Senin, 20 Agustus 2018
Carlsberg (Sumber: Pixabay)
16 Mei 2018 21:32 WIB

Pemprov DKI Resmi Lepas Kepemilikan Saham Distributor Bir

Langkah ini bakal datangkan keuntungan Rp1 triliun
Bagikan :
Jakarta, era.id - Setelah lebih dari 45 tahun menguasai saham di PT Delta Djakarta, Pemerintah Provinsi DKI akhirnya resmi melepas 26,25 persen saham kepemilikan atas perusahaan distributor bir sejumlah merek, mulai dari Anker, San Miguel, serta Carlsberg itu.

Langkah tersebut, dikatakan Gubernur Anies Baswedan merupakan langkah tepat. Dengan rata-rata dividen sebesar Rp38 miliar per tahun, nilai 26,25 persen saham pemprov saat ini diperkirakan mencapai Rp1 triliun lebih.

"Jadi, kalau kita mau mendapatkan Rp1 triliun dengan mempertahankan saham di Delta, mungkin kita perlu 30 tahun lebih baru bisa dapat angka satu triliun dana itu," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota, Rabu (16/5/2018).

Nantinya, pemprov akan memanfaatkan keuntungan tersebut untuk pembangunan Ibu Kota. Tujuannya, tentu saja agar dampak kebijakan ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Sekarang (pelepasan) dalam proses penentuan untuk kepentingan konsultan, yah. Untuk konsultan bagi penjualannya dan mudah-mudahan dalam waktu singkat ini bisa tuntas, itu yang ingin kita sampaikan," kata Anies.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan, pelepasan saham ini adalah bentuk realisasi komitmen yang telah ia dan Sandi suarakan sejak masa kampanya Pilkada DKI Jakarta 2016 lalu.

Selain itu, kebijakan pelepasan saham ini merupakan salah satu hal yang paling ditunggu. Namun, kata Sandi, pemprov tak akan terburu-buru dan akan tetap berpegang pada Undang-undang (UU) Pasar Modal serta sejumlah ketentuan lain yang berkaitan dengan segala proses regulator.

"Untuk memastikan penjualan ini, pertama, sesuai dengan seluruh koridor hukum baik di pasar modal maupun juga di perizinan yang diperlukan di wilayah Pemprov DKI, termasuk juga perizinan dari teman-teman di DPRD," kata Sandiaga.

Tak cuma itu. Sandi juga bilang, proses pelepasan ini harus dilakukan secara teliti dan penuh perhitungan. Kata Sandi, pemprov akan melibatkan pihak-pihak kredibel untuk memastikan valuasi terbaik atas persoalan ini.
Bagikan :

Reporter : Diah Ayu Wardani , Leo Dwi Jatmiko
Editor : Yudhistira Dwi Putra
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
20 Agustus 2018 12:06 WIB

Ada Komunikasi Tak Sampai di Internal Prabowo-Sandiaga

Karena Prabowo berpesan jangan kritik Asian Games, eh malah ada yang ngkritik
Ekonomi
20 Agustus 2018 11:31 WIB

Pidato Ketua MPR Dikuliti Habis Sri Mulyani

44 persen utang, ada andil pemerintahan sebelumnya dan Zulkifli ada di kabinet  …
Peristiwa
20 Agustus 2018 10:21 WIB

Bawaslu Panggil Andi Arief Kasus Mahar Sandiaga

Dalam kasus ini ada tiga orang yang diperiksa hari ini, salah satunya Andi Arief
Nasional
20 Agustus 2018 09:36 WIB

Ketum PPP Diperiksa KPK

Dia diperiksa untuk kasus suap dana perimbangan keuangan
Nasional
19 Agustus 2018 21:27 WIB

Gunung Anak Krakatau Meletus 576 Kali

Meski letusan banyak, tak ada yang menimbulkan kerusakan. Statusnya tetap waspada