 20:31 WIB

Wawancara: Masa Depan Perjuangan Habibie Center

Bagaimana Habibie Center melanjutkan perjuangan selepas kepergian Habibie?
Internasional
15 September 2019 19:44 WIB

Wabah Ebola Seret Menteri Kesehatan Kongo ke Penjara

Kini sang menteri harus bertanggung jawab atas perbuatannya
Nasional
15 September 2019 16:39 WIB

Habibie: Bapak Teknologi Penggila Diskusi

Wawancara kami dengan Wakil Ketua Habibie Center
Lifestyle
15 September 2019 14:49 WIB

VIDEO: Movie Update of the Week

Ada film Gemini Man dan SIN: Saat Kekasihmu adalah Kakakmu Sendiri
Lifestyle
15 September 2019 13:49 WIB

Berprakarya dengan Limbah Daur Ulang Styrofoam

Manfaatkan limbah plastik jadi karya seni~