Sabtu, 24 Agustus 2019
Brighburn (Variety)
14 Mei 2019 12:56 WIB

Brightburn, Antitesis Superman yang Mengerikan

Warning, konten ini berisi spoiler!~
 
Bagikan :
Jakarta, era.id - Kalian ingat dengan awal cerita Superman, seorang bayi asal krypton yang mengungsi di Bumi dan diasuh oleh keluarga Kent, hingga tumbuh jadi sosok superhero. Premis film yang sederhana ini berhasil diimplementasikan oleh David Yarovesky dalam film Brightburn.

Meski sama-sama berasal dari luar angkasa, nyatanya sosok bayi di film Brightburn bukan seorang superhero. Sebab Brightburn justru menghadirkan aksi anak sadis dengan kekuatan supernya untuk meneror orang-orang disekitarnya.

Seperti yang dibilang di awal, kalau film ini punya premis yang sederhana. Tapi ditangan James Gunn, image bayi super dari luar angkasa itu punya tujuan lain yang pastinya bukan jadi superhero di Bumi.

Adegan awal film dimulai dengan pasangan suami istri Breyer yang lagi wik-wikan karena sudah lama mendambakan momongan. Sampai suatu ketika dapat 'bintang jatuh' berupa seorang bayi dalam pesawat luar angkasa.



Alur cerita Brightburn yang dibuat sederhana to the point dan tidak bertele-tele. Adegan demi adegan tumbuh kembang bayi luar angkasa yang diberi nama Brandon Breyer (Jackson A. Dunn) itu tinggal di kota kecil Brightburn.

Tori Breyer (Elizabeth Banks) dan Kyle Breyer (David Denman) mungkin sosok orangtua yang sempurna bagi Brandon. Namun, berbagai peristiwa aneh bin ajaib yang terjadi di sekitarnya membuat keluarga kecil bahagia ini mulai goyah. Terlebih setelah Brandon meracau bahasa alien dari dalam gudang.

Mungkin ada isu parenting di film ini. Apalagi sosok Brandon dalam usia pubertas mulai kucing-kucingan dan menyembunyikan ketertarikan dengan perempuan yang disukainya di sekolah. Wajah datar yang selalu dipasang Brandon sepanjang film juga menjadi kunci ketakutan dari film ini.

Jumpscare dan Fatality

Jelas genre utama film Brightburn adalah horor thriller. Atmosfer penuh teror dan horor terbangun baik di film ini. Penempatan jumpscarenya pas dan enggak berlebihan, yang sukses memacu jantung penontonya.

Meski begitu, jumlahnya enggak berlebihan dan sembarangan. Eksekusinya juga cukup elegan, dan enggak sekadar bikin kaget via sound effek dalam bioskop. 

Enggak tanggung-tanggung, Brighburn dihiasi sejumlah adegan gore (berdarah) yang terbilang sadis dan penuh shock value. Entah James Gunn atau David Yarovesky yang keganjringan game Mortal Kombat, makanya tiap adegan eksekusi Brandon Breyer seperti Fatality dari game tarung bebas itu.



Sekadar info buat kalian, durasi film ini terbilang singkat buat kalian penikmat action movies, hanya 90 menit atau 1,5 jam saja. Terasa kurang buat kalian untuk mengeksplorasi cerita setiap karakternya. 

Tapi Brightburn justru membuka ending ceritanya, dengan meninggalkan sosok Brandon Breyer seorang diri setelah membantai habis keluarganya. Apalagi ada cuplikan singkat kehidupan si Brightburn sebelum credit scenenya yang memperlihatkan Brandon Breyer meneror penduduk Bumi.

Ingin bilang kalau Brightburn bukanlah film superhero, apalagi antihero macam Deadpool atau The Punisher. Jelasnya James Gunn atau David Yarovesky ingin menghadirkan sosok Superman versi jahat dengan segala kemampuan supernya.

Terlebih ketika budaya pop saat ini menunjukkan para pahlawan super hadir dengan niat mulianya untuk menyelamatkan penduduk Bumi. Tapi Brightburn atau Brandon Breyer justru membalikkan itu semua, dengan sisi jahatnya menguasai Bumi.
 
 
Bagikan :

Reporter : Aditya Fajar Indrawan
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
24 Agustus 2019 16:44 WIB

Ada Deal Baru Disney-Sony Buat Spider-Man

 habis kongkow bareng sama Mr. Stark~
Lifestyle
24 Agustus 2019 15:25 WIB

VIDEO: Movie Update of the Week

Ada Film Angel Has Fallen dan Scary Stories to Tell in the Dark
Nasional
24 Agustus 2019 14:24 WIB

Mimpi Besar Gubernur Kaltara di PLTA Sungai Kayan

Dengan pengalaman dan pengetahuan, Irianto menyebut proyek ini berdampak baik bagi negara
megapolitan
24 Agustus 2019 13:56 WIB

Hidden Spot Belanja Buku di Tengah Ingar Bingar Jakarta

Adanya di Pasar Kenari ya gaes~
Teknologi
24 Agustus 2019 12:41 WIB

Inikah Desain Penerus PS4?

Ini beneran jadi PS5 kah?