Selasa, 17 September 2019
Presiden Ke-6 SBY menemani istrinya, Ani Yudhoyono (Foto via Instagram @aniyudhoyono)
01 Juni 2019 12:49 WIB

Tuhan Punya Rencana Lain untuk Ani Yudhoyono

Dokter sudah berupaya sangat maksimal mengembalikan kondisi Ani Yudhoyono
Bagikan :


Jakarta, era.id - Manusia bisa berusaha, tapi Tuhan yang menentukan. Kalimat bijak itu kembali terbukti. Seluruh upaya dan usaha sudah dikerahkan pihak keluarga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk bisa bikin sembuh Ani Yudhoyono dari penyakit kanker darah. Tapi Tuhan punya rencana lain.

Salah satu tim dokter kepresidenan, dokter Terawan mengatakan, beberapa hari belakangan ini, kondisi Ani Yudhoyono memang menurun drastis. Gabungan dari sejumlah dokter, mulai dari Indonesia, National University Hospital hingga Amerika Serikat, terus berupaya mengembalikan kondisi Ani ke level normal.

"Apa yang dilakukan untuk Bu Ani memang sudah sangat maksimal, dan kami semua harapannya bisa berbuat baik. Namun Tuhan punya rencana lain," kata Terawan di NUH, Singapura, Jumat (1/6/2019).

Ani Yudhoyono, kata Terawan, memang sengaja ditidurkan oleh pihak kedokteran. Bahkan Ani Yudhoyono sempat juga mengalami gagal nafas sehingga harus memakai respirator.


Baca Juga : Pidato Jokowi yang Bikin SBY Berkaca-kaca

"Sudah berlangsung usaha-usaha untuk men-support beliau, namun upaya yang dilakukan secara maksimal itu belum membawa hasil karena ada kehendak Yang Maha Esa," sambung Terawan yang menegaskan kondisi drop tiba-tiba Ani Yudhoyono karena perjalanan penyakitnya.

Terawan juga memastikan kalau wacana transplantasi donor sumsum tulang belakang dari Pramono Edhie Wibowo, belum bisa dilakukan. Persiapan sudah dilakukan, tapi tim dokter punya perhitungan lain kala melihat kadar penyakit yang diidap Ani Yudhoyono.

"Tapi perjalanan penyakit yang tak memungkinkan dilakukan pendonoran," tutup Terawan didampingi Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan.



Ani Yudhoyono meninggal di Singapura sekitar pukul 11.50 WIB waktu setempat. Rencananya, setelah dari rumah sakit, jenazah Ani Yudhoyono akan dibawa ke Kedutaan Besar RI (KBRI) di Singapura untuk disemayamkan, dimandikan, dan selanjutnya disalatkan di Masjid dalam Kompleks KBRI.    

Jenazah Ani Yudhoyono akan dibawa menggunakan pesawat hercules, Minggu (2/6) esok hari sekitar pukul 07.00 waktu Singapura. Selanjutnya, jenazah akan disemayamkan di kediaman keluarga Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
Bagikan :

Reporter : Wardhany Tsa Tsia , Diah Ayu Wardani , Mery Handayani
Editor : Moksa Hutasoit
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
17 September 2019 19:43 WIB

Klaim Pembahasan RUU KPK yang Tak Buru-Buru

Kata mereka yang buat, ini bukan barang baru karena sudah lama dibahas
Nasional
17 September 2019 19:28 WIB

Pengesahan RUU KPK di Tengah Derasnya Arus Penolakan

Tok! DPR resmi sahkan RUU KPK yang dianggap melemahkan pemberantasan korupsi
Internasional
17 September 2019 19:02 WIB

Kisah Penyintas Kanker Pecahkan Rekor Renang di Inggris

Setahun lalu, ia menderita kanker. Hari ini ia jadi salah satu perenang terkuat di bumi
Internasional
17 September 2019 19:01 WIB

Vladimir Putin Kutip Ayat Alquran Serukan Perdamaian di Yaman

Karena berdamai itu indah mblo~
Nasional
17 September 2019 17:56 WIB

Dewan Pengawas KPK di Tangan Presiden

Presiden akan segera membentuk panitia seleksi untuk mencari anggota Dewan Pengawas